Mobil Mogok di Jalan, Berikut Langkah Jumper Aki Mobil Yang Aman

16/05/2019 Abdul Tips & trik mobil

Kendaraan mempunyai aki mobil untuk dijadikan sumber daya listrik. Sehingga beberapa sistem kelistrikan dapat bekerja dengan baik, bahkan untuk menyalakan mesin mobil membutuhkan kinerja dari aki. Apabila soak dalam perjalanan tentunya membuat bingung pengendara. Jika jauh dari bengkel atau toko otomotif maka jalan satu-satunya adalah melakukan jumper aki mobil.

Melakukan jumper aki mobil membutuhkan aki kendaraan lain. Jika sobat mengalaminya maka bisa meminta bantuan pengendara lain yang melintas. Usia aki mobil sendiri berkisar antara 1 sampai 2 tahun. Seiring pemakaian maka kinerjanya akan menurun, perawatan juga diperlukan agar tetap dalam kondisi prima dan usia pakai dapat lebih lama. Jika sudah tidak maksimal dari kinerja aki maka sebaiknya diganti dengan yang baru.

Gambar ini menunjukkan 2 buah mobil berjejer dengan kabel jumper aki mobil yang menempel

Jumper aki menjadi salah satu solusi saat mobil mogok karena aki lemah

>>> Beberapa Faktor Yang Berpengaruh Pada Ketahanan Aki Mobil

Apabila aki soak dalam keadaan sedang di jalan, maka tindakan antisipasi yang dapat dilakukan adalah jumper aki. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk membawa kabel jumper aki di dalam mobilnya untuk jaga-jaga, selain itu juga dapat dipakai untuk membantu orang lain yang bermasalah. Harga kabelnya pun tidak terlalu mahal, hanya berkisar Rp. 100 ribu sampai Rp. 200 ribuan saja. Dalam proses jumper aki harus dilakukan dengan benar dan aman supaya tidak muncul percikan api ataupun hubungan arus pendek.

Berikut ini beberapa tips melakukan jumper aki mobil yang aman:

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menempatkan mobil dengan tepat. Posisikan kedua mobil baik yang sehat atau yang mau di jumper tidak mengganggu kendaraan lain yang melintas. Tempatkan kedua mobil saling berdekatan namun jangan sampai bersentuhan, yang terpenting kabel bisa sampai antara aki soak dan yang sehat. Hal tersebut dilakukan untuk berjaga-jaga agar tidak terjadi hubungan arus pendek yang bisa membahayakan.

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan kabel jumper aki dengan warna merah dan hitam

Kabel jumper perlu dibawa saat menempuh perjalanan

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Setelah posisinya tepat, selanjutnya memakai sarung tangan dengan bahan karet untuk keamanan. Barulah dilakukan pengecekan lokasi kutub (+) positif dan (-) negatif pada aki mobil. Pada umumnya untuk kutub positif menggunakan warna merah dan kutub negatif dengan warna hitam. Dengan memperhatikan dengan benar diharapkan dalam melakukan jumper aki tidak terjadi masalah.

Tahap selanjutnya untuk melakukan jumper aki mobil adalah mempersiapkan kabel jumper. Posisikan klem penjepit dengan kabel warna merah ke bagian kutub positif pada aki yang sehat. Kemudian sambungkan klem kabel pada kutub aki yang soak juga pada kutub positif. Setelah itu, barulah kabel warna hitam ditempatkan di kutub negatif pada aki mobil. Dilanjutkan dengan memasangkan klem warna hitam ke bagian sasis atau dudukan baut yang menggunakan bahan logam. Diharapkan untuk menjauhkan kabel dari komponen mesin mobil yang bergerak seperti kipas dan lainnya untuk keamanan.

Setelah semuanya terpasang, dilanjutkan dengan menyalakan mesin mobil yang memiliki aki sehat beberapa menit. Jagalah putaran mesin supaya tetap berada di atas 1.000 rpm. Selanjutnya mencoba menghidupkan kendaraan yang memiliki aki lemah. Apabila belum bisa dinyalakan, maka lakukan proses jumper sedikit lebih lama. Ingat matikan fitur yang beresiko memberatkan kinerja dari aki seperti misalnya lampu, audio dan lainnya supaya pengisian aki menjadi lebih cepat.

>>> Baca juga, Mengenali Penyebab Aki Mobil Cepat Tekor Harus Diwaspadai

Gambar ini menunjukkan ilustrasi cara melakukan jumper aki mobil

Lakukan jumper aki dengan benar untuk keamanan

Apabila mesin sudah dapat dihidupkan, maka selanjutnya untuk proses jumper aki mobil adalah dengan melepaskan kabel jumper dengan hati-hati. Lepaskan kabel yang terhubung dengan kutub negatif terlebih dahulu. Biarkan beberapa saat mesin menyala supaya aki dapat terisi dengan lebih banyak. Apabila sudah dirasa normal dan aman selanjutnya mobil siap dibawa menempuh perjalanan kembali. Alangkah baiknya untuk segera dilakukan pengecekan atau penggantian supaya tidak terjadi lagi di jalan.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Tips Mencuci Mobil Ala Profesional Dari Nissan
    Tips Mencuci Mobil Ala Profesional Dari Nissan Abdul Tips & trik mobil

    Mencuci mobil untuk hasil maksimal biasanya dibawa ke tempat cuci professional. Dalam hal ini melakukannya dapat 1 bulan sekali, karena jika seminggu sekali maka biaya pengeluaran jadi membengkak. Jika kondisi mobil sudah kotor padahal belum ada satu bulan jangan khawatir. Dari pihak Nissan memberikan tips mencuci mobil ala professional yang dapat dilakukan.

  • Ketahui Keuntungan Mobil Standar Pabrik Sebelum Melakukan Modifikasi
    Ketahui Keuntungan Mobil Standar Pabrik Sebelum Melakukan Modifikasi Abdul Tips & trik mobil

    Salah satu hal bagi pemilik kendaraan yang bisa membuat kecanduan dan terasa mengasyikkan adalah melakukan modifikasi. Hal tersebut dikarenakan mobil yang dimiliki akan mengalami perubahan akibat penambahan aksesoris ataupun perubahan bentuknya. Namun namanya modifikasi tentunya ada efek samping sebagai konsekuensinya. Namun tahukah sobat, bahwa terdapat beberapa keuntungan mobil standar pabrik jika tidak dilakukan modifikasi.

  • Hindari Mengatur Barang Di Bagasi Mobil Terlalu Tinggi, Ada Aturan Mainnya Lo
    Hindari Mengatur Barang Di Bagasi Mobil Terlalu Tinggi, Ada Aturan Mainnya Lo Abdul Tips & trik mobil

    Membawa barang bawaan memang menjadi salah satu hal yang perlu bagi kebanyakan orang. Hal tersebut bertujuan untuk melakukan persiapan agar saat sampai tujuan bisa melakukan aktivitas dengan lebih sempurna sehingga tercipta kenyamanan. Namun yang perlu diingat adalah mengatur barang di bagasi mobil tidak boleh terlalu tinggi karena berpotensi bahaya.