Mudah, Begini Cara Mengisi Kartu E-Toll

22/06/2019 Abdul Tips & trik mobil

Di jaman sekarang sudah dibangun banyak jalan tol yang dapat dimanfaatkan masyarakat yang mempunyai mobil. Dengan melewati jalur tersebut bisa lebih cepat sampai dan terhindar dari kemacetan. Meskipun begitu, ada konsekuensinya yakni pengguna jalan harus membayar sesuai yang telah ditentukan. Dalam pembayarannya sekarang sudah praktis yakni menggunakan kartu E-Toll. Pengemudi perlu mengisi kartu E-Toll agar dapat digunakan saat melintasi gerbang tol.

Tidak dipungkiri lagi, umumnya jalan bebas hambatan banyak dipergunakan bagi mereka yang menempuh perjalanan jauh. Biayanya pun bervariasi tergantung jarak yang nantinya akan dilewati. Oleh sebab itu mengisi kartu E-Toll sangat diperlukan. Terdapat beberapa lokasi yang dapat digunakan untuk mengisi saldo.

Berikut ini merupakan beberapa tempat atau lokasi yang dapat dimanfaatkan untuk mengisi saldo E-Toll yang dimiliki.

1. Mini Market

Gambar ini menunjukkan salah satu minimarket untuk mengisi saldo E-Toll

Pengisian saldo E-Toll dapat dilakukan dengan mudah

Tempat yang pertama dan kerap dijadikan andalan dalam mengisi saldo adalah di Mini Market. Jadi sobat tinggal masuk dan tinggal bilang pada kasir Mini Market seperti Alfamart, Indomart dan lainnya. Jika bingung atau ragu karena baru pertama kali, untuk langkahnya adalah pengemudi tinggal masuk dan meminta kasir atau pegawai untuk melakukan Top Up E-Money dengan nominal yang diinginkan. Jika sudah jangan lupa meminta struk dan lihat kecocokan dengan saldo yang terisi.

Untuk berjaga-jaga dari kehabisan saldo E-Toll sobat bisa menyediakan kartu E-Toll lebih dari satu untuk cadangan.

>>> Baca Juga, Jangan Terlena Saat Melintasi Jalan Tol Lurus Dan Mulus

2. Melalui Handphone

Gambar ini menunjukkan onsel dan kartu E-Toll

Hanya handphone yang mendukung fitur NFC

Untuk cara mengisi kartu E-Toll yang kedua ini, menurut kami yang paling mudah. Hal tersebut dikarenakan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Jadi pengisian menggunakan handphone yang dimiliki dengan memenuhi beberapa syarat. Yang pertama adalah dengan melakukan pendaftaran di Mandiri Online. Dilanjutkan dengan mengunduh aplikasi Mandiri Online di AppStore untuk IOS dan Google Play untuk Android.

Syarat yang kedua adalah Handphone yang dimiliki telah mendukung fitur NFC. Fitur ini merupakan sebuah Hardware yang diberikan kepada Handphone dan tidak bisa diunduh. Bahkan tidak semua ponsel memiliki fitur ini. Setelah syaratnya terpenuhi dilanjutkan dengan menempelkan kartu E-Toll yang dimiliki ke bagian belakang dari ponsel. Dilanjutkan dengan menekan fitur isi saldo E-Money sesuai dengan keinginan sobat. Dengan begitu kartu E-Toll sudah bertambah saldonya.

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

3. Melalui ATM

Gambar ini menunjukkan layar ATM untuk top up kartu E-Toll

Banyak fasilitas yang bisa digunakan mengisi saldo tol seperti lewat ATM

Untuk cara ini terbilang formal dibandingkan dengan lainnya. Jadi terdapat beberapa Bank yang sudah menerapkan sistem untuk bisa mengisi saldo kartu E-Toll seperti BRI, BNI, Mandiri, BCA dan BTN. Selain itu, pastikan juga ATM terdapat logo E-Money yang menunjukkan bisa digunakan untuk pengisian.

Untuk tata caranya adalah dengan memasukkan kartu ATM ke mesin ATM dan masukkan PIN. Setelah itu pilihlah Uang Elektronik atau E-Money dan dilanjutkan dengan menekan tombol Top Up. Setelah melakukan hal tersebut sobat akan diminta memasukkan nominal saldo yang diinginkan untuk dimasukkan ke kartu E-Toll. Jika sudah tinggal menempelkan kartu E-Toll ke panel scanning, bila sukses tersambung dengan sistem maka tekan "Ya" pada mesin ATM dan saldo sudah masuk ke kartu E-Toll.

