Punya Mobil Lama Tapi Ingin Pasang Kamera Parkir, Bisa Saja!

27/02/2019 Abdul Tips & trik mobil

Mempunyai sebuah mobil tentunya ingin merasakan keamanan dan kenyamanan. Bahkan untuk mendapatkannya tak jarang pemilik mobil menambahkan beragam aksesoris. Pemasangan aksesoris ini tidak hanya untuk membuat tampilan mobil lebih menarik, akan tetapi juga dipakai berdasarkan fungsinya. Salah satunya adalah dengan memasang kamera parkir yang berguna untuk memudahkan pengemudi.

Jadi pemasangan kamera parkir umumnya pada mobil yang belum memilikinya. Bahkan ada pula yang memberikan sensor parkir, mengingat parkir adalah suatu hal yang perlu dilakukan pengendara setiap mengemudikan kendaraan. Dengan fitur tersebut parkir mobil dapat lebih mudah meskipun di tempat yang cukup sempit.

Gambar ini menunjukkan layar dengan beberapa tombol di sampingnya

Kamera mundur dapat mempermudah saat parkir mundur

Dengan pemasangan kamera tersebut dapat membuat fokus ke belakang meningkat. Hal tersebut tidak hanya digunakan saat parkir saja, namun juga dapat dipakai untuk memantau kondisi belakang selama perjalanan. Hal tersebut merupakan salah satu hal yang bisa meningkatkan safety driving.

>>> Baca Juga, Tips Membersihkan Layar Head Unit Yang Terdapat Banyak Sidik Jari

Kamera ini akan dihubungkan dengan layar LCD yang tidak hanya digunakan untuk melihat belakang saja. Akan tetapi layar tersebut juga dapat digunakan sebagai hiburan saat ingin menonton video di dalam kendaraan.

Untuk pemasangan kamera dipasangkan di bagian belakang kendaraan dan dihubungkan pada monitor di bagian dashboard. Seperti yang kita tahu, bahwa kamera parkir umumnya diberikan pada mobil-mobil baru dan masa kini. Jadi yang mempunyai mobil lama dan belum ada fitur tersebut bisa memasangnya.

Jika ingin memasangnya dan khawatir tidak bisa maka tetap tenang saja, karena sekarang sudah banyak produk aftermarket yang bisa dipasangkan pada beragam jenis kendaraan. Hal ini diungkapkan oleh Rokhimin selaku Pedagang dari toko aksesori Line Audio. Jadi terdapat beragam jenis dan merek untuk kamera belakang yang dapat memudahkan pengendara untuk melakukan parkir.

"Kamera belakang itu banyak sekarang modelnya, dan bisa dipasang untuk semua mobil," ujarnya kepada salah satu media ternama di Indonesia.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil terbaru

Gambar ini menunjukkan kamera parkir dan kabel instalasi

Banyak merek dan jenis kamera mundur yang sekarang sudah banyak dijual

Untuk pemasangan kamera parkir ditempatkan di dekat plat nomor. Untuk pengerjaannya umumnya dengan melubangi bagian bodi dan memberikan baut untuk menguatkannya. Selain itu bisa juga dipasangkan dengan menggantikan lampu penerangan plat nomor kendaraan.

"Kalau yang dudukan plat nomor di bawah, kayak Terios dan Rush lama, atau Grand Livina, ya mau enggak mau kameranya agak ke bawah," tuturnya.

>>> Lihat Juga, Seberapa Penting Fitur Kamera 360 Derajat Pada Mobil?

Sementara itu, untuk harganya sendiri juga bervariasi tergantung merek dan jenisnya. Biasanya banderol yang ditawarkan mulai Rp. 100 ribu sampai Rp. 500 ribuan. Akan tetapi perlu diketahui, bahwa untuk harga tersebut baru kamera parkir nya saja, belum termasuk biaya yang dikeluarkan untuk pemasangan.

Kalau dari pihak Rokhimin, mematok harga untuk jasa memasangkan kamera tersebut dengan biaya antara Rp. 250 ribu sampai Rp. 300 ribuan. Tentunya jika ditotal harganya berada di bawah Rp. 1 juta. Dengan begitu sobat bisa mempersiapkan dana yang cukup, kalau bisa dilebihkan.

"Waktu pemasangan kamera itu satu sampai 1,5 jam. Harus dilihat juga jalur kabel, terus kan nanti diatur lagi via head unit-nya," jelasnya.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan seseorang sedang memasang kamera parkir di bagian belakang

Lokasi pemasangan kamera tergantung mobilnya

Namun perlu diketahui, bahwa untuk biaya memasang kamera parkir biasanya tiap bengkel mempunyai perbedaan. Entah dari jasanya ataupun harga komponennya, meskipun hanya berbeda sedikit.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kamera parkir mobil dan biaya pemasangannya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International