Mobil mewah murah dengan anggaran mulai dari Rp 50 jutaan

Sejatinya banyak orang Indonesia yang bermimpi untuk punya mobil. Jika uang menjadi kendala, ada kiatnya untuk membawa pulang mobil idaman. Penasaran? Begini langkah-langkahnya

Secara umum, masih banyak konsumen otomotif di Indonesia yang memiliki sudut pandang  membeli mobil itu harus baru. Memang betul, mobil baru punya nilai jual unggulan seperti (relatif) bebas masalah dan nyaman, garansi produk masih panjang, gengsi  barang baru  dan tentunya bukan gudang masalah orang lain. Padahal, mungkin saja bukan mobil baru yang mereka butuhkan. Melainkan, mobil tidak baru namun menawarkan berbagai nilai jual lainnya.

Seiring perjalanan waktu, selera konsumen pun bergeser. Mereka mencari kenyamanan dan kemewahan yang tidak selalu bisa ditawarkan oleh mobil baru. Maksudnya begini, daripada membeli mobil baru dengan kelas murah, mengapa tidak mencoba untuk mencari mobil bekas namun memiliki kenyamanan dan kemewahan yang lebih baik? 

Mobil mewah murah dengan anggaran mulai dari Rp 50 jutaan

Di sini  tersedia beragam pilihan mobil dengan harga terjangkau, termasuk mobil mewah

Definisi Mobil Mewah

Di Indonesia, ada banyak definisi tentang mobil mewah. Ada versi pemerintah, asosiasi, pabrikan mobil, komunitas, pedagang, hingga orang awam. Jujur saja, agak sulit mencari definisi mobil mewah murah yang paling pas. Sebab ada banyak perbedaan sudut pandang dari berbagai pihak sesuai dengan kepentingan mereka masing-masing.

Karena membingungkan, mungkin lebih pas memakai definisi buatan sendiri. Jika menurut  definisi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBB), mewah adalah kata sifat yang berarti:

  1. Serba banyak
  2. Serba indah
  3. Serba berlebih 

Intinya, mobil mewah murah ya mobil yang menawarkan kemewahan. Dalam artian serba banyak, serba indah dan serba berlebih. Misalnya, sebuah mobil memiliki fitur berlimpah dibandingkan dengan mobil, ya sudah masuk kategori mobil mewah. Begitu juga dengan kabin yang serba indah, ya terlihat mewah. Atau berlebih dalam hal kapasitas mesin, ya jadi mewah. Makanya, ada saja konsumen yang mencari mobil mewah murah karena memberikan kenyamanan yang tidak bisa disuguhkan oleh mobil lain (mobil baru sekali pun). 

Definisi Mobil Mewah

Mercedes-Benz S-Class, salah satu yang menciptakan definisi mobil mewah

Mobil Mewah murah di Indonesia

Supaya mudah, ada beberapa pembagian definisi mobil mewah murah di Indonesia berdasarkan sejumlah kategori sebagai berikut;

1. Merek

Menurut pandangan umum, mobil mewah lekat dengan merek asal Eropa seperti Audi, BMW, Mercedes-Benz, Jaguar dan lainnya. Pada sisi lain, merek Jepang juga memiliki divisi mewah dengan nama Acura (Honda), Infiniti (Nissan), Lexus (Toyota). Sedangkan pabrikan Amerika Serikat punya merek mewah yang terkenal di Indonesia semisal Cadillac. 

2. Kapasitas Mesin

Kalau menurut perhitungan pajak, mobil dengan mesin berkapasitas 3,0 liter ke atas dikategorikan sebagai mobil mewah. Sebetulnya ini agak rancu karena mobil lama seperti Toyota Land Cruiser seri 40 bermesin 4,2 liter tentunya bukan mewah. 

3. Kelengkapan Fitur

Jaman sekarang semakin banyak mobil kelas entry level yang menawarkan segudang fitur terutama fitur keselamatan. Bukan bermaksud untuk bermewah-mewah, melainkan karena sudah menjadi standar global yang berlaku di seluruh dunia. Di Indonesia tentu saja hanya meneruskan konsensus global karena belum mempunyai standar yang baku.

4. Persepsi Publik

Uniknya, pemahaman mobil mewah murah di Indonesia didominasi oleh persepsi publik terhadap aspek merek, bukan aspek teknis produk. Intinya, mobil yang  dianggap mewah antara lain  merek-merek seperti Audi, BMW, Infiniti, Jaguar, Land Rover, Lexus, Mercedes-Benz, Jaguar, Porsche. Sementara merek Eropa seperti Peugeot, Renault, Volkswagen tidak dianggap mewah walau punya produk mewah. Begitu pula merek Jepang seperti Honda, Nissan, Toyota dinilai merek  biasa  meski punya sederet produk mewah.

Mobil Mewah di Indonesia

Lexus, merek mobil mewah asal Jepang yang tergabung dalam Toyota Group 

Mobil Mewah Murah

Menilik mobil-mobil mewah murah tadi, jelas semua merek berlomba memasarkan produk kelas premium yang sudah pasti harganya di atas jangkauan konsumen kebanyakan. Namun konsumen yang ingin punya mobil mewah tidak perlu rendah diri. Saat ini semakin banyak mobil premium yang dipasarkan dengan harga terjangkau. O iya, wajib diingat, kondisinya bekas (seken). Sebab, sudah menjadi karakter dasar untuk  pasar otomotif Indonesia kalau mobil kelas premium memiliki nilai jual kembali (resale value) yang turun cukup banyak alias depresiasi relatif tinggi.   

