Perhatikan, Berikut Ciri-Ciri Kompresor AC Mobil Mengalami Masalah

19/11/2019 Abdul Tips & trik mobil

Sekarang mobil menjadi salah satu kendaraan yang banyak dimiliki oleh masyarakat. Hal tersebut tidak terlepas dari kenyamanan yang diberikan selama perjalanan. Salah satunya adalah adanya AC mobil yang membuat suhu kabin lebih nyaman. Disamping hal tersebut, berkendara di bawah terik matahari membuat pengendara tidak bisa lepas dari AC mobil. Salah satu masalah pada bagian ini yang bisa saja terjadi adalah kompresor AC mobil.

Jadi saat sedang berkendara tiba-tiba ada yang beda pada kinerja dari AC mobil. Tentunya hal tersebut akan membuat kenyamanan jadi terganggu sehingga bisa membuat hati gelisah. Kecurigaan pertama kali yang bisa saja bermasalah adalah pada bagian kompresor AC mobil. Untuk lebih memperkuat dugaan, biasanya akan ada tanda-tanda yang timbul.

Tentunya saat kompresor mengalami masalah akan ada gejala-gejala yang bisa dirasakan. Berikut ini beberapa ciri apabila kompresor pada AC mobil mengalami masalah:

1. Muncul Bunyi

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang knop pengatur AC Mobil

Saat AC dinyalakan dan muncul bunyi segera lihat kondisi kompresor

Adapun bunyi yang muncul biasanya saat AC mobil dilakukan perubahan posisi 1,2,3 atau yang menjadi tanda AC mulai kinerjanya. Bunyi tersebut tergolong kasar atau bisa juga seperti adanya gesekan yang terjadi pada komponen AC.

Setelah tombol dipindah dalam posisi OFF maka suara yang berasa dari balik kap mobil akan hilang dan kembali normal. Biasanya suara kasar atau ngorok disebabkan oleh berkurangnya oli pada kompresor atau bahkan kehabisan, bearing longgar as kurang presisi atau piston yang aus. Jika sudah begitu, perawatan perlu segera dilakukan dengan cara membawanya ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

>>>  Baca Juga, Jangan Mengarahkan AC Ke Wajah, Ini Bahayanya!

2. Berkurangnya Kompresi

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan berada di depan kisi-kisi AC mobil

Jika AC Mobil mulai tidak dingin segera periksa di bengkel

Untuk tanda kompresor AC mobil bermasalah selanjutnya adalah kompresi yang kurang. Jadi tahapan awal AC mulai terasa kurang dingin dalam menghembuskan udara pada saat di rpm yang rendah. Selanjutnya saat mobil mulai berjalan pada kecepatan tertentu baru akan terasa udaranya menjadi lebih dingin. Kondisi ini tentunya akan membuat kenyamanan jadi terganggu saat ingin melaju pelan karena lewat jalan yang kurang bagus atau sedang ramai.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

3. Adanya Kebocoran

Gambar ini menunjukkan seseorang sedang melihat kondisi pada mesin mobil

Pemeriksaan berkala pada ompresor AC diperlukan agar tidak terjadi kebocoran

Jika terjadi kebocoran maka hembusan AC mobil akan terasa kurang dingin secara bertahap. Hal tersebut tergantung dari seberapa kebocoran yang terjadi. Apabila kebocoran semakin besar maka Freon akan lebih cepat kehabisan sehingga udara di dalam kabin akan terasa tidak dingin lebih cepat. Namun biasanya kebocoran  yang terjadi pada kompresor membutuhkan waktu 6 minggu sampai Freon benar-benar habis.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

4. Magnetic Clutch

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan meletakkan tangann

AC mobil saat ini sangat penting terutama saat cuaca panas

Untuk kasus ini umumnya terjadi saat dalam kondisi jalanan merayap atau macet. Jadi sebelumnya udara yang dihembuskan oleh AC dalam kondisi dingin, namun ternyata secara tiba-tiba udaranya tidak dingin. Ketika terjadi masalah tersebut saat dimatikan beberapa saat dan kembali dinyalakan maka akan kembali normal seperti sebelumnya. Hal tersebut umumnya bersamaan dengan RPM mesin yang tinggi, biasanya di atas 1.000 rpm.

Jadi ketika Sobat merasakan beberapa ciri-ciri di atas sebaiknya melakukan pemeriksaan dengan membawanya ke bengkel. Tujuannya adalah agar segera diperbaiki, karena jika dibiarkan saja maka dikhawatirkan dapat merembet ke bagian lain.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai ciri-ciri kompresor AC mobil bermasalah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International