Pilihan Aki Mobil Avanza dan Cara Menggantinya

Aki mobil Avanza paling recommended memang Toyota Genuine Parts. Meski demikian, ada pilihan lain yang tak kalah bagusnya dengan parts original tersebut.

Aki mobil Avanza punya berbagai jenis dan pilihan merek. Ada aki kering atau MF (Maintenance Free) dan aki basah. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Untuk mereknya juga beragam, ada banyak sekali di pasaran dengan harga bervariasi.

By the way buat Anda yang berencana membeli, sebaiknya perhatikan dulu kebutuhannya. Perhatikan juga usia mobilnya karena itu akan berpengaruh terhadap pilihan aki yang sesuai. Jangan sampai salah karena bisa berdampak kurang baik. Bisa jadi dayanya tidak mencukupi atau usia pakainya sangat pendek karena kebutuhan listriknya tinggi.

Sebagaimana diketahui, aki menjadi sumber salah satu sumber listrik pada kendaraan bermotor seperti Avanza. Gunanya sangat banyak, seperti menghidupkan mesin (starter), menghidupkan lampu-lampu, menyalakan sistem audio, menyalakan AC, menggerakkan wiper, membunyikan klakson, menaik turunkan jendela, dan masih banyak yang lain.

I. Pilihan aki mobil Avanza

Karena vitalnya aki mobil Avanza, Anda wajib menggantinya jika sudah bermasalah dan tidak berfungsi. Tujuannya agar Avanza Anda bisa dioperasikan lagi dengan nyaman dan sempurna. Untuk pilihannya sendiri beragam. Yang terpenting adalah mengetahui standar tegangannya (Voltase/V) dan besar arus listriknya per jam (Ampere Hours/AH).

Toyota Avanza paling umum menggunakan aki tipe NS40 berkapasitas 32 Ampere (AH) Namun ada juga yang menggunakan aki ukuran tipe NS40Z berkapasitas 12 V 35 AH dan NS60 berkapasitas 12 V 45 AH.

Pilihan aki mobil Avanza

Pilihan aki mobil Avanza

Berikut ini pilihan aki mobil Avanza yang sangat recommended:

1. GS NS40Z

Aki GS NS40Z buatan GS Astra dengan kapasitas 12 V 35 AH. GS NS40Z digunakan untuk Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia yang usianya masih muda kurang dari 5 tahun atau jarang digunakan, serta tidak ada aksesoris lain yang menggunakan listrik.

Dikutip dari kanal Youtube @DewantaraAccu, beberapa kelebihan yang dimiliki diantaranya siap pakai. Tinggal pasang pada tempatnya langsung bisa digunakan. Tidak butuh pemeliharaan karena GS NS40Z termasuk aki kering atau yang biasa disebut maintenance free / MF.

Energinya tinggi, bisa dipakai menghidupkan semua komponen kelistrikan mobil tanpa drop hingga masa pakainya berakhir. Lalu tahan lama, Bisa dipakai sampai beberapa tahun atau sampai habis listriknya. Kelebihan lainnya adalah bebas korosi karena GS NS40Z minim penguapan.

2. GS NS60

Aki GS NS60 juga buatan GS Astra. Kapasitasnya 12 V 45 AH – buatan GS Astra. Aki kering ini digunakan untuk Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia usianya di atas 5 tahun atau di atas 10 tahun.

Adapun alasan rekomendasinya adalah usia mobil yang sudah tidak muda lagi. Fitur-fitur kelistrikannya mulai menurun dan butuh arus lebih besar agar bisa bekerja dengan ringan. Seperti starter untuk menghidupkan mesin dan yang lain.

Selain merek GS di atas, Anda bisa menggunakan aki merek lain dengan tipe sama (NS40, NS40Z, dan NS60). Seperti Yuasa, G-Force, Incoe, Delkor, Amaron, Bosch, dan Rocket. Untuk harga berbeda-beda antara merek satu dengan yang lain.

II. Tips mengganti aki mobil Avanza

Mengganti aki mobil Avanza harus dilakukan jika sudah tiba saatnya mengganti, misalnya karena aki soak atau sudah mati total. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Membeli aki di tempat terpercaya

Ada banyak toko aki beroperasi. Mereka menawarkan berbagai macam merek dan berbagai tipe aki untuk beragam model kendaraan. Sebaiknya Anda selektif dan mencari toko aki terpercaya.