Mari Berburu 

Nah, sekarang  mari berburu mobil mewah murah dengan anggaran mulai dari Rp 50 jutaan. Dari beberapa situs jual beli mobil bekas, untuk kelas harga Rp 50 jutaan sudah bisa membawa pulang Daihatsu Xenia generasi awal (tahun 2003-an), Opel Blazer, Toyota All New Corolla. Jujur saja, semuanya bukan mobil mewah alias  mobil biasa.

Seandainya tersedia budget lebih (semisal Rp 60 juta), Anda boleh melirik BMW 523i era nineties (1990-an), tepatnya  tahun 1996. Salah satu  yang terbaik dalam keluarga Seri 5, sedan  dengan kode E39 ini  sudah dilengkapi transmisi otomatis Tiptronic dan mesin 2,5 liter. Apa yang Anda dapatkan? Tentu saja gengsi, lalu aura kemewahan dan pastinya kenyamanan serta keasyikan mengemudi. Kalau Anda ingin sedan BMW yang lebih kompak, beberapa gerai mobil bekas menawarkan pilihan lain berupa BMW 323i.   

Jika masih ada budget, coba naik ke segmen Rp 80 juta. Terdapat pilihan yang lebih banyak semisal BMW 325i tahun 2001. Sedan kompak  dengan  kode E46 ini terkenal fun to drive dan menawarkan desain yang timeless. Lalu ada Mercedes-Benz A160 yang hadir  di pasar otomotif Indonesia pada tahun 2000. Si kompak  A-Class dengan  mesin 1,6 liter ini menjadi salah satu ikon kebanggan “the three pointed stars’. Kalau A-Class terasa kurang lapang, masih ada pilihan Mercedes-Benz C200 2001 dengan kode W203 dan bermesin 2,0 liter. Asyik kan?

Bagaimana dengan anggaran Rp 100 juta? Jika ingin melirik merek Jepang, terdapat pilihan Honda Accord 2006 dan Toyota Camry keluaran 2003-2007 yang dulu pernah menjadi mobil dinas kabinet. Atau ingin MPV dengan daya angkut penumpang yang banyak? Silakan mempertimbangkan Hyundai H1 keluaran tahun 2008-2013 yang dilepas dengan rentang harga Rp 70 jutaan hingga Rp 100 jutaan. 

Untuk kelas harga Rp 120 juta, tingkat kemewahan yang didapatkan juga sesuai ekspektasi. Jika ingin MPV, beberapa gerai mobil bekas menyediakan Toyota Alphard generasi pertama (2003) yang dijual Rp 120 juta - Rp 150 juta tergantung kondisi. Bagi penyuka sedan Eropa, pilihannya antara BMW E60 530i dan Mercedes-Benz C240 W203  dengan harga mulai Rp 120 jutaan. 

Kemudian muncul pertanyaan, apakah Toyota Corolla Altis termasuk mobil mewah murah? Menilik persepsi konsumen, Corolla Altis masuk kategori bukan mobil mewah. Contohnya, konsumen diberi pilihan antara Toyota Corolla Altis 1,8 liter dan BMW 318i, mobil mana yang mendapatkan predikat mewah? Langsung saja telunjuk mengarah kepada BMW 318i. 

 

FAQ umum

1. Dana Rp 50 juta dapat mobil apa?

Dengan dana Rp 50 jutaan, Anda bisa mendapatkan  Toyota Kijang 1.8 LX (2004),  Kia Carnival (1999), Isuzu Panther 2.3 (1994), Toyota Kijang Grand Extra 1.5 (1996), Mitsubishi Kuda 1.6 Super Exceed (1999). Atau pilihan SUV seperti Opel Blazer 2.2 (1997),  Chevrolet Tavera 2.2 (2003), Nissan X-Trail 2.5 (2003), Chevrolet Blazer 2.2 (1996)

2. Mobil apa yang harganya Rp 30 juta?

Berbekal anggaran Rp 30 jutaan, Anda bisa membawa pulang mobil bekas seperti BMW Seri 3 E30, Daihatsu Zebra Espass, Honda Accord Prestige, Isuzu Panther, Suzuki Baleno, Toyota Starlet, Mitsubishi Lancer (Dan Gan)

3. Apakah Toyota Corolla Altis termasuk mobil mewah?

Toyota Corolla Altis termasuk mobil mewah pada masanya dan pada segmen pasarnya.

4. Mobil apa yang mewah?

Pemahaman mobil mewah adalah persepsi yang bersifat relatif sehingga tidak mudah membuat definisi yang bersifat baku. Ada yang menilai mobil mewah berdasarkan mereknya. Ada juga yang menilai mobil mewah berdasarkan fiturnya. Ada lagi yang menilai mobil mewah karena tampilan kabin. Sebagai acuan, bisa disebut mobil mewah antara lain Rolls-Royce, Maybach.   

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

Harga mobil terbaru

International