Perlu Tahu, Penggunaan Lampu Rotator Pada Mobil Ada Larangan Dan Sanksi Jika Melanggar

06/06/2021 Abdul Tips & trik mobil

Penggunaan lampu rotator pada mobil yang tidak berhak malah dapat mengganggu para pengguna jalan lain. Boleh saja melakukan modifikasi terhadap kendaraan yang dimiliki, hanya saja modifikasi yang dilakukan jangan sampai malah melanggar aturan. Salah satunya adalah pemberian aksesori pada kendaraan berupa sirene dan juga rotator.

Jadi penggunaan lampu rotator pada mobil diperuntukkan pada kendaraan bermotor khusus dan tidak bisa digunakan untuk sembarang pengendara. Rotator dan sirene yang dipasangkan pada kendaraan bertujuan untuk kepentingan tertentu saja.

gambar ini menunjukkan lampu rotator pada mobil

Lampu rotator digunakan pada kendaraan dan kepentingan tertentu

Ada Aturan Hukum Dalam Menggunakan Lampu Rotator

Ketika ada pengendara menggunakan rotator dan sirene pada mobilnya sebaiknya jangan tergoda untuk ikut melakukan pemasangan. Jadi terdapat aturan hukum yang diterapkan sehingga terdapat sanksi jika melakukannya. Aturan tersebut terdapat pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Jika sedang kepentingan tertentu dapat dilakukan pemasangan lampu isyarat atau siren. Hal tersebut tertuang dalam pasal 59 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 ayat 1 dan 2 :

1.Untuk  kepentingan  tertentu,  Kendaraan  Bermotor  dapat  dilengkapi dengan lampu isyarat dan/atau sirene.

2. Lampu   isyarat   sebagaimana   dimaksud   pada   ayat   (1)   terdiri atas warna:

a. Merah

b. Biru Dan

c. Kuning

Kemudian dalam ayat kelima disebutkan mengenai penjelasan penggunaan warna pada lampu rotator.

Penggunaan   lampu   isyarat   dan   sirene   sebagaimana   dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) sebagai berikut:

a. Lampu   isyarat   warna   biru   dan   sirene   digunakan   untuk    Kendaraan    Bermotor    petugas    Kepolisian    Negara Republik Indonesia

b. Lampu  isyarat  warna  merah  dan  sirene  digunakan  untuk   Kendaraan   Bermotor   tahanan,   pengawalan   Tentara   Nasional   Indonesia,   pemadam   kebakaran,   ambulans, palang merah, rescue, dan jenazah; dan

c. Lampu  isyarat  warna  kuning  tanpa  sirene  digunakan  untuk    Kendaraan    Bermotor    patroli    jalan    tol,    pengawasan  sarana  dan  Prasarana  Lalu  Lintas  dan  Angkutan Jalan, perawatan dan pembersihan fasilitas umum,  menderek  Kendaraan,  dan  angkutan  barang  khusus.

>>> Baca Juga, Mengemudi Malam Hari, Perhatikan Tips Hadapi Sinar Lampu Dari Kendaraan Lain

Gambar ini menunjukkan mobil ambulance tampak samping

Aturan terkait penggunaan rotator tercantum dalam Undang-undang No 22 tahun 2009

Dengan melihat informasi tersebut menunjukkan, bahwasanya untuk penggunaan lampu rotator pada  mobil selain yang disebutkan di atas tidak boleh dilakukan. Jika sudah memasangnya untuk meningkatkan tampilan kendaraan mobil supaya lebih bergaya, alangkah baiknya melakukan pelepasan. Di jalanan memang terdapat aturan yang perlu dipatuhi bersama dan diharapkan para pengendara tertib dalam berlalu lintas.

Bahkan kadang kita menemui saat berada di jalan, kendaraan yang menggunakan sirene dan lampu rotator dalam berkendara terlalu agresif dan bisa membuat pengguna jalan lain ikut dalam bahaya. Penggunaan lampu rotator pada mobil terdapat hukuman yang diberikan. Jadi pertimbangkan saat ingin melakukan pemasangan.

>>> Baca Juga, Beberapa Penyebab Lampu Sein Mobil Rusak Perlu Diperhatikan

Ancaman Hukuman Menggunakan Lampu Rotator

Tidak hanya ada aturan, sanksi juga diberikan ketika melanggarnya. Dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 juga diberikan sanksi kepada para pengendara terkait penggunaan rotator pada mobil ataupun lampu sirene. Aturan terdapat pada pasal 287 ayat 4 yang berbunyi:

Gambar ini menunjukkan polisi menilang mobil dengan lampu rotator

Ada sanksi jika melanggar aturan penggunaan rotator

Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan  yang  melanggar  ketentuan  mengenai  penggunaan  atau    hak    utama    bagi    Kendaraan    Bermotor    yang    menggunakan  alat  peringatan  dengan  bunyi  dan  sinar  sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal  59,  Pasal  106 ayat (4)  huruf  f,  atau  Pasal  134  dipidana  dengan  pidana  kurungan  paling  lama  1  (satu)  bulan  atau  denda  paling  banyak   Rp250.000,00   (dua   ratus   lima   puluh   ribu   rupiah).

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penggunaan lampu rotator pada mobil dan sirene. Sebaiknya memperhatikannya dengan baik supaya tidak terkena sanksi dan selalu tatati peraturan lalu lintas yang dieberlakukan.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Karena Pemilik Kurang Teliti
    Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Karena Pemilik Kurang Teliti Abdul Tips & trik mobil

    Mobil terbakar menjadi salah satu hal yang tidak diinginkan oleh pengendara. Dimana saat mengalaminya tentu bisa berbahaya karena nyawa taruhannya, tidak hanya bagi pengendara sendiri tapi penumpang dan orang0orang disekitar juga beresiko terkena dampaknya. Dalam hal ini mengetahui penyebab mobil terbakar itu diperlukan supaya dapat menghindarinya.

  • Ini Dia Beberapa Kondisi Tak Disukai Pengemudi Wanita Ketika DI Jalan
    Ini Dia Beberapa Kondisi Tak Disukai Pengemudi Wanita Ketika DI Jalan Abdul Tips & trik mobil

    Seperti yang telah diketahui bersama, bahwasanya saat ini tidak hanya pria saja yang mengendarai mobil. Para wanita juga banyak yang mengemudikan kendaraan dijalan. Meskipun terdapat anggapan terkait wanita yang kadang membuat kekacauan saat di jalan, akan tetapi tidak sedikit wanita yang mempunyai kemampuan mengendalikan mobil lebih mahir dari pria. Walaupun begitu, terdapat kondisi tak disukai wanita saat di jalan.

  • Beberapa Barang Tidak Boleh Ditinggal Di Mobil Dalam Waktu Lama
    Beberapa Barang Tidak Boleh Ditinggal Di Mobil Dalam Waktu Lama Abdul Tips & trik mobil

    Mempunyai sebuah mobil tentunya akan ada waktunya diparkirkan. Tidak mungkin seseorang akan mengemudi terus menerus tanpa istirahat. Nah terdapat beberapa barang tidak boleh ditinggal di mobil dalam waktu yang lama. Hal tersebut berhubungan dengan keamanan dan juga kesehatan.

International