Oli TMO Sulit Dipalsukan, Ini Alasannya

13/09/2020 Abdul Tips & trik mobil

Oli TMO sulit dipalsukan, jadi pada mobil Toyota disarankan menggunakan oli jenis tersebut untuk mesin dan transmisi supaya kondisinya tetap prima dan performa mumpuni. Sobat bisa melakukannya di bengkel resmi Toyota.

Mobil membutuhkan perawatan berkala supaya kondisinya tetap maksimal seperti servis berkala. Salah satu hal yang kerap dilakukan dalam servis berkala adalah mengganti oli mesin. Bagi mobil Toyota disarankan menggunakan oli TMO (Toyota Motor Oil). Oli TMO sulit dipalsukan sehingga membuat mobil terawatt dan performa tetap terjaga.

Gambar ini menunjukkan oli TMO dengan tutup warna biru

Perawatan mobil seperti ganti oli perlu dilakukan berkala

>>> Baca Juga, Kapan Waktu Mengganti Oli Transmisi Matik Yang Tepat?

Selain itu, penggantian juga perlu dilakukan sesuai jadwal  yang telah direkomendasikan pihak bengkel resmi Toyota. Dengan begitu, kualitas yang dimiliki pelumas tidak berkurang dan dapat melakukan kinerjanya dengan baik.

Kemasan botol oli mobil TMO dilakukan inovasi oleh pihak Toyota. Tujuannya adalah sebagai langkah pencegahan agar tidak terjadi pemalsuan. Baik itu pada kemasan ukuran 1 liter ataupun ukuran 4 liter, entah oli mesin ataupun oli transmisi.

Jadi terdapat beberapa poin yang membuat oli TMO sulit dipalsukan meliputi :

1. Desain Tutup Kemasan Dibuat Unik

Dengan menggunakan kemasan yang mempunyai desain unik membuatnya sulit saat akan dilakukan duplikasi. Dengan begitu pihak nakal akan kesulitan dalam pengedaran produk palsu. Untuk resikonya adalah dalam membuka oli TMO tergolong sulit karena terdapat beberapa tahapan. Adapun imbasnya adalah saat ingin ganti oli sendiri cukup repot.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menarik kait yang terdapat pada tutup botol. Bisa mencungkilnya dengan obeng bila susah, dengan memakai proses ini maka tutup akan rusak dan menjadi tanda bahwa botol sudah dipakai. Hal ini lah yang cukup membuat pemalsuan jadi sulit.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan beberapa tutup oli TMO dengan warna yang berbeda

Terdapat beberapa warna pada tutup botol oli TMO

>>> Baca Juga, Mengetahui Perbedaan Antara Oli Mobil Manual dan Matic Supaya Tidak Keliru

2. Terdapat Lapisan Plastik Transparan

Selanjutnya terdapat lapisan plastik transparan yang terdapat di bawah segel tutup botol untuk menjadi penutup hologram. Bagian ini perlu dibuka dan akan tampak lapisan hologram yang perlu dirobek supaya oli dapat dituangkan ke bagian mesin. Jadi tutup botol memang dibuat oleh pihak pabrik sekali pakai sehingga akan rusak setelah dibuka. Hal tersebut membuat oli TMO sulit dipalsukan.

3. Tutup Botol Dibalik Setelah Terbuka

Jika ternyata dalam pengisian masih terdapat sisa oli dalam wadahnya, maka bisa dengan menutup kembali dalam posisi tutup dibalik. Hal tersebut adalah tanda bahwa bitil pernah dibuka. Dari pihak Toyota sendiri tidak hanya fokus pada hologramnya saja karena ternyata bisa ditiru. Ditambah lagi dari segi hologram pihak konsumen tidak mengetahui apakah oli yang dibelinya hologramnya asli atau palsu.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan 3 botol oli TMO dengan tutup warna emas

Penggunaan oli yang tepat membuat mobil bekerja dengan baik dan tetap awet

5. Tutupnya Memiliki Perbedaan Warna

Oli TMO terdapat 7 produk di pasaran dan memiliki warna berbeda pada tutupnya. Contohnya adalah penggunaan tutup dengan warna biru maka menandakan oli sintetik yang ditujukan pada mobil bensin. Sedangkan warna kemasannya menjadi tanda dari jenis mesin meliputi diesel atau bensin, nilai viskositasnya dan tipe oli.

Oleh sebab itu saat Sobat biasa memakai oli TMO asli dengan tutup botol pakai warna biru dan ternyata di bengkel lain Sobat menemukan oli dengan tutup botol warna hijau maka oli tersebut palsu. Untuk memastikan keamanan dan keasliannya bisa mendatangi bengkel resmi Toyota. Jadi pihak Toyota sudah melakukan beberapa hal untuk membuat oli TMO sulit dipalsukan.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International