Punya Bisnis Jual Beli, Berikut Tips Menghindari Penipuan Untuk Keamanan

11/05/2020 Abdul Tips & trik mobil

Ketika menjalankan sebuah bisnis, salah satu hal yang dihindari adalah penipuan. Jika berdagang dengan aman bisa sangat menguntungkan. Dalam hal ini seperti bisnis jual beli mobil, apabila berjalan lancar maka akan sangat menguntungkan. Meskipun begitu, menghindari penipuan diperlukan.

Pada saat melakukan bisnis jual beli tentu akan melibatkan uang dengan jumlah besar. Untuk transaksi dapat melalui transfer ataupun cash, namun tetap jumlahnya puluhan juta lebih. Meningkatkan kewaspadaan dan menghindari penipuan sangat diperlukan.

Berikut ini beberapa tips bagi yang ingin menjalankan bisnis jual beli mobil agar terhindar dari penipuan.

1. Melakukan Profiling Calon Pembeli

Gambar ini menunjukkan seorang wanita sedang menelpon dan melihat laptop

Profilling calon pembeli sangatlah penting

>>> Baca Juga, Meski #DiRumahAja Mencegah Pencurian Mobil Perlu Dilakukan, Begini Tipsnya

Zaman sekarang promosi mobil dilakukan melalui medsos, sehingga tak jarang calon pembeli tidak diketahui karakter dan aslinya. Mungkin hanya melihat fotonya saja, namun saat menghubungi atau dihubungi calon pembeli sebaiknya mencari informasi dengan detail. Sobat bisa menanyakan secara lengkap mengenai keinginan dan kebutuhannya.

Ketika ditanya  mengenai detail dan informasi tentang dirinya, maka perlu patut dicurigai. Bila ternyata ada yang mencurigakan sebaiknya mengakhiri panggilan dan mencari calon pembeli potensial lain.

2. Saat Bertemu Calon Pembeli Mengajak Teman

Saat ketemu dengan calon pembeli tentunya belum saling mengenal. Demi keamanan dan menghindari penipuan alangkah baiknya mengajak teman atau saudara untuk melakukan pertemuan tersebut. Jika memang tidak ada yang bisa maka beritahukan posisi atau keberadaan Sobat dan juga tempat pertemuan.

Jangan lupa membawa ponsel yang telah diisi pulsa atau paket data. Tujuannya adalah saat ada hal yang mencurigakan bisa langsung meminta pertolongan melalui ponsel.

>>> Lihat Juga, Inilah 5 Cara Agar Terhindar Dari Pencuri Lewat Pecah Kaca Mobil

Gambar ini menunjukkan 3 orang berdiri di depan mobil

Ajak teman atau saudara untuk keamanan

3. Menentukan Tempat Pertemuan Di Tempat Yang Ramai

Lokasi pertemuan juga bisa menjadi salah satu faktor penentu keamanan. Jika calon pembeli menentukan lokasi pertemuan di tempat yang sepi maka lebih baik bernegosiasi untuk menggantinya. Carilah tempat yang ramai dan banyak orang melintas, dengan begitu bila calon pembeli mempunyai niatan buruk maka tidak akan tersampaikan. Apalagi dalam pertemuan, Sobat tidak ada yang menemani.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

4. Meminta Dokumen Calon Pembeli

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan memegang KTP

Identitas calon pembeli perlu diketahui dengan pasti

Tentunya saat menjual mobil akan ada yang namanya test drive. Hal tersebut merupakan hak calon pembeli untuk merasakan mobil yang akan dibelinya. Alangkah baiknya sebelum melakukan test drive mintalah identitas pribadinya seperti KTP dan SIM untuk dilakukan fotocopy.

Fotocopy tersebut bisa menjadi bukti bahwa calon pembeli melakukan test drive. Jangan lupa foto dengan ponsel untuk mengetahui ciri-ciri orang yang akan membeli. Jika memang berniat melakukan pembelian, maka hal tersebut tidak akan ada masalah.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

5. Menggunakan Dokumen Resmi

Gambar ini menunjukkan 2 orang sedang mengisi dokumen

Bukti dokumen dicopy jadi 2 dan dibagi penjual dan pembeli

Agar jual beli aman maka bisa memakai dokumen remi saat melakukan transaksi. Dokumen ini menjadi salah satu bukti penting bahwa jual beli yang dilakukan legal. Dalam dokumen berisi identitas penjual dan pembeli. Selain itu tempelkan juga materai yang legal  dan juga tanda tangan penjual dan pembeli. Setelah itu buatlah copy 2 dokumen yang satu dibawa penjual dan satunya lagi dibawa pembeli. Dengan adanya bukti tersebut maka menandakan bahwa proses jual beli dilakukan dengan serius.

Dengan beberapa hal di atas bisa menjadi langkah untuk menghindari penipuan saat ada calon pembeli ataupun transaksi jual beli. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International