Mobkas Avanza Dan Xenia Akan Bergejolak Karena Xpander Dan Wuling Confero?

04/12/2017 Adrian Suherman Tips & trik mobil

Kehadiran Mitsubishi Xpander dan Wulling Confero dinilai mengancam pasar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Meskipun, kedua produk tersebut telah lama menyandang gelar sebagai mobil paling laris di kelas low Multi Purpose Vehicle (MPV).

Sejumlah showroom mobil bekas di Jakarta Timur turut merasakan dampak dari kehadiran produk tersebut.

“Kalau dibilang berpengaruh, iya, seperti kelasnya Avanza, (Xpander) lumayan mukul pasar juga,” kata Tian dari showroom mobil bekas Aditya Motor kepada KompasOtomotif, Kamis (16/11/2017).

sebuah mobil MPV Daihatsu Xenia berwarna merah sedang hadir di sebuah pameran otomotif

Peminat Avanza-Xenia cukup tinggi

Ia menjelaskan, peminat Avanza-Xenia cukup tinggi sebelum adanya kabar kemunculan Xpander. Dalam satu hari, pasti ada saja calon pelanggan yang menanyakan mobil tersebut. “Biasanya lebih dari 2 atau 3, ada saja yang nanya Avanza. Tapi akhir-akhir ini enggak ada,” kata Tian.

sebuah mobil MPV berwarna silver sedang diparkir di jalan dan sampingya ada gunungan

Xpander dengan harga mulai Rp 189 jutaan

Sementara itu, senior manager Pusat mobil bekas WTC Mangga Dua, Herijanto Kosasih menilai wajar ada tren penurunan minat masyarakat terhadap Avanza dan Xenia. Khususnya, untuk mobil yang diproduksi pada 2014 dan setelahnya. Sebab, selisih harga mobil bekas kedua jenis ini tidak terpaut jauh dengan Xpander yang masih baru.

Ingin mengalami perasaan baru dengan model paling "hot" 2017 - Xpander, nikmati video ini 

Seperti diketahui bahwa Mitsubishi membanderol Xpander dengan harga mulai Rp 189 jutaan hingga Rp 246 jutaan untuk tipe tertinggi. 

"Untuk Avanza-Xenia tahun 2014 harga bekasnya Rp150 jutaan. Kalau tahunnya (produksinya) makin muda, maka harga jualnya juga makin mahal," tutur Herijanto saat dihubungi.

>>> Inilah review lengkap Toyota Avanza Veloz terbaru 2017 untuk siapa saja yang berminat

Dia pula menambahkan bahwa untuk Avanza dan Xenia yang diproduksi tahun 2014 ke bawah masih banyak peminatnya dan marketnya masih besar.

Sebab selisih harganya terpaut jauh jika disandingkan dengan Xpander. Duet Avanza dan Xenia yang diproduksi tahun 2013 saat ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 130 jutaan dan 120 jutaan.

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Mobil Tidak Dipakai Dalam Waktu Lama, Jangan Lupa Periksa Komponen Ini
    Mobil Tidak Dipakai Dalam Waktu Lama, Jangan Lupa Periksa Komponen Ini Abdul Tips & trik mobil

    Mobil tidak selamanya akan digunakan terus menerus untuk mendukung aktivitas. Kadangkala kita menemui suatu kondisi yang membuat mobil berdiam di garasi rumah tanpa dipakai. Jika mengalaminya maka terdapat komponen mobil yang perlu diperiksa. Tujuannya memastikan kondisinya tetap baik dan saat digunakan kembali tidak bermasalah.

  • Agar Lebih Hemat, Begini Tips Mengatur Uang Saat Berkendara Jarak Jauh Pakai Mobil
    Agar Lebih Hemat, Begini Tips Mengatur Uang Saat Berkendara Jarak Jauh Pakai Mobil Abdul Tips & trik mobil

    Mengemudikan mobil tidak hanya dalam jarak dekat saja, akan tetapi jarak jauh uga kadang dilakukan. Entah itu ingin pergi ke tempat saudara, pergi wisata atau memang ada acara tertentu. Dalam hal ini mengatur uang sangat diperlukan supaya perjalanan dapat lancar dan kebutuhan di jalan bisa tercukupi.

  • Benarkah AC Mobil Mati Dapat Buat Irit Bahan Bakar?
    Benarkah AC Mobil Mati Dapat Buat Irit Bahan Bakar? Abdul Tips & trik mobil

    Saat ini AC menjadi salah satu fitur yang terbilang wajib pada mobil. Hal tersebut karena dengan adanya fitur tersebut membuat perjalanan jadi lebih nyaman. Bahkan saat seseorang kerap merasa pusing ketika naik mobil tanpa AC, dengan adanya AC beberapa orang hilang rasa pusingnya. Yang kerap diperbincangkan adalah saat AC mobil mati bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat, benarkah?

International