Performa Menurun, Nissan Indonesia Mulai 'Bergantung' Pada SUV Terra

25/09/2018 Fatchur Sag Tips & trik mobil

Nissan Motor Indonesia mengakui kehadiran SUV sangat diharapkan bisa mendongkrak penjualan mobil Nissan di Indonesia yang terus mengalami penurunan performa tahun ini.

Nissan Terrano Grille

Penjualan Nissan mengalami penurunan cukup tajam (foto:cardekho)

Nissan mencatatkan pencapaian yang tak bagus dalam beberapa bulan terakhir. Sempat naik di bulan Maret 2018 dengan penjualan sebanyak 1.516 unit setelah bulan Februari hanya 1.155 unit, penjualan Nissan langsung anjlok menjadi 496 di bulan April. Pada bulan-bulan seterusnya, performa Nissan tidak meningkat malah makin turun hingga titik terendahnya. Pada bulan Agustus Nissan hanya mampu menjual sebanyak 85 unit mobil dan menempatkan Nissan di posissi 20 merek terlaris bulan Agustus.

Data penjualan Nissan 2018

Januari 1.189 unit
Februari 1.155 unit
Maret 1.516 unit
April 496 unit
Mei 246 unit
Juni 211 unit
Juli 336 unit
Agustus 85 unit
Total 5.234 unit

>>> Penjualan Dimulai Bulan Depan, Harga Resmi Nissan Terra Masih Dipertimbangkan

Secara total wholesales Nissan yang tercatat di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) dari Januari hingga Agustus 2018 sebanyak 5.234 unit dan menempatkan Nissan sebagai merek terlaris ke 11 di tujuh bulan pertama tahun 2018. Posisi Nissan diungguli oleh saudara mudanya, Datsun yang mencatatkan penjualan sebanyak 8.885 unit dan merek China Wuling yang mencatatkan penjualan sebanyak 11.156 unit.

Pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Nissan Motor Indonesia (NMI) meluncurkan model baru SUV Terra. Model baru SUV 7 penumpang diluncurkan setelah debut pertamanya di Filipina. Sebagai SUV dengan dimensi bongsor SUV Terra bakal bersaing dengan dua SUV senior yang telah cukup lama mengaspal di Indonesia, yaitu Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Seorang model berpose bersama Nissan Terra

Nissan Terra dibekali mesin 2.500 cc, dijual dengan harga pre-booking Rp 460 juta (foto: carvaganza)

Meski harga resmi belum dirilis dan baru harga pre-booking sebesar Rp 460 juta, SUV Terra diharapkan bisa bersaing dengan keduanya. NMI mengakui kalau kehadiran SUV Terra sangat diharapkan mampu meningkatkan performa dan mendongkrak penjualan Nissan di Indonesia.

“Pokoknya Terra menjadi salah satu unggulan kami di Indonesia. SUV baru kami ini juga buat mendukung keberlangsungan Nissan di sini. Supaya itu bisa terjadi kami dorong dengan roadshow di beberapa kota, sehingga penerimaan masyarakat tinggi dan responsnya bagus,” tutur Hana Maharani, Head of Communication Nissan Motor Indonesia (NMI) di sela-sela pameran SUV Terra di Plaza Senayan, Jumat (21/9/2018) lalu.

Target untuk SUV Terra

Secara terang-terangan Hana belum mengatakan target penjualan yang dicanangkan NMI. Tapi ketika ditembak angka 200, Hana pun tak menampik target SUV Terra lebih dari angka itu. Hana cukup optimis kalau SUV Terra bakal diterima pasar dengan baik mengingat respon masyarakat saat pameran GIIAS 2018 dan saat diperkenalkan di Atrium Paragon Mal Semarang awal September lalu cukup besar. So, tentu masyarakat bakal melihat bagaimana cerita dari SUV Terra ini berikutnya.

“Mohon maaf kami tidak bisa mengungkapkan angka, karena itu merupakan kebijakan dari perusahaan. Sepertinya lebih ya (dari 200 unit),” kata Hana menjawab pertanyaan awak media.

>>> Harga Rp 260 Jutaan, Pesaing Fortuner Ini Bisa Bikin Konsumen Ngiler

>>> Terus ikuti perkembangan berita otomotif dan harga mobil di hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International