PROSES DAN PERSYARATAN PEMBAYARAN PAJAK 5 TAHUN KENDARAAN BERMOTOR (GANTI STNK)

18/10/2017 Widuri Tips & trik mobil

Para pemilik kendaraan bermotor tentu sudah menyadari bahwa terdapat kewajiban untuk membayar pajak setiap tahunnya. Namun khusus untuk tahun ke-5 atau kelipatan setiap 5 tahun pemilik kendaraan juga harus membayar pajak untuk penggantian plat nomor kendaraan dengan yang baru.

I. Syarat pembayaran Pajak Kendaraan 5 Tahun (ganti STNK)

  1. Harus di kantor samsat sesuai alamat KTP pemilik kendaraan

  2. Tidak bisa dilakukan di Samsat Keliling atau Samsat kabupaten/kota lain.

  3. Membawa kendaraan untuk cek fisik

Kantor Samsat di wilayah Jakarta Selatan

Harus bayara pajak di kantor samsat sesuai alamat KTP pemilik kendaraan

II. Berikut proses dan alur pembayaran pajak 5 tahun (ganti STNK) kendaraan bermotor di kantor Samsat

1. Membawa dokumen asli.

STNK

– KTP Pemilik

BPKB

2. Membawa Foto Asli (masing masing 1 copy)

– STNK

– KTP Pemilik

BPKB

3. Datang ke Loket Formulir

Minta petugas formulir pendaftaran dan diisi sesuai dengan dokumen

4. Datang ke Loket Pendaftaran

Menyerahkan formulir pendaftaran

5. Membawa kendaraan ke tempat Cek Fisik.

Cek fisik adalah prosedur yang dilakukan hanya setiap 5 tahun. Setelah mengisi formulir bawa kendaraan Anda ke bagian cek fisik dari Samsat setempat untuk dilakukan pemeriksaan berupa kelengkapan kendaraan serta cek nomor rangka dan nomor mesin apakah sesuai dengan STNK yang akan dilakukan perpanjangan.

Untuk Anda yang kendaraannya berada diluar kota atau tidak memungkinkan untuk dilakukan cek fisik setempat maka bisa membawa kendaraan Anda ke Samsat terdekat untuk meminta bantuan cek fisik. Samsat tersebut nanti akan mengeluarkan surat bukti cek fisik yang kemudian Anda bawa ke Samsat dimana Anda akan melakukan proses perpanjangan STNK untuk dilakukan legalisi.

Tempat cek fisik kendaraan di kantor Samsat

Membawa kendaraan ke tempat Cek Fisik

6. Datang ke Loket Penetapan

Di sini, petugas akan melakukan pendaftaran dan penetapan yang akan mencetak nota berisi rincian biaya pajak. Berdasar nota rincian pajak, anda bisa melihat besaran pajak yang harus dibayar. Jika anda tidak membawa cukup uang untuk membayar pajak, anda bisa meminta petugas untuk mencabut berkas yang sudah di daftarkan.

7. Datang ke Loket Pembayaran

Loket - loket yang ada di dalam kantorSamsat

Petugas akan memanggil anda berdasar nomor polisi atau nomor pendaftaran

Petugas akan memanggil anda berdasar nomor polisi atau nomor pendaftaran. Di sini petugas akan mencetak STNK berikuta lembar notice, setelah anda membayar pajak.

8. Datang ke Loket Validasi

Setelah STNK dan notice dicetak, anda bisa mengambil STNK berikut notice yang sudah divalidasi oleh polisi yang berwenang.

Menerima STNK Baru dan Plat Nomor Kendaraan Yang Baru : Setelah melakukan pembayaran dan menunggu beberapa saat, Anda akan menerima STNK Anda yang baru yang berlaku untuk 5 tahun ke depan. Untuk pengambilan Plat nomor baru biasanya Anda akan diarahkan ke loket pembuatan plat nomor yang terpisah dari loket penerimaan STNK. Setelah menerima plat nomor maka selesai sudah proses perpanjangan STNK 5 Tahunan Anda beserta penggantian plat nomornya.

Catatan: Untuk Plat Nomor di beberapa samsat saat ini (khususnya di wilayah Jabodetabek) tidak bisa diterima saat itu juga karena antrian pembuatan plat nomor yang sangat panjang. Biasanya plat nomor akan selesai dikerjakan kurang lebih 2-3 bulan setelah Anda menerima STNK baru. Untuk itu biasanya petugas akan meminta nomor telepon Anda untuk dihubungi kembali bila plat nomor sudah selesai dibuat. Petugas juga akan memberi stempel/catatan di STNK bahwa plat nomor sedang dalam proses pembuatan, sehingga bila Anda diberhentikan petugas Polantas di jalan karena memakai plat nomor yang sudah kadaluarsa, Anda dapat menunjukkan catatan tersebut.

Itulah semua proses pembayaran pajak 5 tahun bagi kendaraan bermotor yang Hargamobil.com sampaikan kepada Anda. Cukup mudah kan? Semoga informasi ini bermanfaat untuk sobat - sobat.

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International