Perlu Diperhatikan, Teknik Pengereman Mobil Saat Hujan Dibutuhkan Untuk Keselamatan

06/10/2020 Abdul Tips & trik mobil

Teknik pengereman mobil saat hujan perlu diketahui. Karena saat hujan jalanan akan basah dan lebih licin. Dengan begitu pengereman yang perlu dilakukan tentunya berbeda dengan saat jalanan kering. Jalanan licin membuat jarak pengereman jadi lebih Panjang.

Pada saat turun hujan maka jalanan menjadi licin sehingga pengemudi mobil perlu lebih berkonsentrasi dalam mengendalikan mobilnya. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah teknik pengereman mobil saat hujan. Pasalnya jalanan yang licin akan membuat jarak pengereman lebih panjang.

Gambar ini menunjukkan 2 mobil melaju di musim hujan

Mengemudi mobil saat hujan perlu lebih berhati-hati

>>> Baca Juga, Hati-Hati Saat Mobil Terkena Banjir, Segera Lakukan Hal Ini!

Pengereman memang membutuhkan perhitungan yang matang, baik itu saat jalan kering ataupun basah. Namun biasanya hal ini dilakukan oleh pengemudi pemula atau yang baru saja dapat mengemudikan mobil. Berbeda dengan pengemudi yang sudah lama, maka otomatis feelingnya akan memainkan perannya sehingga tidak perlu memikirkannya sudah tahu kapan harus mengerem.

Selain itu, seorang pengemudi tidak boleh berpikiran bahwa melakukan pengereman hanya untuk menghindari benda atau kendaraan lain disekitar. Bahkan kondisi mental juga harus diatur, jangan sampai mengerem mobil dengan kondisi panik karena malah dapat membahayakan baik itu untuk diri sendiri ataupun pengendara lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengerem mobil dalam kondisi hujan.

1. Jarak Kendaraan

Teknik pengereman mobil saat hujan salah satunya adalah dengan memperhatikan jarak dengan kendaraan lain. Jadi banyak hal yang perlu diperhatikan, apalagi saat jalanan licin karena hujan pengereman jadi tidak maksimal. Seperti yang sudah diketahui, untuk jarak aman pengereman adalah 3 detik untuk jalanan kering.

Untuk jarak ideal pengereman saat dalam kondisi jalanan basah adalah 4 detik. Meskipun begitu, hal tersebut masih perlu disesuaikan dengan kondisi jalanan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan dashboard mobil dan terlihat mobil lain di depannya

Jarak pengereman semakin bertambah saat kondisi hujan

>>> Baca Juga, Beberapa Aksesoris Musim Hujan Yang Bisa Disiapkan Pada Mobil

2. Waspada Saat Ban Tidak Sejajar

Pada saat ban mobil tidak sejajar diharapkan untuk tidak melakukan pengereman. Karena resikonya adalah ban bisa saja terjadi selip. Selain karena hal tersebut, ban selip juga bisa terjadi saat melakukan pengereman mendadak di jalan yang licin. Oleh sebab itulah, sebaiknya tidak melakukan akselerasi secara spontan. Pengereman saat hujan atau jalanan licin juga perlu dilakukan secara perlahan, jangan mendadak.

3. Lakukan Pengereman Secara Bertahap

Ketika jalanan dalam kondisi basah maka pengereman yang dilakukan harus dengan cara bertahap. Jadi teknik tersebut diklaim menjadi yang paling aman, apalagi saat mobil melaju dengan kencang. Hindarilah langsung menginjak pedal rem dengan penuh, namun dilakukan dengan cara berulang supaya traksi ban dengan jalan tetap terjaga.

4. Menghindari Genangan Air

Hal yang terakhir yang perlu diperhatikan adalah menghindari genangan air. Dengan menghindarinya maka dapat mencegah resiko hydroplaning. Yang mana hydroplaning adalah traksi ban mobil akan hilang ketika melewati genangan air. Jika pada saat kondisi tersebut melakukan pengereman, maka mobil akan tetap berjalan karena ban tidak menapak pada aspal jalanan dengan maksimal. Kemampuan berhenti juga hilang saat mobil melewati genangan air.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan mobil melewati genangan air

Melewati genangan air bisa beresiko terjadi hydroplaning

Itulah beberapa hal yang berhubungan dengan teknik pengereman mobil saat hujan. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi serta istirahat cukup.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International