Oh Ini Alasan Berkendara Di Medan Offroad Harus Pelan-Pelan

09/02/2019 Abdul Tips & trik mobil

Terdapat banyak jenis mobil yang dijual di Indonesia, mulai dari MPV, Sedan dan juga SUV. Selain itu juga diberikan sistem penggerak roda depan, belakang dan 4x4. Yang mana pada mobil dengan sistem penggerak 4x4 dapat lebih bebas untuk melibas segala medan jalan. Baik itu aspal halus ataupun berkendara di medan offroad.

Namun bagi sobat yang baru mempunyai mobil 4x4 sebaiknya memperhatikan segala sesuatunya saat berkendara di medan offroad. Alangkah baiknya untuk melakukannya dengan didampingi oleh sopir yang telah mempunyai pengalaman lebih.

Gambar ini menunjukkan mobil Offroad sedang mendaki jalanan terjal di gunung

Mobil dengan sistem penggerak 4x4 dapat digunakan diberbagai medan jalan

Tidak hanya itu saja, dalam menerjang jalanan offroad terdapat teknik dan cara yang benar dan aman supaya dapat melaluinya dengan baik dan tidak terjadi masalah. Salah satu yang dapat dilakukan adalah mengendarainya dengan perlahan dan tidak terburu-buru.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena jalanan offroad berbeda dengan  jalan raya yang biasanya mulus dan apabila rusak paling berlubang ataupun bergelombang. Dalam berkendara di medan offroad memang harus lebih berhati-hati, karena pada beberapa medan diharuskan untuk melaju secara lamban. Sebagai contoh ketika melintasi jalanan bebatuan dan mendaki bukit.

>>> Lihat Juga, Mengetahui 3 Jenis Mesin Pada Mobil Sebagai Tambahan Informasi

Apabila ngeyel melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi, maka resiko yang bisa saja terjadi adalah kendaraan jadi terbalik. Ditambah lagi bagi pengendara pemula yang belum tahu mengenai perhitungan yang tepat mengenai kemungkinan yang bisa terjadi. Memang bisa saja ditaklukkan, tapi jika tidak tahu tekniknya bisa menabrak benda lain di depan yang kadang sulit dihindari.

Apabila ingin yang lebih aman bisa mencari rute yang lebih rasional. Perkirakan rute yang akan dilewati, apakah bisa dilewati atau tidak. Jadi dalam hal ini akan lebih mudah untuk mencari rute alternatif dibandingkan dengan mencari seseorang untuk membantu. Jadi alangkah baiknya untuk mencari beberapa rute sebelum memutuskan untuk bepergian.

Gambar ini menunjukkan mobil offroad sedang melintasi jalanan yang penuh lumpur

Sebelum melintasi jalanan offroad perlu pertimbangan yang matang

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil terbaru

Jika ingin berkendara di medan offroad seperti genangan air juga harus berhati-hati. Tidak boleh sembarangan dalam menerjangnya, perlu beberapa perhitungan agar dapat terlewati dengan baik dan tidak ada masalah.

Adapun langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa kedalaman airnya. Jadi pengendara diharapkan turun terlebih dahulu dan memeriksa seberapa dalam genangan air yang akan dilewati. Hal tersebut dilakukan agar mengetahui rute mana yang bisa dilewati mobil sobat.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah arusnya. Jika arusnya ternyata terlalu kuat maka lebih baik berhati-hati. Namun sangat disarankan untuk mengurungkan niat saja dan mencobanya di lain waktu demi keamanan.

Jadi ketika telah diketahui kedalaman medan sungai yang akan dilewati dan dipastikan arusnya tidak berbahaya, selanjutnya adalah melaju dengan perlahan. Kadang terdapat beberapa anggapan bahwa dalam melewati genangan diharuskan untuk melaju dengan kencang. Padahal anggapan tersebut ternyata salah. Jadi pada saat melaju dengan kencang maka air menjadi naik dan menuju ke bagian kap mesin. Jika begitu maka pandangan jadi terhalang dan justru bisa membahayakan karena jalanan yang dilewati tidak diketahui.

>>> Baca Juga, Ini Yang Paling Ditakutkan Pengemudi Pemula Di Jalan Menanjak

Gambar ini menunjukkan mobil 4x4 sedang akan melewati sungai

Saat ingin melintasi sungai sebaiknya periksa kedalamannya terlebih dahulu

Bukan itu saja, resiko lainnya adalah mesin mobil dapat kemasukan air, terutama pada mobil offroad standar. Sebagai contoh adalah Land Rover yang mempunyai saluran hisap letaknya berada di balik kap mesin mobil. Namun untuk mobil yang telah dimodifikasi bisa lebih aman.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips berkendara di medan offroad. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengetahui harga mobil terbaru lainnya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Cek Bagian Ini Saat Kaca Samping Pada Mobil Susah Naik Turun
    Cek Bagian Ini Saat Kaca Samping Pada Mobil Susah Naik Turun Abdul Tips & trik mobil

    Mobil di jaman sekarang sudah tersedia beragam fitur modern dan memudahkan pengemudi dalam mengoperasikan komponen pada mobil. Salah satunya adalah power window yang berguna untuk memudahkan pengemudi dalam membuka dan menutup kaca samping. Namun hal tersebut bukan berarti tidak bisa terjadi masalah, karena kadang kaca samping pada mobil susah naik turun.

  • Menarik, Ini Dia Jenis Mobil Yang Cocok Untuk Pekerja Pemula
    Menarik, Ini Dia Jenis Mobil Yang Cocok Untuk Pekerja Pemula Abdul Tips & trik mobil

    Setiap orang tentunya mempunyai cita-cita yang ingin diwujudkan. Namun banyak anak muda yang baru bekerja ingin mempunyai kendaraan sendiri untuk mendukung segala aktivitas keseharian. Selain itu juga dapat digunakan untuk bergaya. Oleh sebab itulah kami akan memberikan informasi jenis mobil yang cocok untuk pekerja pemula.

  • Mengetahui Pengertian Dan Kelebihan Coating Mobil
    Mengetahui Pengertian Dan Kelebihan Coating Mobil Abdul Tips & trik mobil

    Saat ini coating mobil sedang ramai diperbincangkan di dunia otomotif. Banyak yang bertanya mengenai apa itu coating dan juga kelebihan yang dimiliki. Daripada penasaran, pada segmen kali ini kami berikan informasi mengenai arti dan kelebihan coating mobil.