Perpanjangan Lebih Mudah Dengan Layanan SIM Keliling, Ini Kelebihan & Manfaatnya

16/09/2020 Abdul Tips & trik mobil

Layanan SIM Keliling dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Salah satu kelebihan yang dimiliki adalah memberi kemudahan bagi masyarakat yang ingin memperpanjang SIM (Surat Izin Mengemudi) tanpa perlu mendatangi kantor Satpas.

Mengemudi mobil ataupun sepeda motor sangat diharuskan untuk mempunyai SIM. Tujuannya adalah menjadi bukti bahwa pengemudi tersebut layak mengemudikan kendaraannya. Selain itu, aturannya juga ada dalam berkendara yang telah diatur oleh pihak pemerintah. Untuk aturannya terdapat pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Bahkan untuk memperpanjangnya ada Layanan SIM Keliling.

Ilustrasi Pelayanan SIM Keliling dengan menggunakan mobil

Jangan lupa perpanjangan SIM sebelum habis masa aktifnya

>>> Baca Juga, Tes Psikologi Saat Buat SIM, Ini Tujuan Dan Materi Yang Diuji

Surat Izin mengemudi adalah salah satu syarat yang mutlak bagi pengemudi untuk mengoperasikan kendaraan bermotor yang dimiliki di jalan raya. Jadi ketika sudah mempunyai kelengkapan tersebut maka penilaian bagi pengemudi adalah telah memenuhi criteria sebagai pengendara meliputi sehat rohani dan juga jasmani, mempunyai skill mengemudi dan paham aturan lalu lintas.

Untuk SIM sendiri terdapat batas waktu sehingga perlu diperpanjang setelah 5 tahun. Dengan begitu legalitasnya tetap dimiliki, namun jika tidak diperpanjang maka sama dengan orang yang tidak punya SIM. Sehingga saat di jalan akan ditilang oleh pihak kepolisian.

Layanan SIM Keliling

Jika ingin mudah dalam memperpanjang SIM, pengendara dapat memanfaatkan SIM Keliling yang berada di daerah Sobat. Layanan yang mengandalkan sebuah mobil untuk melayani pengendara tentu lebih praktis dibandingkan harus ke Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) yang umumnya dilakukan di kepolisian.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar  ini menunjukkan layanan SIM Keliling tampak samping dengan mobil

Layanan SIM Keliling biasanya mengandalkan mobil

>>> Baca Juga, Jangan Sampai Lupa, Ini Alasan Seseorang Gagal Membuat SIM A

Keunggulan SIM Keliling

SIM Keliling mempunyai manfaat yang cukup besar yaitu efisiensi waktunya. Apalagi bagi Sobat yang tinggalnya jauh dari kantor Satpas, tentu bisa seharian hanya mengurus perpanjangan SIM saja. Dengan memanfaatkan SIM Keliling terdekat maka waktunya dapat dipangkas. Keunggulan lainnya adalah prosesnya lebih cepat, antriannya juga tidak terlalu banyak.

Persiapan yang Diperlukan

Untuk membuat proses perpanjangan jadi cepat dan tidak tersendat maka alangkah baiknya adalah memanfaatkan semua yang dibutuhkan. Untuk persyaratannya adalah SIM lama, KTP, Fotokopi KTP dan SIM lama dan uang untuk biaya perpanjangan. Selanjutnya isi formulir yang sudah disediakan untuk mendaftarkan diri. Untuk lebih cepat dalam melakukan pengisian formulir jangan lupa bawa pulpen sendiri.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan Pelayanan SIM Keliling dan 2 orang sedang berdiri

Siapkan syaratnya agar proses perpanjangan SIM lebih cepat

Apabila sudah terisi semua bisa langsung memberikannya kepada petugas serta melampirkan dokumen yang telah disiapkan. Setelah itu tinggal menunggu panggilan saja dan nantinya akan melakukan proses pembayaran, sidik jari, Foto dan tahap terakhir adalah pencetakan SIM baru. Dengan adanya Layanan SIM Keliling membuat semuanya lebih mudah.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International