Posisi Kemudi Mobil Di Sebelah Kanan Untuk Indonesia, Mengapa?

23/09/2020 Abdul Tips & trik mobil

Posisi kemudi mobil terdapat 2 jenis yakni di bagian kanan dan kiri. Untuk Indonesia mengandalkan posisi setir sebelah kanan. Lantas apa alasan penempatan posisi kemudi mobil tersebut.

Di dunia terdapat 2 posisi kemudi yang dipasangkan pada mobil yakni sebelah kanan dan kiri. Terdapat alasan sendiri setiap negara terkait posisi kemudinya tersebut. Nah untuk Indonesia sendiri posisinya berada di bagian kanan dan memakai left driving. Jadi sistemnya adalah mobil melaju di lajur kiri dan kemudinya di bagian kanan.

Gambar ini menunjukkan kemudi mobil bagian kanan dan kiri

Terdapat alasan posisi kemudi mobil di sebelah kanan

>>> Baca Juga, Mengenal Jenis Sistem Kemudi Mobil Untuk Tambahan Informasi

Namun bila lajur yang digunakan adalah kanan atau right driving maka posisi setirnya ada di sebelah kiri.

Hadi terdapat alasan terkait penempatan posisi pengemudi di sebelah kanan. Seperti yang dikutip dari Word Standards disebutkan, bahwasanya penggunaan setir pada sisi kanan ternyata berhubungan dengan masa penjajahan zaman Belanda dulunya.

Jadi ketika datang ke Indonesia pada tahun 1596, kebiasaannya dibawa ke Indonesia yakni mengemudi mobil dengan setir sebelah kanan dan melaju pada lajur kiri. Sampai pada akhirnya Belanda ditaklukkan oleh Napoleon, kemudian diterapkanlah berkendara yang berada di sebelah kanan. Dengan begitu posisi kemudi mobil jadi di sebelah kiri.

Namun di negara jajahan Belanda ternyata tidak diberlakukan atau tidak berpindah berada di kiri posisi kemudinya. Begitupun Indonesia yang masih tetap menggunakan posisi kemudi di sebelah kanan sampai saat ini. Negara lainnya yang sama dengan Indonesia dan pernah dijajah Belanda adalah Suriname.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar inmenunjukkan bagian dashboard dan kemudi mobil

Posisi mengemudi sebelah kanan menjadi minoritas

>>> Baca Juga, Beberapa Masalah Pada Sistem Kemudi Mobil Yang Perlu Diwaspadai

Jika membahas tentang penggunaan posisi kemudi mobil, setir di sebelah kanan menjadi minoritas. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan negara menggunakan sistem right driving atau melaju di jalur kanan dan kemudi mobil di sebelah kiri. Terdapat 86 negara yang mengandalkan posisi kemudi di sebelah kanan. Meskipun begitu, ternyata terdapat 184 negara yang mengandalkan posisi kemudi mobil berada di sebelah kiri.

Beberapa negara yang menggunakan setir sebelah kanan di kawasan ASEAN adalah Brunei Darussalam, Timor Leste, Thailand,Singapura dan Malaysia.

Jika kita melihat sejarah, pada saat berada di era Feodal pasukan Inggris mengandalkan kuda yang dijadikan sebagai kendaraan utama. Untuk memegang pedang umumnya dengan memakai tangan kanan sehingga saat berjalan lebih cenderung melalui jalur sebelah kiri. Kemudian sarung pedangnya ditempatkan di bagian pinggang sebelah kiri dan tangan kiri mengendalikan kuda dan nantinya saat mencabut pedang akan dipegang dengan tangan kanan.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan pengemudi dan penumpang depan berada di mobil

Saat posisi kemudi di kanan maka melaju di jalur kiri

Jadi karena posisi pedangnya di sebelah kanan tentunya untuk melawan musuh akan lebih mudah yang berada di sisi kanannya. Jadi zaman dulu tidak heran jika lajur yang dilalui oleh kuda berada pada bagian kiri jalanan. Hal tersebutlah yang menjadi dasar penggunaan posisi kemudi mobil di sebelah kanan.

.>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International