Posisi Tangan Pada Kemudi Mobil Yang Benar

13/07/2018 Abdul Tips & trik mobil

Melakukan perjalanan menggunakan Mobil tentunya lebih nyaman karena terhindar dari sinar matahari dan rintikan hujan. Selain itu, rasa nyaman juga bisa didapat dengan posisi tangan pada kemudi Mobil yang tepat.

Setiap pengemudi menempatkan posisi tangan pada kemudi Mobil dengan teknik yang berbeda dan sangat beragam. Akan tetapi ternyata tidak sedikit orang yang melakukannya dengan cara yang salah. Jika posisi tangan tepat saat memegang setir, maka kenyamanan dan keselamatan akan didapatkan.

Seperti kata Jusri Pulubuhu yang merupakan Founder Jakarta Defensive Consulting (JDDC) menanggapi masalah tersebut.

"Hal yang paling dasar dalam memegang setir adalah posisikan jarak tangan dengan setir tidak terlalu jauh atau dekat agar pergerakan tangan pada setir tidak terbatas," Jelasnya ketika dihubungi oleh salah satu media ternama.

Gambar ini menunjukkan kemudi Mobil dengan terdapat angka  sampai 12

Kemudi Mobil bisa dibayangkan menjadi jam, dengan begitu saat memegangnya pada angka 9 dan 3

Pihaknya juga menambahkan, bahwasanya dalam posisi tangan pada kemudi Mobil juga berhubungan dengan jarak antara posisi duduk dengan setir. Untuk jaraknya setiap orang berbeda-beda, yang perlu diperhatikan adalah sudut tekuk siku tangan. Rekomendasi masalah sudut tersebut adalah 20 sampai 35 derajat.

Hal tersebut bisa dijadikan pertimbangan oleh pengemudi supaya menghasilkan rasa nyaman saat berkendara serta dapat bermanuver dengan baik. Sedangkan untuk memegang kemudi Mobil yang benar adalah posisi telapak tangan berada di bagian luar kemudi. Hal ini tentunya perlu diperhatikan dengan baik.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik lainnya

Untuk posisinya sendiri dalam memegang setir harus sejajar pada garis lurus. Dalam hal ini bisa diungkapkan dengan menggunakan jam. Jadi untuk tangan kanan berada pada posisi jarum jam menunjukkan arah jam 3 dan untuk tangan kiri jam 9. Ditambah lagi posisi jempol yang disarankan untuk mencengkram lingkar kemudi dan masuk ke dalam.

"Jika lingkar setir berukuran 14 inci seperti mobil sedan, posisi tangan kiri berada di jarum jam angka sembilan sampai sepuluh serta tangan kanan pada posisi jarum jam angka dua sampai tiga," tambah Jusri.

Gambar ini menunjukkan kemudi Mobil dengan terdapat angka 1 sampai 12 dan 2 buah tangan pada angka 9 dan 3

Untuk memegang kemusi Mobil harus sejajar antara kiri dan kanan

Dengan melihat penjelasan tersebut, tentunya dalam penempatan posisi tangan  pada kemudi Mobil juga dapat dipengaruhi dengan ukuran setir Mobil. Apabila menggunakan ukuran 14 inci bisa menempatkan posisi tangan pada jam 9 sampai 10 untuk tangan kiri dan jam 3 sampai 4 untuk tangan kanan.

>>> Baca juga, Perhatikan Posisi Duduk Ketika Berkendara yang diulas oleh cintamobil.com

Jadi semakin besar lingkar kemudi pada Mobil, maka posisi tangan akan berada semakin ke bawah. Namun dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah harus tetap mempertahankan posisi poros yang lurus antara tangan kanan dan tangan kiri.

Dari pihak Jusri juga mencontohkan, apabila kemudi Mobil menggunakan ukuran 15 inci yang biasanya terdapat pada Bus ataupun Mobil SUV, maka posisinya dapat berada pada arah jarum jam angka 4 untuk tangan kanan dan angka 8 untuk tangan kiri.

>>> Mungkin tertarik, Tips Mengemudi Mobil Menggunakan GPS Supaya Aman dan Nyaman

Dengan memperhatikan posisi siku dan juga posisi tangan pada kemudi, diharapkan dapat memberikan kenyamanan saat berkendara. Selain itu, dalam melakukan manuver juga lebih mudah dan aman.

Memang setiap orang berbeda-beda, bahkan dalam hal memegang kemudi pun juga tidak sama. Kadangkala ada yang mempunyai posisi tangan kesukaan tersendiri yang berbeda dengan lainnya. Hal tersebut tidak masalah, asalkan tetap fokus berkendara dan mengutamakan keselamatan serta mendapatkan kenyamanan yang lebih dan mampu melakukan manuver dengan baik.

gambar ini menunjukkan 2 buah tangan pengemudi sedang memegang kemudi mobil

Menggunakan posisi tangan pada kemudi yang benar dapat memberikan kenyamanan dalam berkendara

Posisi tangan pada kemudi Mobil di atas hanya saran agar dapat mengemudi Mobil dengan baik dan benar. Semuanya tergantung masing-masing, baik dari segi posisi duduk ataupun kenyamanan dalam memegang kemudi.

>>> Memiliki Budget tapi bingung mau beli Mobil di mana? Kunjungi situs cintamobil.com dan dapatkan harga yang menarik

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Karena Pemilik Kurang Teliti
    Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Karena Pemilik Kurang Teliti Abdul Tips & trik mobil

    Mobil terbakar menjadi salah satu hal yang tidak diinginkan oleh pengendara. Dimana saat mengalaminya tentu bisa berbahaya karena nyawa taruhannya, tidak hanya bagi pengendara sendiri tapi penumpang dan orang0orang disekitar juga beresiko terkena dampaknya. Dalam hal ini mengetahui penyebab mobil terbakar itu diperlukan supaya dapat menghindarinya.

  • Ini Dia Beberapa Kondisi Tak Disukai Pengemudi Wanita Ketika DI Jalan
    Ini Dia Beberapa Kondisi Tak Disukai Pengemudi Wanita Ketika DI Jalan Abdul Tips & trik mobil

    Seperti yang telah diketahui bersama, bahwasanya saat ini tidak hanya pria saja yang mengendarai mobil. Para wanita juga banyak yang mengemudikan kendaraan dijalan. Meskipun terdapat anggapan terkait wanita yang kadang membuat kekacauan saat di jalan, akan tetapi tidak sedikit wanita yang mempunyai kemampuan mengendalikan mobil lebih mahir dari pria. Walaupun begitu, terdapat kondisi tak disukai wanita saat di jalan.

  • Beberapa Barang Tidak Boleh Ditinggal Di Mobil Dalam Waktu Lama
    Beberapa Barang Tidak Boleh Ditinggal Di Mobil Dalam Waktu Lama Abdul Tips & trik mobil

    Mempunyai sebuah mobil tentunya akan ada waktunya diparkirkan. Tidak mungkin seseorang akan mengemudi terus menerus tanpa istirahat. Nah terdapat beberapa barang tidak boleh ditinggal di mobil dalam waktu yang lama. Hal tersebut berhubungan dengan keamanan dan juga kesehatan.

International