Mudah, Begini Cara Membuat SIM Internasional Dari Rumah

29/07/2020 Abdul Tips & trik mobil

Pada masa new normal semua kehidupan mengikuti tatanan kehidupan baru termasuk juga cara pembuatan SIM Internasional. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) baru-baru ini mengeluarkan sebuah layanan baru untuk pembuatan SIM (Surat Izin Mengemudi) Internasional. Kini membuat SIM Internasional dapat dilakukan secara online dari rumah kamu.

SIM khusus ini bukan cuma berlaku di Asia Tenggara saja, namun kamu juga bisa menggunakannya di negara-negara lain seperti di Eropa dan Amerika. Proses pembuatan membuat SIM Internasional pun tidak rumit dan tidak perlu datang ke gerai SIM atau kantor satpas yang mengharuskan kamu keluar rumah.

Gambar ini menunjukkan SIM Internasional Indonesia

Buat SIM Internasional bisa dilakukan di rumah

>>> Baca Juga, Tes Psikologi Saat Buat SIM, Ini Tujuan Dan Materi Yang Diuji

Membuat SIM internasional dari rumah cukup gampang, kamu tinggal mengakses alamat  http://sim.korlantas.polri.go.id/sim-internasional/ atau cukup menuliskan kata kunci di google dengan SIM internasional melalui browser bawaan smartphone atau komputer kamu.

Selanjutnya mendaftar online dengan berkas-berkas yang diperlukan yaitu Foto SIM, Foto pas foto warna latar belakang putih, foto KTP serta foto tanda tangan. Dokumen-dokumen tersebut kemudian semuanya diunggah untuk data diri.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan persyaratan membuat SIM Internasional

Siapkan syarat-syaratnya terlebih dahulu

>>> Baca Juga, Jangan Sampai Lupa, Ini Alasan Seseorang Gagal Membuat SIM A

Setelah proses unggahan selesai petugas akan melakukan verifikasi data. Kalau semuanya sesuai, kemudian petugas akan memberikan rekening bank BRI untuk kamu melakukan pembayaran layanan pembuatan SIM internasional dan jasa pengiriman.

Segeralah melakukan pembayaran agar petugas langsung mendapatkan konfirmasi pembayaran dan SIM Internasional kamu akan segera dikirim sesuai alamat yang tertera. Sebagai informasi, pembuatan SIM internasional dikenakan biaya Rp 250 ribu, baik motor maupun mobil. Sedangkan untuk memperpanjangnya akan dikenakan Rp 125 ribu dan akan berlaku hingga tiga tahun ke depan.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan salah satu tahapan dalam membuat SIM internasional

Jangan lupa mengisi biodata diri dengan lengkap

Demi pelayanan yang lebih baik, Polri membuat laman khusus untuk memberikan penilaian pelayanan dengan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) bagi yang telah melakukan pendaftaran ini. Kamu dapat mengaksesnya melalui website SIM Internasional.

Itulah Cara Membuat SIM Internasional dari rumah. Jadi tertarik buat SIM Internasional online dari rumah?

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International