Oh Ini Alasan Harga Mobil Matic Lebih Mahal Dibanding Manual

28/06/2020 Abdul Tips & trik mobil

Ketika hendak membeli mobil baru, pilihan transmisi menjadi salah satu faktor pertimbangan. Buka tanpa sebab, pilihan transmisi ini akan berpengaruh terhadap beberapa hal termasuk harga jual. Jika diperhatikan, mobil matik memiliki selisih harga yang lebih mahal dengan selisih hingga 10 juta daripada mobil manual.

Saat ini, mobil matik lebih banyak digemari. Dibandingkan mobil manual, pengoperasiannya lebih mudah. Mobil bisa dijalankan hanya dengan fokus dengan gas dan rem. Berbeda dengan mobil manual di mana pengemudi harus menyeimbangkan dengan pedal kopling. Penggunaan mobil matik sangat berguna bila jalanan yang dilalui macet. Kamu tidak perlu repot untuk mengganti gigi saat jalanan berhenti dan berjalan kembali. Mengutip dari berbagai sumber, berikut alasan harga mobil matic lebih mahal dari mobil manual Dari Mobil Manual.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota yang menggunakan transmisi matic

Pilih mobil matic atau mobil manual?

>>> Lihat Juga, Kampas Rem Mobil Matic Lebih Cepat Habis, Jangan Kaget Ini Alasannya

Alasan Harga Mobil Matic Lebih Mahal Dari Mobil Manual

1. Dirancang Dengan Komponen Yang Kompleks

Seperti dijelaskan di atas bahwa mobil matic dibuat dengan dua pedal, yaitu gas dan rem. Sedangkan pada manual, ada tiga pedal yang harus kamu injak sesuai situasi, yakni rem, gas, dan kopling. Oleh sebab itu, saat mengendarai mobil manual, kedua kaki harus aktif mengendalikan pedal-pedal itu, dibandingkan dengan mobil matic yang hanya fokus pada satu kaki saja.

Rupanya berkat kemampuan tersebut transmisi matik dibekali dengan komponen yang lebih kompleks daripada manual, hal ini yang melandasi kenapa mobil matik lebih mahal daripada manual. Alasan itu juga kenapa mobil matik cenderung memiliki biaya servis yang lebih mahal.

Selain itu, mobil jenis matik bekas pun memiliki harga variatif lebih mahal dibandingkan manual. Sehingga dapat disimpulkan baik harga beli, harga jual hingga perawatan, mobil matik lebih menguras dompet daripada manual.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan tuas transmisi mobil matic

Transmisi mobil matic lebih mudah dalam pengoperasiannya

>>> Baca Juga, Hati-Hati, Perhatikan Hal Ini Saat Memilih Mobil Matic Bekas

2. Mobil Matik Semakin Canggih, Dapat Menghemat Bensin

Alasan lainnya yang membuat harga mobil matic lebih mahal adalah kecanggihannya. Sebagai teknologi yang lebih lama daripada mobil matik, mobil manual diklaim dapat menghemat biaya bahan bakar. Namun, seiring berkembangnya zaman dan teknologi baru, maka efisiensi penggunaan bensin pada mobil matik juga perlahan dapat menyaingi mobil manual.

Perlu diketahui ketika mengendarai mobil, perilaku pengemudi juga turut berperan dalam hematnya penggunaan bahan bakar. Maka hemat tidaknya sebuah mobil tidak dapat ditentukan dari jenis transmisi yang digunakan.

3. Meski Mobil Matik Mahal Namun Lebih Awet Terhadap Perilaku Pengemudi

Mobil matik yang dibuat canggih bertujuan untuk dikemudikan dengan bergerak mobilitas di jalan. Peralatan canggih yang disematkan ini mampu mengendalikan perpindahan antara gigi dengan mudah dan sederhana. Hal ini karena sistem hidrolik dan elektronik sudah dikombinasi dengan teknologi komputer.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang tuas transmisi mobil manual

Harga mobil manual lebih rendah dari mobil matic

Berbeda dengan manual, perilaku buruk dalam berkendara akan sangat berpengaruh terhadap sistem manual itu sendiri. Contohnya ketika melakukan pergantian gigi yang tidak seharusnya malah akan memicu kamu untuk mengganti kopling lebih sering dan harganya bisa lebih mahal dari matic.

Itulah Alasan harga mobil matic lebih mahal dari mobil manual. Meski masih ada perdebatan mana yang lebih baik dari segala aspek, namun kedua transmisi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kembali lagi, pilihan mobil disesuaikan dengan kebutuhan, selera dan juga kondisi keuangan yang kamu miliki.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International