Pakai Uap, Cobalah Cuci Mobil Sauna Buat Mobil Kembali Kinclong

13/02/2020 Abdul Tips & trik mobil

Di zaman sekarang tidak hanya manusia saja yang dapat melakukan mandi sauna. Bahkan mobil pun bisa mandi uap, penggunaan airnya pun lebih sedikit dan berbeda dengan cuci biasa yang memakai air dalam jumlah banyak. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cuci mobil sauna.

Adapun informasi mengenai cuci mobil sauna dilansir dari Detik.com, yang mana Sobat bisa melakukannya di salon mobil Studio Detail. Untuk lokasinya adalah di daerah Jalan Buncit Raya Gang 15 No 17, Jakarta Selatan. Pemilik Studio Detail tersebut bernama Dicky gunawan. Pihaknya memberikan informasi bahwa untuk cuci uap memang di Jakarta hanya ada beberapa tempat saja.

Gambar ini menunjukkan bagian interior sedang disemprot dengan uap

Saat fogging di akhir penyemprotan uap bisa menghilangkan bau kabin yang tidak sedap

>>> Baca Juga, Mengapa Harus Cuci Mobil Setelah Terkena Air Hujan, Ini Penjelasannya!

Dalam prosesnya penggunaan air cukup sedikit karena dengan memakai 1 ember saja sudah bisa digunakan untuk mencuci 1 mobil segmen MPV, itupun tidak habis. Bahkan melakukan cuci mobil tersebut terbilang aman dan pemilik tidak perlu khawatir kalau cat bodi akan rontok karena uap air.

"Cuci dengan tenaga uap yang memberikan kebersihan yang luar biasa, dengan pressure yang tinggi sekitar 5-10 bar jadi cukup kencang, untuk detailing mobil cukup kencang lah. Kemudian minim air satu mobil hanya sekitar 3 liter. Jadi waterless, tapi untuk kotoran yang menempel di bodi bisa terdorong karena pressure-nya yang tinggi. Selain ramah lingkungan, alat cuci mobil uap ini tidak kalah dengan air biasa yang banyak limbah airnya, ini waterless, jadi go green lah. Untuk cat aman, malah bagus uap panasnya itu buat menghilangkan oksidasi alias bekas wax atau shampoo yang selama ini kita pakai yang menyebabkan jamur," ujar Dicky.

Jadi untuk cuci mobil sauna uapnya berasal dari alat yang mengandalkan pemanas dengan bahan bakar gas dan juga listrik. Untuk mendapatkan tekanan yang cukup perlu menunggu sebentar, setelah itulah uap air dapat digunakan untuk mencuci mobil.

Dalam proses pembersihan, pertama kali dilakukan adalah pada bagian mesinnya dengan memakai uap. Pada prosesnya mengandalkan sedikit sabun, jadi pihak pemilik menyebutnya aman untuk mesin ataupun bodi dan juga interior mobil.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan mesin mobil sedang disemprot uap

Saat memberi uap pada mesin hanya menggunakan sabun sedikit

>>> Baca Juga, Mencuci Kolong Mobil, Jangan Lupa Cek Bagian Ini!

"Pakai sabunnya sedikit saja, biar kotoran yang berkerak di mesin bisa rontok, tenang aman kok," ujar Dicky. Barulah setelah itu bagian bodi yang diberi uap namun tidak pakai sabun. "Nah kalau bodi mobil tak perlu pakai sabun, cukup dilap saja, semua kotoran di bodi langsung rontok," ujarnya.

Hal berbeda dilakukan pada sektor kaki-kaki, yang mana pembersihannya mengandalkan sabun dan air biasa jadi tidak memakai uap untuk proses awalnya. "Soalnya takutnya masih banyak pasir di bawah jadi pakai air dulu," timpalnya.

Apabila bagian eksterior telah diberi uap maka selanjutnya bagian dalam. Yang mana ada hal menarik pada proses ini, jadi corong diarahkan ke bagian saluran AC dan tampak uap mengalir dari lubang AC yang lain. Setelah pemrosesan dashboard yang sebelumnya berdebu bisa rontok saat diberi uap dan proses pembersihan mengandalkan kain microfiber.

Dalam proses cuci mobil sauna ada tahapan terakhir yang dilakukan yakni melakukan fogging bagian dalam mobil.

"Jadi kita biarkan uapnya ada di kabin mobil beberapa waktu, agar bau-bau yang biasanya ada di kabin mobil hilang," ujarnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang mencuci mobil putih

Cuci mobil pakai air dan uap tentu ada perbedaan dalam proses dan penggunaan airnya

Dengan melakukan hal tersebut maka mobil dapat kembali kinclong. Pada bengkel milik Dicky pengerjaannya membutuhkan waktu 1 sampai 1,5 jam. Sementara tarif cuci mobil sauna adalah Rp. 350 ribu untuk full penguapan, namun bagi Sobat bila melakukannya pada bulan Februari masih ada promo Rp. 200 ribu. Apakah Sobat tertarik untuk mencobanya?

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International