Penyebab Bau Mobil Baru Dapat Membuat Pusing

17/09/2020 Abdul Tips & trik mobil

Bau mobil baru bisa membuat beberapa orang merasakan pusing. Jadi hal tersebut bukan tanpa alasan, karena ternyata ada penyebab yang membuat sakit kepala dan pusing saat tercium bau mobil dalam kondisi baru.

Pada setiap mobil baru telah diminta oleh pabrikan dunia untuk membuat bau khasnya hilang. Penelitian telah dilakukan dan disebutkan bahwa aroma yang kerap juga disebut dengan bau mobil baru dapat membuat berbagai penyakit timbul pada penumpang dan juga pengemudi. Hal tersebut disebabkan oleh senyawa yang berbahaya dari lem, plastik dan juga benda lain yang terdapat di bagian interior mobil.

Gambar ini menunjukkan seorang proa dan wanita sedang di dalam mobil

Bau mobil baru memang khas dan menandakan kondisinya masih grass

>>> Baca Juga, Ada Bau Rokok Di Dalam Kabin, Begini Cara Menghilangkannya

Terdapat 8 Zat Berbahaya

Seperti dilansir dari laman Autocar, bau mobil adalah gabungan antara 8 zat yang tersebar di bagian interior kendaraan, apalagi saat awal-awal dilakukan produksi. Adapun beberapa senyawa yang mempunyai akibat buruk pada penumpang yang telah teridentifikasi meliputi akrolein, asetaldehida, etilbenzena, benzena, stirena, formaldehida, xylene dan toluene.

8 senyawa yang disebutkan tersebut masuk ke bagian dalam VOC (volatile organic compounds) dan termasuk juga sebagai senyawa organic yang bisa menguap dengan mudah. Untuk aroma yang dihasilkan tersebut dapat memuat adanya reaksi terhadap beberapa orang seperti alergi, bersin, iritasi mata, sesak napas, pusing, mual, sakit kepala sampai kelelahan. Sementara kekuatan dari senyawa bervariasi tergantung dari cahaya dan juga paparan panas di dalam mobil.

Berkaitan dengan bau mobil baru,  dari pihak Nick Molden selaku CEO perusahaan pengujian Emissions Analytics menyebutkan bahwa senyawa tersebut bukan hanya dapat menguap dan juga menghilang.

“Ini akan menguap ke kabin dan kemudian, di malam hari, saat dingin, akan diserap kembali oleh permukaan. Dan akan menguap lagi keesokan harinya. Jadi saat VOC berkumpul, lalu terpapar sinar matahari, pada dasarnya Anda memiliki biosfer VOC, yang dapat bertahan cukup lama," jelasnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan seorang wanita merasa pusing di dalam mobil

Jika bau mobil baru bikin pusing bisa dihilangkan kok

>>> Baca Juga, Beberapa Bagian Perlu Dibersihkan Untuk Menghilangkan Bau Tidak Sedap Dalam Kabin Mobil

Adapun untuk gejala yang kerap terjadi di Asia dan sering dilaporkan telah dilakukan survey. Yang mana terdapat survey dari pihak Kementerian Pertahanan, Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan kepada 800 pembeli mobil baru menyebutkan bahwa pada tahun 2005 setidaknya terdapat 51,1% konsumen yang mengalami masalah sick car syndrome. Ternyata hal sama juga terjadi di negara Rusia dan Jepang.

Sebagian Besar Konsumen Mengeluhkan

Lembaga survei JD Power di China menyebutkan bahwa bau mobil baru di kabin menjadi salah satu keluhan yang terbesar diajukan oleh pada konsumen mobil baru. Oleh sebab itulah di tahun 2012 China memperkenalkan ‘pedoman penilaian kualitas udara mobil penumpang’ GB/T 27630-2011. Yang mana pedoman tersebut mencakup dari metode pengujian serta maksimum emisi interiornya.

Di negara Inggris, pihak pabrikan otomotif juga diminta untuk melakukan penggantian bahan interior kendaraan penumpang sampai 8 kursi yang tidak berbau. Yang mana kendaraan penumpang tersebut masuk ke klasifikasi dari segmen kendaraan di kelas M1 Inggris.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan pameran mobil baru dan banyak pengunjung

Membeli mobil baru bisa dilakukan di diler atau pameran mobil

Pantauan telah dilakukan oleh pihak UNEE yang merupakan Komisi Ekonomi PBB untuk Eropa sejak bulan November 2014. Pembaharuan tentang panduan standar kualitas udara di interior dan juga pengujian interiornya telah dilayangkan pada Juni 2020. Memang di negara Eropa belum adaptasi, akan tetapi dengan peraturan tersebut bisa dijadikan tolak ukur baru untuk pihak pemerintah dalam menghilangkan bau mobil baru yang terlalu menyengat dan dapat menimbulkan masalah untuk penumpangnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International