Perlu Perhatian, Mencegah Kerusakan Evaporator AC Mobil Perlu Dilakukan

11/09/2020 Abdul Tips & trik mobil

Evaporator AC mobil menjadi salah satu bagian kendaraan yang tergolong penting untuk mendukung kenyamanan selama perjalanan. Oleh sebab itu, mencegah kerusakan Evaporator AC mobil sangat diperlukan.

Berkendara menggunakan mobil memang menyenangkan dan terasa nyaman. Namun tanpa adanya AC mobil maka saat siang hari kondisi panas akan membuat kenyamanan berkurang. Oleh sebab itu fungsi AC cukup penting. Dalam komponen tersebut terdapat evaporator yang memiliki fungsi untuk mendukung kinerja AC mobil. Mencegah kerusakan evaporator AC mobil perlu dilakukan supaya kondisinya tetap baik.

Gambar ini menunjukkan Evaporator AC Mobil

Evaporator AC mobil merupakan bagian penting kendaraan untuk dukung kenyamanan berkendara

>>> Baca Juga, Perhatikan, Berikut Ciri-Ciri Kompresor AC Mobil Mengalami Masalah

Sebelum membahasnya, terlebih dahulu kami berikan penjelasan mengenai evaporator. Seperti dilansir dari Wuling Indonesia, evaporator memiliki fungsi menjadi penghantar udara dingin dengan bantuan dari hembusan angin yang berasal dari blower. Komponen ini dikenal juga dengan sebutan cooling unit dengan tugas di dalam kabin bisa mendapatkan hawa yang sejuk. Untuk lokasinya berada diantara kompresor AC dan katup ekspansi.

Adapun masalah yang bisa terjadi jika bagian ini mengalami kerusakan adalah suhu dalam kabin mobil akan terasa panas. Bahkan kerusakan yang terjadi bisa membuat bagian lain ikut tertular. Hal lain yang bisa terjadi seperti muncul bau apek dan hembusan angin lemah. Oleh sebab itulah pada kendaraan modern bagian evaporator perlu dibersihkan secara rutin dan diganti filternya.

Tips Mencegah Kerusakan Evaporator AC Mobil

Evaporator pada mobil semakin bertambahnya zaman dibuat jadi lebih ringan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi mesin karena bobot yang dimiliki tidak terlalu berat. Pada saat ini evaporator yang dipasangkan di mobil terbaru menggunakan bahan yang tipis sehingga membuatnya lebih mudah bocor atau terkorosi. Hal inilah yang menjadikan bagian evaporator mengalami kerusakan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan evaporator AC mobil dalam kondisi kotor

Evaporator AC mobil yang kotor membuat suhu dalam kabin panas

>>>  Baca Juga, Jangan Mengarahkan AC Ke Wajah, Ini Bahayanya!

Selanjutnya untuk Freon pada kendaraan tidak dapat berkurang, akan tetapi karena evaporator mengalami kebocoran membuat freonnya dapat berkurang. Untuk penyebab kenapa bisa bocor biasanya pihak pemilik kendaraan kurang merawatnya yang menjadikan banyak debu menempel yang lama-kelamaan bisa berakibat korosi.

Evaporator yang rusak bukan hanya karena soal kurang merawatnya saja. Akan tetapi jika tekanan pada Freon terlalu berlebih juga bisa beresiko mengakibatkan evaporator mengalami kebocoran. Adapun kerusakan lain yang dapat terjadi disebabkan oleh tersumbatnya sistem Freon atau karena usianya sudah habis sehingga perlu dilakukan penggantian.

Dalam mencegah kerusakan evaporator AC mobil dapat dilakukan dengan melakukan perawatan rutin pada AC mobil. Hal lain yang dapat dilakukan adalah membuat kabin tetap bersih dan kurangi cara berkendara yang ugal-ugalan sehingga dapat menjadikan RPM mesin tinggi.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan di depan kisi-kisi ACmobil

Selalu merawat kondisi AC mobil agar tetap nyaman di dalam kabin mobil

Bila AC tidak dingin lagi karena evaporator yang bermasalah sebaiknya pemilik tidak perlu takut. Karena untuk soal perbaikan dapat dilakukan bersamaan dengan servis berkala di bengkel resmi. Selain itu, sebagai langkah pencegahan agar evaporator tidak kotor dan mengakibatkan korosi sebaiknya perhatikan juga soal penggantian filter blower.

Demikianlah informasi mengenai cara mencegah kerusakan evaporator AC mobil. Semoga bisa memberikan manfaat dan membuat perjalanan Sobat bersama teman atau keluarga jadi lebih menyenangkan.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International