Penyebab Kebocoran Oli Pada Mobil, Sobat Perlu Waspada!

25/01/2019 Abdul Tips & trik mobil

Menjaga kondisi mobil tetap dalam keadaan maksimal sangat diperlukan. Tujuannya supaya tetap dalam kondisi yang baik dan dapat digunakan untuk perjalanan dengan aman dan nyaman. Salah satu hal yang tidak boleh diabaikan adalah kebocoran oli. Memang masalah tersebut benar-benar perlu perhatian, akan tetapi banyak yang tidak mengetahui penyebab kebocoran oli pada mobil.

Apabila kebocoran oli terjadi pada mobil sobat sebaiknya jangan dibiarkan. Hal sederhana yang didapat saat mengalaminya adalah kendaraan terlihat kotor karena ada bekas oli di sekitar mesin. Akan tetapi ada hal yang bisa membahayakan jika mengalami masalah tersebut yaitu mesin yang mengalami kerusakan parah. Bahkan jika dibiarkan hal tersebut bisa menjadi penyebab kebakaran. Melihat hal tersebut pengendara diharapkan untuk mengetahui penyebab kebocoran oli pada mobil supaya dapat segera diatasi.

Gambar ini menunjukkan oli yang terecer di jalanan akibat kebocoran oli pada mobil

Kebocoran oli bisa disebabkan oleh beberapa faktor

Pada umumnya kebocoran yang terjadi terletak pada bagian mesin area belakang. Untuk tempat pastinya berada di sekitar flywheel. Jika mengalami masalah tersebut maka dapat berakibat kurang baik pada mobil manual yaitu terjadi slip pada bagian kopling sehingga dapat mengganggu kenyamanan selama berkendara. Selain itu, jika terjadi kebocoran oli maka bisa juga menimbulkan keluar asap di bagain knalpot dengan warna kebiruan, hal tersebut dikarenakan oli yang merembes ke ruang bakar dan ikut terbakar.

>>> Mungkin tertarik, Ingat! Jangan Ngirit Oli Mesin Agar Tidak Terjadi Masalah

Selain hal di atas, jika mengalami kebocoran oli juga dapat muncul bau yang tidak sedap karena oli menetes ke bagian exhaust pipe ataupun exhaust manifold. Untuk mengetahui apakah yang terdapat pada bagian tersebut adalah oli bisa dilakukan dengan menyentuhnya dan melihatnya. Apabila warnanya coklat gelap ataupun terlihat kekuningan serta ketika disentuh terasa licin maka bisa jadi tetesan tersebut merupakan oli mesin yang bocor. Akan tetapi berbeda dengan tetesan yang memiliki warna merah jambu yang mengenainya maka kemungkinan besar oli tersebut merupakan oli transmisi otomatis.

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil tua yang terawat sedang terparkir

Usia mobil yang sudah tua juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab kebocoran oli

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Adapun penyebab kebocoran oli pada mobil yang biasa terjadi adalah usia mesin yang bertambah dan pemakaian yang terlalu sering. Sehingga mesin akan kerap mengalami panas karena digunakan yang menjadikan karet dan juga gasket bisa kehilangan fungsi keelastisannya. Mengingat untuk bahan material dasar yang digunakan pada komponen tersebut adalah neoprene, karet dan juga gabus.

Untuk tempat yang sering terjadi kebocoran di bagian mesin yaitu  disela-sela crankshaft bagian depan dan belakang, timing chain cover, gasket oil pan dan juga valve cover. Jadi ketika gasket atau karet sudah tidak bekerja dengan maksimal maka saat  mesin panas maka gasket akan mulai mengeras dan terjadi penyusutan. Dengan begitu kemampuan yang dimiliki dalam meredam kebocoran menjadi berkurang dan lama kelamaan akan gagal dalam meredam kebocoran oli yang berakibat oli mulai merembes. Jadi jangan heran ketika mempunyai mobil yang sudah tua kerap mengalami kebocoran oli.

>>> Baca Juga, Beberapa Penyebab Oli Mesin Mobil Berkurang Yang Perlu Diperhatikan

Gambar ini menunjukkan seorang mekanik sedang memegang kunci dan memeriksa bagian bawah kendaraan

Segera lakukan perawatan dan perbaikan jika diketahui adanya kebocoran pada mesin mobil

Selain beberapa hal di atas, penyebab kebocoran oli lainnya adalah kurangnya perawatan si pemilik terhadap kendaraannya. Setelah mengetahui masalah dan penyebab kebocoran oli pada mobil tersebut, tentunya pemilik harus segera mengatasinya. Untuk langkahnya adalah dengan membawanya ke bengkel untuk dilakukan penggantian gasket dan komponen lain yang dapat membuat terjadinya kebocoran oli. Jangan dibiarkan begitu saja, karena resiko yang didapat bisa menyebabkan kehabisan oli yang tidak diketahui dan membuat mesin jadi rusak. Seperti yang telah diketahui, saat mesin tidak mendapatkan pelumas dengan baik maka komponen akan saling berbenturan yang menjadikan kerusakan parah.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca