Penawaran DP Rendah Atau Cicilan Murah Saat Beli Mobil, Sobat Pilih Yang Mana?

03/12/2018 Abdul Tips & trik mobil

Pembelian sebuah kendaraan sekarang sudah dipermudah. Terdapat 2 sistem pembelian yakni cash atau tunai dan kredit atau dicicil. Tentunya pembeli tinggal memilih yang mana paling cocok dan sesuai budget. Namun pasalnya banyak orang yang memilih menggunakan sistem kredit, karena dana yang diperlukan tidak terlalu banyak. Akan tetapi saat membeli kredit kadang ditemukan 2 hal yang perlu diketahui yakni DP rendah atau cicilan murah.

Jika terdapat pilihan mengenai DP rendah Atau cicilan murah tentunya bisa membuat kebingungan para pembeli. Hal tersebut umumnya terjadi pada konsumen yang baru pertama kali membeli tanpa ada penjelasan mengenai istilah tersebut. Biasanya dari pihak produsen kendaraan memberikan penawaran berupa Down Payment(DP) yang cukup rendah dan juga cicilan bulanan yang murah.

Gambar ini menunjukkan seorang pria menyodorkan kertas pada pasangan pria dan wanita

Membeli mobil dapat dilakukan dengan sistem cash atau kredit

Dalam hal ini tentunya ada kelebihan dan kekurangan tersendiri antara kedua hal tersebut. Jadi sebaiknya pembeli mengetahuinya supaya bisa menentukan mana yang tepat dan sesuai dengan kondisi keuangan bulanannya.

>>> Klik di sini untuk mengetahui spesifikasi lengkap mobil semua merk

Sebelum menentukan masalah DP rendah atau cicilan murah sebaiknya lihat terlebih dahulu kondisi keuangan setiap bulannya. Jangan sampai salah memilih dan memberatkan diri sendiri. Apabila mempunyai tabungan yang lumayan maka alangkah baiknya memilih DP yang besar, dengan begitu setiap bulan akan lebih ringan ketika membayar cicilannya. Namun bagi konsumen yang ternyata mempunyai tabungan dan juga dana bulanan yang didapat juga tinggi, maka disarankan memilih dp ringan. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah cicilan bulanannya yang lebih besar.

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan satu memegang uang lembarang 50.000 dan 100.000 dan tangan yang satu memegang Calculator

Dengan DP yang lebih tinggi tentunya cicilan bulanan menjadi lebih ringan

>>> Baca juga, Jangan Sampai Melakukannya! Ini Kesalahan Kredit Mobil Bekas Yang Harus Dihindari

Sebenarnya untuk patokan cicilan bulanan yang sering digunakan dan sangat disarankan adalah tidak boleh melebihi 30% dari gaji bulanan. Jika lebih dari itu dikhawatirkan dapat mengganggu kebutuhan sehari-hari. Namun sebaiknya mengetahui dahulu kelebihan dan kekurangan DP rendah atau cicilan murah supaya lebih jelas dan tidak salah pilih.

DP rendah

Adapun kelebihan dari DP rendah adalah konsumen dapat membeli sebuah kendaraan yang diinginkan dengan lebih cepat. Hal tersebut dikarenakan konsumen tidak perlu menabung sampai terkumpul banyak, cukup untuk DP saja sudah bisa membawa kendaraan pribadi ke garasi rumah. Akan tetapi tentunya hal tersebut ada kekurangannya yaitu cicilan bulanan yang harus dibayarkan lebih besar. Biasanya jangka waktu cicilan perbulan juga menjadi lebih lama, jadi untuk dapat selesai pembayaran dan sudah tidak ada cicilan bulanan harus menunggu bertahun-tahun dan tertib membayar cicilannya. Tentunya hal ini juga akan berhubungan dengan bunga yang dibayarkan menjadi lebih besar.

>>> Baca juga, Berniat Membeli Mobil Secara Kredit? Ini Penjelasan Mengenai Lembaga Kredit Mobil

Gambar ini menunjukkan 3 orang 1 wanita dan 2 orang pria sedang tertawa dan melihat brosur

Dengan DP yang dibayar rendah maka cicilan bulanannya menjadi lebih tinggi

Cicilan Murah

Bagi yang memilih cicilan murah kelebihannya adalah dapat menghemat pengeluaran bulanan untuk membayar cicilan. Jadi gaji bulanan yang didapat bisa digunakan untuk kebutuhan lain. Namun hal tersebut tentu mempunyai kekurangan, jadi dengan memilih cicilan murah tentu DP yang harus dibayarkan menjadi lebih besar minimal 30%-50% dari harga kendaraan yang dibeli. Jadi sobat perlu menabung lebih lama untuk mendapatkan uang DP lebih banyak agar mendapatkan cicilan semurah mungkin. Jika mengambil cicilan murah sebaiknya mengambil kredit maksimal 3 tahun cicilan, jadi apabila melebihinya maka biasanya akan ada dana perawatan yang diperlukan. Oleh sebab itu agar tidak berbenturan lebih baik mengambil cicilan maksimal 3 tahun.

Dengan mengetahui informasi masalah DP rendah atau cicilan murah diharapkan dapat memberikan informasi yang bermanfaat buat sobat otomotif semua. Selain itu dapat memberikan pandangan bagi sobat yang berniat membeli mobil dengan sistem kredit.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips & trik terbaru di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Jangan Salah, Ini Keuntungan Menyewa Mobil Dengan Sopir!
    Jangan Salah, Ini Keuntungan Menyewa Mobil Dengan Sopir! Abdul Tips & trik mobil

    Menyewa mobil merupakan salah satu pilihan tepat saat akan pergi liburan bagi keluarga yang tidak mempunyai kendaraan pribadi. Tentunya perjalanan menjadi lebih nyaman apabila dibandingkan dengan menggunakan transportasi umum. Saat menggunakan transportasi umum kerap sekali berebut tempat duduk dan juga kadang harus mengantri lama. Jika tidak bisa mengemudi tidak masalah, karena ada keuntungan menyewa mobil dengan sopir yang bisa dijadikan pertimbangan.

  • Ingin Liburan Dengan Mobil Pribadi, Jangan Lupakan Ini!
    Ingin Liburan Dengan Mobil Pribadi, Jangan Lupakan Ini! Abdul Tips & trik mobil

    Pergi liburan bersama keluarga tentunya akan menyenangkan. Selain untuk menghilangkan rasa penat setelah bekerja, berkumpul bersama keluarga menjadi salah satu kebahagiaan tersendiri. Namun dalam hal ini kenyamanan merupakan salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan. Apalagi saat liburan dengan mobil pribadi, tentunya terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan supaya tetap aman dan nyaman selama perjalanan.

  • Ingin Menyewa Mobil Untuk Pergi Liburan, Baca Dulu Tipsnya Agar Tidak Salah Pilih!
    Ingin Menyewa Mobil Untuk Pergi Liburan, Baca Dulu Tipsnya Agar Tidak Salah Pilih! Abdul Tips & trik mobil

    Menyewa mobil Untuk Pergi liburan merupakan salah satu langkah yang banyak diambil oleh masyarakat. Hal ini umumnya dilakukan karena tidak memiliki mobil yang tepat atau bahkan tidak punya mobil. Dibandingkan dengan naik transportasi umum, menggunakan mobil sendiri memang lebih nyaman.