Perhatikan, Ini Akibat Jika Filter Udara Kotor Yang Perlu Diketahui!

11/01/2019 Abdul Tips & trik mobil

Filter udara memiliki fungsi yang sangat vital sehingga sangat penting untuk menjaga tetap bekerja dengan maksimal. Tapi jika tidak dirawat maka resiko yang didapat adalah kerusakan bagian mesin kendaraan. Nah kali ini akan membahas beberapa akibat jika filter udara kotor, semoga bisa menjadi tambahan informasi dan dijadikan perhatian agar selalu menjaga kondisinya dengan baik.

Adapun fungsi dari filter udara adalah menyerap kotoran yang ukurannya micro sampai besar yang masuk bersama udara. Dengan begitu udara yang masuk ke dalam sistem pembakaran mesin menjadi bersih dari polutan dan kinerja mesin jadi maksimal. Melihat hal tersebut, tentu ada akibat jika filter udara kotor.

Pada prinsip kerja yang dimiliki, udara yang akan masuk ke dalam ruang mesin akan terlebih dahulu dihadang oleh element filter. Dengan begitu debu dan juga kotoran akan terhenti pada bagian ini dan udara yang dapat masuk ke dalam mesin adalah udara yang bersih. Apabila dibiarkan begitu saja tanpa adanya proses pembersihan, maka akan ada akibat yang didapat.

1. Tarikan Pada Mesin Mobil Menjadi Berkurang

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil sedang melintasi tanjakan tampak dari belakang

Bersihkan filter udara secara berkala agar kondisii mesin maksimal

Adapun hal pertama yang dapat dirasakan pemiliknya saat filter dalam kondisi kotor adalah tenaga pada mesin mobil tidak seperti biasanya. Sobat bisa merasakan hal tersebut ketika sedang melintasi tanjakan ataupun saat melaju dalam kecepatan tinggi. Hal tersebut karena pasokan udara yang menuju mesin tidak maksimal akibat adanya kotoran pada filter udara. Sehingga tenaga pada mesin mobil menjadi tertahan karena udara yang masuk pada mesin tidak maksimal atau tertahan dan lebih sedikit.

>>> Lihat Juga, Ingat! Filter AC Mobil Juga Perlu Perawatan Supaya Tetap Prima

2. Konsumsi Bahan Bakar menjadi Lebih Boros

Gambar ini menunjukkan ilustrasi panel indikator bahan bakar pada mobil

Filter udara yang kotor juga bisa berpengaruh pada konsumsi bahan bakar

Selanjutnya masih berhubungan dengan akibat di atas, yang mana saat kondisinya sudah kotor maka tenaga mesin berkurang. Dengan begitu untuk sampai ke tempat tujuan akan lebih memakan banyak waktu. Selain itu, pada saat mesin kendaraan bekerja lebih lama dibandingkan biasanya dengan menggunakan RPM yang sama, maka konsumsi bahan bakar pada kendaraan menjadi lebih banyak dibandingkan biasanya.

>>> Baca juga informasi mengenai harga Mobil segala merk di Hargamobil.com

3. Suara Mesin Terdengar Kasar

Gambar ini menunjukkan filter udara pada mobil sedang dipegang oleh dua tangan

Suara mesin yang kasar bisa disebabkan karena filter udara yang kotor

Pada beberapa kasus yang terbilang parah adalah filter mengalami kerusakan sampai jebol. Umumnya hal ini terjadi pada filter yang memiliki jenis kertas. Untuk penyebabnya sendiri adalah filter yang terdapat kotoran terlalu banyak dan tetap dipaksakan untuk melajukan mobil. Sehingga aliran udara yang masuk malah menjebol filter udara. Jika sudah begitu maka kotoran dan debu akan masuk ke dalam ruang mesin lebih mudah. Akibatnya suara mesin jadi kasar berbeda dari biasanya. Masalah filter udara jebol biasanya terjadi pada mobil yang memakai mesin diesel dengan teknologi CRDi. Jadi usahakan selalu cek dan melakukan pembersihan agar terhindar dari akibat jika filter udara kotor.

>>> Baca Juga, Tips Memilih Filter Oli Mesin Pada Mobil

4. Mesin Terasa Nyendat

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil melaju di jalanan yang menikung

Filter udara yang kotor dapat menyebabkan mobil tersendat-sendat saat melaju

Pada saat kotoran dan debu sudah tidak dapat disaring oleh filter udara, maka debu dan kotoran akan ikut terbawa masuk ke dalam mesin mobil. Jika dibiarkan maka lama kelamaan kotoran tersebut mengendap pada komponen utama pada mesin mobil. Sehingga akibat yang sering terjadi adalah mobil terasa nyendat atau mesin brebet ketika dalam RPM tertentu.

Jadi jangan lupa untuk melakukan pengecekan dan servis berkala. Dengan begitu sobat tidak perlu merasakan akibat jika filter udara kotor. Itulah yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Saat Wanita Mengemudi Mobil Sendiri Dan Pertama Kali, Terdapat Hal Yang Perlu Diketahui
    Saat Wanita Mengemudi Mobil Sendiri Dan Pertama Kali, Terdapat Hal Yang Perlu Diketahui Abdul Tips & trik mobil

    Di jaman sekarang mengemudi mobil tidak hanya untuk pria saja, bahkan wanita juga banyak yang sudah bisa mengemudi dan memiliki mobil sendiri. Bagi kaum hawa yang baru pertama kali memiliki kendaraan roda 4 dan ingin mengendarainya terdapat hal yang perlu diperhatikan saat wanita mengemudi mobil sendiri.

  • Mudah, Begini Cara Mengisi Kartu E-Toll
    Mudah, Begini Cara Mengisi Kartu E-Toll Abdul Tips & trik mobil

    Di jaman sekarang sudah dibangun banyak jalan tol yang dapat dimanfaatkan masyarakat yang mempunyai mobil. Dengan melewati jalur tersebut bisa lebih cepat sampai dan terhindar dari kemacetan. Meskipun begitu, ada konsekuensinya yakni pengguna jalan harus membayar sesuai yang telah ditentukan. Dalam pembayarannya sekarang sudah praktis yakni menggunakan kartu E-Toll. Pengemudi perlu mengisi kartu E-Toll agar dapat digunakan saat melintasi gerbang tol.

  • Beberapa Rambu Lalu Lintas Yang Sering Dilanggar Oleh Pengendara
    Beberapa Rambu Lalu Lintas Yang Sering Dilanggar Oleh Pengendara Abdul Tips & trik mobil

    Saat mengemudi tidak hanya dengan mengandalkan skill saja, akan tetapi mengetahui dan mematuhi rambu yang diberikan juga diperlukan. Memang banyak yang telah mengerti makna dari rambu yang disediakan, namun tidak sedikit pula rambu lalu lintas yang sering dilanggar.