>>> Lihat Juga, Beberapa Alasan Mengapa Harus Mampir Rest Area Saat Lewat Jalan Tol

4. Di Stasiun KRL

Gambar ini menunjukkan penempelan kartu E-Toll di gerbang Tol

Kartu E-Toll mempermudah pembayaran tol di gerbang tol

Bagi sobat yang sedang berada atau tinggal di area Jabodetabek, transportasi bus TransJakarta atau Commuter Line yang menggunakan kartu serupa seperti E-Toll ataupun e-money maka bisa memanfaatkan loketnya. Jadi mengisi kartu E-Toll bisa dilakukan di tempat tersebut, hanya saja ada biaya admin sebesar Rp. 1500  saja.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

5. Mengisi Di Gerbang Tol

Gambar ini menunjukkan pengisian saldo E-Toll di gerbang Tol

Pengisian saldo E-Toll di gerbang tol memudahkan pengemudi saat saldo habis

Untuk metode pengisian yang terakhir termasuk yang toleran menurut kami. Jadi pengemudi yang lupa melakukan pengisian saldo E-Toll bisa Top Up di gerbang tol secara langsung. Hanya saja tidak semua gerbang tol memiliki fasilitas ini dan hanya terdapat di beberapa tempat saja.

Untuk gerbang tol yang ada fasilitas ini bisa melihat tabel di bawah yang kami kutip dari JalanTikus.com.

LOKASI

DAFTAR GERBANG TOL

Pulau jawa

Gerbang Tol Salatiga, Gerbang Tol Cikupa, Gerbang Tol Ungaran, Gerbang Tol Ramp Cikupa, Gerbang Tol Serang Timur, Gerbang Tol Cilegon Barat, Gerbang Tol Cilegon Timur

Jabodetabek

Gerbang Tol Cibubur, Gerbang Tol Cengkareng, Gerbang Tol Bekasi Barat, Gerbang Tol Ciledug, Gerbang Tol Cililitan, Gerbang Tol Kapuk, Gerbang Tol Sunter, Gerbang Tol Fatmawati 2, Gerbang Tol Dukuh 1, Gerbang Tol Pasar Rebo, Gerbang Tol Joglo, Gerbang Tol Halim, Gerbang Tol Pondok Raji, Gerbang Tol Meruya Selatan, Gerbang Tol Lenteng Agung 2, Gerbang Tol Pondok Aren, Gerbang Tol Pondok Pinang

Itulah beberapa lokasi mengisi kartu E-Toll yang bisa dijadikan tambahan informasi. Mungkin masih ada tempat lain yang terlewat jadi mohon maklum. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Lakukan Kebiasaan Kecil Ini Untuk Merawat Rem Mobil
    Lakukan Kebiasaan Kecil Ini Untuk Merawat Rem Mobil Abdul Tips & trik mobil

    Mobil menjadi alat transportasi untuk pergi ke suatu tempat yang diinginkan, baik dalam jarak dekat ataupun jauh. Oleh sebab itulah menjaga agar kondisinya maksimal perlu dilakukan salah satunya adalah sistem pengereman. Dengan merawat rem mobil maka selama perjalanan bisa lebih tenang.

  • Hati-Hati, Ini Dia Musuh Jok Kulit Sintetis Perlu Diwaspadai
    Hati-Hati, Ini Dia Musuh Jok Kulit Sintetis Perlu Diwaspadai Abdul Tips & trik mobil

    Jok mobil menjadi salah satu pendukung kenyamanan berkendara dengan mobil. Sehingga diperlukan perawatan dan juga pembersihan agar awet dan tetap bertugas dengan maksimal. Seperti misalnya jok kulit sintetis yang mudah dirawat. Hal tersebut karena untuk pembersihan dapat dilakukan dengan mudah dan juga tidak mudah kotor. Meskipun begitu, ternyata ada musuh jok kulit sintetis.

  • Beberapa Alasan Resiko Mobil Turun Mesin Bisa Diselamatkan Oleh Oli Mesin
    Beberapa Alasan Resiko Mobil Turun Mesin Bisa Diselamatkan Oleh Oli Mesin Abdul Tips & trik mobil

    Oli mesin mobil bisa diibaratkan sebagai darah untuk manusia. Jadi peranannya sangat penting sehingga perlu benar-benar diperhatikan. Ketika sudah lama tidak diganti atau volumenya telah berkurang maka disarankan untuk menggantinya dengan yang baru. Perlu diketahui bahwa resiko mobil turun mesin dapat diselamatkan dengan memperhatikan kondisi oli.