Perhatikan hal Ini Saat Mengemudi Mobil Dengan Muatan Penuh

25/04/2019 Abdul Tips & trik mobil

Mobil dalam segmen MPV ataupun SUV dengan kapasitas 7 penumpang menjadi andalan bagi seseorang untuk pergi liburan. Hal tersebut dikarenakan kapasitasnya yang besar dan memiliki konsumsi bahan bakar cukup irit. Namun seperti yang telah diketahui, saat pulang liburan akan membawa lebih banyak barang karena ada tambahan seperti oleh-oleh dan lainnya. Oleh sebab itu pengemudi harus memperhatikan mengemudi mobil dengan muatan penuh yang aman.

Memang banyak orang yang mengandalkan mobil segmen MPV dan SUV untuk liburan. Bahkan sampai barang bawaan juga diletakkan di atap untuk dapat membuat kabin lega. Hal tersebut tidak masalah, asalkan pengendara tetap memperhatikan soal safety driving ketika berada di jalanan. Tips mengemudi mobil dengan muatan penuh juga perlu diketahui.

Gambar ini menunjukkan mobil SUV sedang melaju di jalanan tanah

Usahakan membawa barang sesuai rekomendasi pabrikan

>>> Lihat Juga, Tips Mengatur Posisi Mengemudi Mobil Agar Lebih Nyaman

Penempatan barang bawaan di atap dengan mengandalkan roof box atau roof rail menjadi salah satu pilihan tepat untuk membuat kabin mobil lega. Namun saat berkendara memang terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengemudi mobil dengan muatan penuh.

Jadi sebenarnya saat membawa muatan yang lebih banyak terbilang menguntungkan, karena kendaraan jadi tidak lebih agresif. Dengan adanya tambahan beban maka permukaan ban mobil jadi lebih menapak sempurna terhadap jalanan. Biasanya mobil dengan penumpang 2 orang saja dan duduk di depan membuat mobil mudah sekali limbung atau fishtail. Hal tersebut dikarenakan downforce bagian belakang yang kurang.

Maksudnya adalah mobil dengan muatan yang tepat dapat membuat kendaraan lebih stabil saat dikemudikan. Namun berbeda jika muatan yang dibawa ternyata melebihi kapasitas yang direkomendasikan. Jadi masalah yang sering timbul adakah kestabilan mobil menjadi ada perubahan. Ketika berada di jalanan yang lurus mungkin tidak begitu terasa, akan tetapi saat melakukan manuver dapat timbul gaya sentrifugal. Oleh sebab itu harus benar-benar memperhatikan mengenai mengemudi mobil dengan muatan penuh.

>>> Baca Juga, Mengemudi Mobil City Car, Perhatikan Beberapa Hal Ini!

Gambar ini menunjukkan roof box yang ditempatkan di atas mobil

Roof box dan roof rail menjadi pilihan tepat untuk membawa lebih banyak barang

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Jadi hal tersebut akan lebih terasa ketika muatannya penuh seperti pada mobil segmen MPV atau SUV. Hal tersebut dikarenakan semakin berat beban yang dimiliki maka gaya sentrifugalnya juga menjadi lebih besar. Titik keseimbangan yang dimiliki kendaraan berubah ke bagian atas sehingga potensi limbung jadi meningkat.

Dengan gaya yang berada di luar batas dapat membuat pengendalian pada kendaraan jadi lebih sulit. Bahkan pada tahapan tertentu bisa menjadikan mobil lebih liar sehingga berakibat fatal seperti mobil terbalik atau menabrak kendaraan lain yang disebabkan oleh oleng.

Jadi alangkah baiknya untuk menghindari membawa penumpang atau beban yang melebihi kapasitas yang telah direkomendasikan. Apabila terpaksa maka berkendara dengan kecepatan yang rendah agar tetap aman dan terhindar dari limbung. Saat akan melakukan manuver jangan terlalu agresif karena bisa berakibat pengendalian jadi hilang dan mobil tidak stabil.

Mobil dengan muatan yang penuh membutuhkan tenaga yang lebih besar ketika akan melakukan akselerasi. Oleh sebab itu hindari menyalip kendaraan lain saat kondisi jalan belum benar-benar aman ataupun saat muncul keraguan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui spesifikasi lebih jelas tentang Mobil

Gambar ini menunjukkan barang bawaan yang ditempatkan di atas mobil

Saat berang bawaan melebihi kapasitas maka melajulah dengan kecepatan rendah

Sistem pengereman juga ada pengaruh karena jarak pengereman menjadi lebih jauh. Apalagi bagi mobil yang belum terdapat fitur ABS, tentunya tugas pengemudi jadi lebih berat. Ditambah lagi saat musim penghujan, maka jarak pengereman tambah jauh dan mobil akan lebih sulit untuk dikendalikan.

Demikianlah informasi mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila mengemudi mobil dengan muatan penuh. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Mengenal Jenis Antena Pada Mobil Dan Penjelasannya
    Mengenal Jenis Antena Pada Mobil Dan Penjelasannya Abdul Tips & trik mobil

    Pada saat kita melihat mobil kadang akan tampak sebuah antena yang berpostur kecil panjang dan lentur. Namun untuk mobil sekarang sudah menggunakan beberapa model yang berbeda untuk membuat tampilan lebih menarik dan juga lebih terlihat praktis. Bagi sobat yang ingin melakukan penggantian bagian ini sebaiknya mengetahui jenis antena pada mobil.

  • Bukan Hanya Tampilan Saja, Ini Dia Fungsi Shark Fin Pada Mobil
    Bukan Hanya Tampilan Saja, Ini Dia Fungsi Shark Fin Pada Mobil Abdul Tips & trik mobil

    Mobil mempunyai beberapa aksesoris yang dipasangkan dengan fungsi tersendiri. Salah satu aksesoris yang mempunyai bentuk sirip ikan adalah shark fin yang letaknya berada di bagian atap mobil. Sebagian orang kadang melihat bagian ini merupakan tambahan belaka agar tampilannya tampak lebih keren. Tapi tahukah sobat, bahwa ternyata fungsi shark fin ternyata tidak hanya itu saja.

  • Alasan Lampu Sein Berbunyi “Tik” Pada Kendaraan Saat Dinyalakan
    Alasan Lampu Sein Berbunyi “Tik” Pada Kendaraan Saat Dinyalakan Abdul Tips & trik mobil

    Mobil mempunyai beberapa bagian yang unik seperti misalnya bunyi yang muncul saat lampu sein menyala. Suara yang muncul tersebut umumnya adalah tik pada saat menyalakan lampu sein. Fungsi dari lampu sein adalah untuk memberi tanda kepada pengendara lain saat akan berbelok. Yang jadi penasaran adalah mengenai lampu sein berbunyi “tik“ saat diaktifkan.