Mobil Tidak Dipakai Dalam Waktu Lama, Jangan Lupa Periksa Komponen Ini

12/04/2021 Abdul Tips & trik mobil

Mobil tidak selamanya akan digunakan terus menerus untuk mendukung aktivitas. Kadangkala kita menemui suatu kondisi yang membuat mobil berdiam di garasi rumah tanpa dipakai. Jika mengalaminya maka terdapat komponen mobil yang perlu diperiksa. Tujuannya memastikan kondisinya tetap baik dan saat digunakan kembali tidak bermasalah.

Mengetahui komponen mobil yang perlu diperiksa saat mobil tidak dipakai dalam waktu lama dapat meminimalisir terjadinya masalah. Dengan begitu pengecekan bisa dilakukan dan dilakukan perbaikan atau mengatasi masalah yang terjadi pada komponen tersebut. Berikut ini merupakan beberapa komponen yang bisa saja mengalami masalah saat mobil didiamkan dalam waktu lama dan tidak dilakukan pemakaian.

1. Aki Mobil

Saat mobil didiamkan dalam jangka yang lama dan tidak digunakan maka bisa membuat aki lemah. Akibatnya menyalakan mesin mobil terasa lebih sulit, hal tersebut karena daya listrik mengalami penurunan. Dalam hal ini tergantung dari kualitas dan juga umur dari aki mobil. Apabila aki umurnya sudah tua maka dalam kehilangan daya bisa terjadi lebih mudah. Untuk pencegahan bisa menyalakan mesin mobil 5 menit seminggu 2 kali dan bisa menjalankan mobil sesekali supaya dapat terjadi pengisian daya pada aki mobil.

Gambar ini menunjukkan aki mobil dengan tutup kuning

Aki jadi sumber tenaga listrik pada mobil

>>> Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membangun Garasi Mobil di Rumah

2. Ban Mobil

Jika mobil tidak digunakan lama maka ban mobil bisa menjadi kempis. Apabila hal tersebut terjadi beresiko membuat ban mobil tertekan pada satu titik saja dan membuat ban mobil bentuknya berubah. Dengan begitu saat mobil dijalankan maka ketidak seimbangan ban mobil ketika berputar bisa terjadi. Biasanya tekanan angin yang berkurang pada ban karena karet penutup yang mengalami perubahan tekstur atau karena antara ban dan pelek terdapat bagian yang tidak rata. Solusinya dilakukan bersamaan pemanasan yakni memaju mundurkan kendaraan dan pastikan posisi pelek dan penutup berubah posisi.

3. Cakram Pada Rem Mobil

Munculnya karat pada piringan cakram menjadi hal yang lumrah karena menggunakan unsur besi. Namun apabila dibiarkan begitu saja maka sistem pengereman mengalami penurunan performa dan beresiko muncul bunyi saat mobil digunakan kembali setelah sekian lama. Nah solusinya hampir sama dengan penjelasan di atas yakni menjalankan mobil minimal sekali seminggu, dengan begitu karat akan hilang sendiri.

>>> Beberapa Fitur Mobil Untuk Perjalanan Jauh Dukung Keamanan & Kenyamanan

4. Saluran AC Mobil

Jadi saat AC mobil tidak dipakai dalam waktu lama bukan berarti dapat membuatnya lebih awet. Pada saat AC jarang dioperasikan maka bisa membuat udara yang berada di dalam kabin mobil tidak melakukan sirkulasi. Dengan begitu kuman dan pendapat debu bisa berada di saluran AC sehingga dapat membuat dampak pada kualitas dari udara di kabin. Oleh sebab itulah pada saat melakukan pemanasan mesin mobil diharapkan menyalakan AC antara 5 sampai 10 menitan seminggu sekali untuk minimalnya. Dengan begitu sirkulasi kabin bisa terjadi dan gas pendingin freon tidak mengalami pengendapan.

