Perawatan Mobil Mesin Diesel Usai Perjalanan Jauh Yang Perlu Dilakukan

04/07/2018 Abdul Tips & trik mobil

Mobil adalah kendaraan yang banyak diinginkan oleh masyarakat karena kenyamanan yang ditawarkan. Selain itu, dengan berbagai fitur yang disematkan membuat pengendara dan penumpang bisa melakukan perjalanan dengan lebih aman dan menyenangkan. Sebagai informasi, bahwa penggunaan mesin pada Mobil juga ada pilihannya. Seperti Mobil mesin bensin dan juga diesel yang memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Semuanya membutuhkan perawatan, seperti Mobil mesin diesel usai perjalanan jauh.

Dalam merawat mesin Mobil, tidak peduli bensin atau diesel diperlukan supaya kondisinya tetap prima dan tidak mudah mengalami kerusakan atau masalah. Mobil mesin diesel kerap diminati banyak orang untuk melakukan perjalanan yang cukup jauh. Hal ini dikarenakan penggunaan bahan bakar yang dinilai lebih hemat dibandingkan mesin bensin. Selain itu, mesin diesel memiliki tenaga yang lebih besar serta durabilitas yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan mesin bensin.

Akan tetapi terdapat hal yang perlu diperhatikan pada penggunaan Mobil mesin diesel usai perjalanan jauh. Yang mana bahan bakar solar di beberapa daerah cenderung mempunyai kualitas yang lebih rendah jika dibandingkan di wilayah perkotaan atau kota besar. Akan tetapi dalam hal ini bukan hanya masalah kualitas saja, pada umumnya solar yang kualitasnya tinggi serta mempunyai rendah sulfur  belum tersedia di daerah-daerah.

Gambar ini menunjukkan mesin diesel pada kendaraan

Pemeriksaan mesin diesel dilakukan supaya kondisinya tetap prima

Dengan melihat hal tersebut, dari pihak David yang merupakan salah seorang pemilik bengkel kendaraan menyarankan untuk mengganti filter pada Mobil mesin diesel usai perjalanan jauh.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi seputar tips dan trik terbaru lainnya

Adapun tujuan dilakukannya pergantian filter adalah untuk mencegah terjadinya penumpukan sulfur yang tentunya bisa berakibat masalah pada kendaraan. “Ada baiknya kalau filter solar diganti untuk mencegah penumpukan sulfur. Jika penumpukan sulfur terjadi, tentunya dapat merusak peranti lainnya seperti nozzle dan injector pump,” jelas David.

Yang dikhawatirkan jika tidak segera melakukan pergantian filter uai melakukan perjalanan jauh adalah dampak yang dihasilkan. Yang mana bisa saja dapat menurunkan performa Mobil, seperti misalnya pada akselerasi yang mengalami penurunan atau cenderung lebih lambat.

>>> Baca juga Informasi menarik mengenai Lima Mitos Perawatan Mobil yang Sering Anda Dengar yang diulas oleh cintamobil.com

Gambar ini menunjukkan seorang mekanik bengkel sedang melakukan pemeriksaan pada mesin diesel Mobil

Baik Mobil mesin diesel atau bensin, melakukan perawatan termasuk hal yang perlu dilakukan

Tidak hanya itu, Mobil mesin diesel usai perjalanan jauh juga perlu dilakukan pemeriksaan pada kondisi oli mesin kendaraan. Untuk caranya sendiri sebenarnya simpel, hanya melihatnya pada bagian dipstick dan dicermati, apakah masih dalam kondisi penuh atau sudah berkurang banyak. Selain itu lihat pula sekeliling dan bagian bawah mesin, apakah terjadi kebocoran atau tidak? seperti ada rembesan oli. Jika volume oli masih penuh dan tidak adanya rembesan berarti dalam hal ini kondisinya masih bagus.

Selain bagian tersebut, pemeriksaan selanjutnya adalah pada bagian kaki-kaki. Yang mana bagian ini juga cukup penting seperti pada shockbreaker, suspensi dan lainnya. periksalah dengan meraba menggunakan tangan bagian tabung. Apabila terdapat rembesan oli maka bisa saja terdapat masalah atau kerusakan pada bagian suspensi dan harus segera dilakukan penanganan.

>>> Mungkin tertarik, Pentingnya Pemeriksaan Tekanan Angin Ban Mobil Untuk keamanan Pengendara

Selain hal tersebut, ban dan juga rem Mobil mesin diesel juga jangan sampai lupa untuk dilakukan pengecekan. Seperti pemeriksaan tekanan udara di dalam ban dan memastikannya dalam kondisi yang ideal. Tidak lupa pula masalah ketebalan ban Mobil, apakah sudah mencapai batas TWI atau masih tebal. Jika sudah aus dan mulai gundul sebaiknya dilakukan pergantian. Ditambah lagi pemeriksaan sistem pengereman juga perlu dilakukan, seperti pada bagian kampas rem yang masih tebal atau sudah saatnya diganti. Mengingat perjalanan jarak jauh yang ditempuh dapat membuat kampas rem berkurang lebih cepat.

Gambar ini menunjukkan sorang wanita sedang memeriksa tekanan angin ban mobil dengan bodi warna biru

Tekanan ban Mobil juga andil bagian dalam hal kenyamanan berkendara

Untuk tips terakhir dalam perawatan Mobil mesin diesel usai perjalanan jauh adalah melakukan pembersihan pada bagian kabin Mobil. Karena biasanya saat melakukan perjalanan terdapat aktivitas yang dilakukan dan membuatnya menjadi kotor, seperti makan dan minum dalam kendaraan.

>>> Beli mobil? Cari saja di situs jual beli mobil dengan harga bagus di cintamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Karena Pemilik Kurang Teliti
    Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Karena Pemilik Kurang Teliti Abdul Tips & trik mobil

    Mobil terbakar menjadi salah satu hal yang tidak diinginkan oleh pengendara. Dimana saat mengalaminya tentu bisa berbahaya karena nyawa taruhannya, tidak hanya bagi pengendara sendiri tapi penumpang dan orang0orang disekitar juga beresiko terkena dampaknya. Dalam hal ini mengetahui penyebab mobil terbakar itu diperlukan supaya dapat menghindarinya.

  • Ini Dia Beberapa Kondisi Tak Disukai Pengemudi Wanita Ketika DI Jalan
    Ini Dia Beberapa Kondisi Tak Disukai Pengemudi Wanita Ketika DI Jalan Abdul Tips & trik mobil

    Seperti yang telah diketahui bersama, bahwasanya saat ini tidak hanya pria saja yang mengendarai mobil. Para wanita juga banyak yang mengemudikan kendaraan dijalan. Meskipun terdapat anggapan terkait wanita yang kadang membuat kekacauan saat di jalan, akan tetapi tidak sedikit wanita yang mempunyai kemampuan mengendalikan mobil lebih mahir dari pria. Walaupun begitu, terdapat kondisi tak disukai wanita saat di jalan.

  • Beberapa Barang Tidak Boleh Ditinggal Di Mobil Dalam Waktu Lama
    Beberapa Barang Tidak Boleh Ditinggal Di Mobil Dalam Waktu Lama Abdul Tips & trik mobil

    Mempunyai sebuah mobil tentunya akan ada waktunya diparkirkan. Tidak mungkin seseorang akan mengemudi terus menerus tanpa istirahat. Nah terdapat beberapa barang tidak boleh ditinggal di mobil dalam waktu yang lama. Hal tersebut berhubungan dengan keamanan dan juga kesehatan.

International