Perhatikan, Beberapa Cara Mencegah Mobil Terbakar

27/08/2020 Abdul Tips & trik mobil

Kasus mobil terbakar kadang terjadi di jalanan. Bukan karena dibakar orang tapi karena beberapa masalah pada mobil sehingga terjadi hal tersebut. Untuk kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara mencegah mobil terbakar.

Seperti yang telah diketahui, mobil terbakar bisa terjadi oleh siapa saja yang memiliki mobil. Memang hal tersebut jarang terjadi, namun dari pihak pemilik sebaiknya selalu waspada dan mengambil langkah pencegahan supaya tidak mengalaminya. Mencegah mobil terbakar sebenarnya mudah karena berhubungan dengan perawatan kendaraan.

Gambar ini menunjukkan mobil terbakar dan terdapat beberapa orang yang antri

Mobil terbakar bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain

>>> Baca Juga, Mobil Dibakar Orang Ditanggung Asuransi Loh, Tapi Ada Syaratnya

Sebelum masuk pembahasan, terlebih dahulu kita ketahui penyebab mobil terbakar yang dilansir dari laman Suzuki Indonesia. Jadi semua sistem yang terdapat pada kendaraan telah dilakukan uji coba soal keselamatan, kecepatan, tenaga dan kenyamanan yang disesuaikan dengan jenisnya. Bahkan komponen yang berhubungan dengan kelistrikan pun telah didesain supaya mengalami kegagalan pada sistem kelistrikan akan terhindar dari hubungan arus pendek yang bisa buat mobil terbakar.

Berdasarkan penuturan dari pihak Riecky Patrayudha selaku  4W, 2W & Marine Service Director, PT Suzuki Indomobil Sales menyebutkan, bahwasanya terdapat beberapa cara mencegah mobil terbakar karena kelalaian dari pemilik mobil.

1. Cek Ruang Mesin Mobil

Cara cegah mobil terbakar yang pertama adalah melakukan pengecekan di ruang mesin. Bagian ruang mesin perlu dijaga kebersihannya, hal perlu diperhatikan adalah tidak ada bahan material yang gampang terbakar ke bagian knalpot pada saat proses pembersihan. Saat terdapat material bahan yang jatuh bisa berpotensi menyebabkan terjadinya kebakaran. Oleh sebab itulah pengecekan perlu dilakukan dengan teliti, apakah ada barang yang jatuh dan tertinggal di dalam mesin mobil saat menutup kap mesin.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang kain bersihkan mesin mobil

Saat bersihkan mesin harap waspada dan teliti

>>> Lihat Juga, Hati-Hati Mobil Terbakar Secara Tiba-Tiba, Berikut Langkah Yang Harus Diambil

2. Memastikan Tutup Oli Rapat

Salah satu hal yang bisa menjadi penyebab kebakaran adalah oli yang bocor disebabkan oleh tutup yang tidak terpasang dengan rapat. Hal tersebut bisa terjadi karena ketika mesin mobil dalam kondisi hidup maka oli akan keluar melalui tutup oli yang tidak rapat dan berpotensi menetes ke bagian knalpot mobil dalam kondisi panas sehingga bisa saja percikan oli jadi api.

3. Hindari Meninggalkan Power Bank Dalam Kondisi Masih Terpasang Pada Soket Pengisian

Cara mencegah mobil terbakar selanjutnya adalah hindari tinggalkan powerbank dalam kondisi tertancap di soket. Pada saat ingin meninggalkan mobil dalam kurun waktu yang lama maka jangan sampai mengisi daya powerbank di dalam mobil dengan mengandalkan socket. Saat mengisi power bank dan ditinggal bisa berpotensi terjadi konsleting pada baterai sehingga resiko meledak dapat terjadi.

4. Waspada Meletakkan Korek Di Dalam Mobil

Bagi para perokok perlu lebih waspada saat membawa korek api gas. Saat meletakkannya di bagian dashboard atau laci pada kendaraan bisa berpotensi membuatnya meledak saat terjadi guncangan. Begitu juga ketika suhu kabin sedang dalam kondisi panas. Untuk amannya bisa melapisinya dengan kain biar tidak terjadi guncangan parah sampai menabrak dinding laci atau dashboard, bisa juga membawa korek berbahan kayu.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan sebuah korek gas di salah satu ruang penyimpanan mobil

Korek lebih baik dikantongi saja

5. Saat Parkir posisikan Mobil Jauh Dari Benda Mudah Terbakar

Cara mencegah mobil terbakar yang terakhir adalah dengan menghindari menempatkan mobil dekat benda yang gampang terbakar, terutama saat knalpot masih dalam keadaan panas. Jika benda kering mudah terbakar seperti ranting, kertas dan lainnya nempel di knalpot yang panas bisa berpotensi menyebabkan kebakaran.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International