Begitu juga jika Anda membeli aki secara online. Pilih toko online terpercaya dengan penjual yang bereputasi baik.

Sebagai rekomendasi Anda bisa membeli aki mobil Avanza di Shop & Drive yang merupakan jaringan penjualan suku cadang kendaraan bermotor milik Astra Otoparts. Barangnya dijamin berkualitas, bergaransi, serta pemasangan dilakukan mekanik profesional.

2. Jangan tergiur harga murah

Sebaiknya Anda tidak tergiur dengan harga sangat murah jika membelinya di toko umum. Harga aki mobil Avanza biasanya berkisar antara Rp 600 ribuan hingga Rp 1 jutaan. Jika terlalu murah dari itu sebaiknya hati-hati karena bisa saja yang dijual adalah aki rekondisi.

3. Bergaransi

Pastikan juga aki yang Anda beli bergaransi minimal satu tahun. Ini adalah garansi standar untuk aki baru. Jika kurang dari satu tahun atau bahkan tidak bergaransi sama sekali, ada kemungkinan yang Anda beli adalah aki rekondisi sebagaimana di atas.

III. Cara mengganti aki mobil Avanza

Mengganti aki mobil Avanza bisa dilakukan di bengkel, bisa juga di rumah. Adapun cara penggantiannya menurut Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cabang Cilandak, bisa dilakukan dalam posisi mesin hidup maupun mesin mati.

Keuntungan mengganti aki dalam posisi mesin hidup yaitu tidak perlu melakukan reset ulang terhadap berbagai fitur mobil, seperti jam dan tanggal digital, ECU, dan berbagai fitur lain. Berbeda jika penggantian dalam posisi mesin mati, harus dilakukan penyetelan ulang karena beberapa komponen bakal blank.

Cara mengganti aki mobil AvanzaCara mengganti aki mobil Avanza

>>> Terus ikuti tips dan trik mobil hanya di Hargamobil.com

Berikut cara mengganti aki mobil Avanza dalam posisi mesin hidup, sesuai urutannya:

  1. Hidupkan mesin pakai jumper aki (jump start).
  2. Setelah mesin hidup lepaskan jumper, dimulai dari kutub negatif dulu kemudian kutub positif.
  3. Lepas kabel, dimulai dari negatifnya dulu, baru lepas yang positif. Poin ketiga ini wajib agar tidak terjadi hubungan arus pendek (korsleting)
  4. Lepaskan aki dari dudukannya dan pasangkan aki pengganti.
  5. Sambungkan kabel, dimulai yang positif dulu baru kemudian sambungkan yang negatif
  6. Pastikan kabel dan klem terpasang dengan benar lalu kencangkan.

Pemasangan selesai dan mesin dalam kondisi masih hidup. Setelah itu coba matikan mesin dan hidupkan lagi untuk memastikan aki bekerja.

Untuk mengganti aki dalam posisi mesin mati caranya sama seperti di atas. Hanya saja Anda tidak perlu melakukan jamp start untuk menghidupkan mesin karena tidak dibutuhkan. Untuk penyetelah ulang fitur dan sistem mobil sebaiknya bawa ke bengkel resmi. Selain peralatannya lebih memadai, mereka lebih tahu bagaimana bagian mana yang harus direset serta cara melakukannya.

IV. Kesimpulan

Kualitas aki mobil Avanza bakal menurun seiring waktu pemakaian. Jika tiba waktunya mengganti, pilih aki dengan spesifikasi sesuai bawaan mobil. Adapun mereknya bebas. Anda tinggal memilih yang sesuai selera dan sesuai budget. Sedangkan untuk penggantian bisa Anda lakukan sendiri sebagaimana disebutkan di atas.

 

FAQ umum

1. Berapa harga aki mobil Avanza?

Harga aki mobil Avanza beragam, dari Rp 600 ribuan hingga Rp 1 jutaan.

2. Avanza pakai aki apa?

Avanza menggunakan aki dengan tipe NS40, NS40Z, dan NS60.

3. Kapan harus ganti aki mobil?

Jika aki sudah soak atau mati total kehabisan daya.

4. Apa beda aki NS40 dan NS60?

Aki NS40 berkapasitas 12 V 32 AH, digunakan saat pemasangan baru.

Aki NS60 berkapasitas 12 V 45 AH, digunakan saat penggantian aki.

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

Harga mobil terbaru

International