Gambar ini menunjukkan knob pengatur AC mobil

AC jika tidak dipakai tidak membuatnya lebih awet

>>> Parkir Di Luar Rumah, Perlukah Pakai Body Cover Mobil?

5. Oli Mesin

Oli menjadi bagian penting yang perlu diperhatikan, saat kehabisan atau kondisinya sudah tidak layak bisa beresiko membuat mesin bermasalah saat dalam perjalanan. Ketika mobil tidak dipakai dalam jangka lama maka oksidasi bisa dialami dalam ruang penyimpanan oli. Nantinya akan ada air yang terbentuk sehingga bisa membuatnya tercampur dengan oli dan senyawa kimia yang dimiliki oli dapat rusak.

Pemeriksaan filter oli juga penting, bahkan filter lain seperti filter udara, filter bensin dan filter AC juga perlu dilakukan. Hal tersebut penting karena filter bertugas untuk menyaring kotoran supaya tidak masuk ke bagian mesin mobil.

6. Cairan Pada Mobil

Di dalam mobil terdapat beberapa cairan yang perlu diperhatikan seperti air washer, minyak rem dan air radiator. Air radiator membuat mesin tetap dalam suhu normal dan tidak mengalami overheat  kemudian air washer membuat pembersihan kaca lebih maksimal dan mencegah terjadi goresan pada kaca serta minyak rem membuat pengereman bisa dilakukan dengan maksimal. Oleh sebab itu pengecekan cairan-cairan tersebut perlu  dilakukan.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan pengisian cairan radiator mobil

Terdapat beberapa cairan mobil, salah satunya cairan radiator

Demikianlah informasi mengenai komponen yang perlu diperiksa saat mobil tidak dipakai dalam waktu lama. Semoga bisa bermanfaat dan membuat mobil tetap dalam keadaan baik.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Mengenal Fungsi Dan Tanda Oli Gardan Pada Mobil Perlu Diganti
    Mengenal Fungsi Dan Tanda Oli Gardan Pada Mobil Perlu Diganti Abdul Tips & trik mobil

    Oli menjadi salah satu bagian penting pada kendaraan, dimana fungsinya menjadi pelumas. Namun oli sendiri terdapat beberapa di dalam mobil, dari mulai oli mesin, oli rem, oli transmisi, oli gardan dan lainnya. Banyak orang yang mengetahui tentang oli mesin atau hanya mengganti oli pada mobil saja. Hal tersebut tidak masalah, asalkan dibawa ke bengkel resmi secara berkala maka pihak mekanik akan mengurusnya. Nah kali ini kami akan membahas mengenai oli gardan pada mobil.

  • Jangan Menghalangi Mobil Ambulans Saat Berkendara Di Jalan, Ada Sanksinya Lho!
    Jangan Menghalangi Mobil Ambulans Saat Berkendara Di Jalan, Ada Sanksinya Lho! Abdul Tips & trik mobil

    Di jalan terdapat beragam jenis kendaraan dan pengguna jalan. Ada yang menjadi prioritas dan ada yang biasa saja, semuanya harus saling mengerti dan jangan menang sendiri. Salah satu yang perlu diprioritaskan saat berada di jalan adalah mobil ambulans. Bahkan terdapat sanksi menghalangi mobil ambulans di jalan ketika sedang membawa orang sakit atau jenazah.

  • Merawat Panoramic Sunroof Juga Perlu, Agar Lebih Awet Dan Tetap Fungsional
    Merawat Panoramic Sunroof Juga Perlu, Agar Lebih Awet Dan Tetap Fungsional Abdul Tips & trik mobil

    Panoramic sunroof merupakan salah satu fitur pada mobil yang tidak semua mobil memilikinya. Meskipun begitu, pada mobil yang ada fitur tersebut diharapkan untuk merawat panoramic sunroof. Dengan melakukan perawatan diharapkan fungsinya tetap terjaga dengan baik.

International