Perlu Berhati-Hati, Ini Tanda Rem Mobil Dapat Blong Perlu Diperhatikan

05/01/2021 Abdul Tips & trik mobil

Rem pada mobil menjadi salah satu bagian penting yang perlu dipastikan kondisinya tetap prima. Hal tersebut karena ketika melaju komponen inilah yang melakukan kinerjanya untuk memperlambat dan memberhentikan mobil. Namun terdapat resiko rem bisa blong, jadi pengendara perlu mengetahui tanda rem mobil dapat blong.

Terdapat beberapa tanda rem mobil dapat blong yang perlu diketahui. Dengan begitu persiapan dapat dilakukan dan meningkatkan kewaspadaan saat mobil mengalami tanda-tanda yang disebutkan. Selain itu, jika merasakan tandanya bisa segera melakukan pengecekan dan perawatan supaya dapat segera dilakukan penanganan.

Tanda Rem Mobil Dapat Blong Saat Perjalanan

1. Saat Direm Tidak Pakem

Gambar ini menunjukkan sebuah kaki menekan pedal rem mobil

Sistem pengereman merupakan bagian penting pada kendaraan

>>> Lihat juga, Mengenal Sistem Rem Pada Kendaraan Fungsinya

Pada saat melakukan pengereman dan sudah tidak pakem lagi maka bisa menjadi salah satu tanda sistem pengereman punya potensi blong. Hal tersebut bisa disebabkan oleh master rem yang kondisinya sudah tidak baik. Jadi kondisi rem yang tidak pakem hampir sama pada saat angin masuk ke dalam rem. Pedal rem perlu dikocok secara berulang supaya master rem dapat bekerja kembali.

Untuk penyebab rem mobil tidak lagi pakem adalah telah aus pada bagian seal master. Meskipun begitu tidak sepenuhnya mengalami kerusakan tapi tetap dapat dipakai. Biasanya pada kondisi tersebut terdapat tanda berupa minyak rem yang merembes di bagian belakang yang posisinya dengan berada di dekat booster rem.

2. Seal Master Rem Mengalami Perubahan Bentuk

Gambar ini menunjukkan seal master rem pada mobil

Saat seal master rem berubah bentuk atau aus maka beresiko mengalami blong

>>> Lihat Juga, Kampas Rem Mobil Matic Lebih Cepat Habis, Jangan Kaget Ini Alasannya

Tanda rem mobil dapat blong selanjutnya adalah terjadi perubahan bentuk pada seal rem. Salah satu elemen yang cukup penting pada sistem pengereman adalah minyak rem. Yang mana di bagian ini memiliki fungsi untuk memacu tarikan pada tuas rem. Apabila minyak rem alirannya tidak dalam kondisi normal maka bisa memicu master rem mengalami kerusakan. Hal tersebut terjadi pada saat seal master rem tidak mengembang.

Umumnya seal master rem  yang mengalami kerusakan karena terdapat bekas gesekan sehingga membentuk sebuah garis serta mengalami keausan. Apabila minyak rem mengalami kebocoran maka kondisi tersebut bisa jadi lebih parah. Tuas rem mobil saat digunakan maka kinerjanya jadi tidak maksimal sehingga rem bisa blong.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

3. Terdapat Karat Pada Dinding Rem

Gambar ini menunjukkan tromol mobil berkarat

Karat pada dinding rem ganggu kinerja pengereman

Bagian ini mempunyai fungsi supaya sistem pengereman aman dalam melakukan kinerjanya. Selain itu, tugasnya juga sebagai pelindung dari kotoran supaya tidak masuk ke dalam rem mobil. Kondisi rem akan bertambah buruk pada saat dinding berkarat karena debu akan masuk melalui celah yang muncul karena karat. Tidak hanya debu saja, lumpur juga bisa berpotensi masuk ke dalamnya yang menjadikan sebuah ciri master rem mengalami kerusakan. Dengan begitu  maka sistem rem mobil akan terhambat yang dapat merugikan pengendara karena berpotensi blong.

Dengan mengetahui tanda rem mobil dapat blong maka pencegahan dapat dilakukan. Untuk caranya adalah dengan melakukan perawatan secara berkala pada semua komponen pada mobil terutama sistem pengereman.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International