Mobil Listrik Menerjang Banjir, Aman Atau Tidak?

13/01/2020 Abdul Tips & trik mobil

Saat ini tren mobil listrik sedang naik daun, namun musim hujan tiba dan bisa saja menemui banjir di jalan. Yang jadi pertanyaan adalah apakah aman mobil listrik menerjang banjir?

Mobil listrik sekarang mulai diminati oleh masyarakat di Indonesia, bahkan secara resmi ada pabrikan yang telah menjualnya. Bahkan ada kendaraan listrik di Indonesia yang sudah dijadikan taksi oleh salah satu perusahaan. Akan tetapi kadang muncul pertanyaan yang cukup menarik, yang mana berkaitan dengan mobil listrik menerjang banjir.

Gambar ini menunjukkan mobil Hybrid Toyota Prius warna biru

Saat ini mobil listrik sedang tren dan mulai banyak dilirik

>>> Baca Juga, Beberapa Tips Merawat Mobil Hybrid, Tidak Jauh Beda Dengan Mesin Konvensional

Seperti yang telah diketahui, bahwa sistem kelistrikan akan terganggu saat terkena air dan bisa menyebabkan konslet. Akan tetapi ternyata hal tersebut telah diperhitungkan oleh pihak pabrikan. Komponen di dalam mobil seperti kabel, baterai dan perangkat lainnya telah dirancang supaya aman terhadap air. Dengan begitu pengemudi serta penumpang diharapkan untuk tidak merasa khawatir, terutama saat akan menerobos banjir.

Meskipun begitu, masih ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan seperti kedalaman banjir dan jalanannya apakah terdapat lubang atau tidak. Selain itu tidak disarankan untuk melakukannya secara berulang-ulang. Walaupun komponen pada mobil telah terlindungi dengan seal atau segel, tapi jika terkena air terus menerus maka komponen tersebut bisa cepat rusak.

Jadi ketika diharuskan mobil listrik menerjang banjir dan air tidak terlalu tinggi maka bisa melakukannya. Namun apabila ada jalan lain maka disarankan untuk melewati jalan lain yang lebih aman.

Berkaitan dengan hal tersebut, dari pihak Boediarto selaku Head of Technical Service Sales and CS Support Department PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memberikan pernyataan. Jadi umumnya untuk motor listrik dan baterainya aman untuk digunakan melewati genangan air.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan mobil warna putih menerjang banjir

Meskipun aman tapi jangan menerjang banjir terlalu sering cukup saat mendesak saja

>>> Baca Juga, Toyota: Mobil Listrik Untuk Indonesia Sesuai Kebutuhan Konsumen

"Kan baterainya ada di alam mobil sudah terlindung, itu sebenarnya tidak hanya Outlander PHEV, umumnya pabrikan mobil merancang mobilnya aman melintasi banjir tapi kalau terpaksa, kalau bisa dihindari. Batasnya itu setengah ban, nah untuk Outlander PHEV ini berlaku hal yang sama," jelasnya dilansir dari laman Kumparan.

Sementara untuk masalah korsleting, dari pihak Hari Arifianto selaku Deputy Director Marketing Communication PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) menyebutkan bahwa untuk mobil listrik telah diberikan sistem mati otomatis. Yang mana sistem tersebut dijadikan pengaman ketika menghadapi kondisi darurat.

"Itu aman saat banjir karena ada sistem auto shutdown. Karena membantu mengamankan tegangan tinggi supaya tidak memberi electric shock (setrum) kepada pelanggan maupun orang sekitarnya. Kita udah mulai (mengedukasi) dari berapa tahun belakangan ini," jelas Hari.

Jadi dengan melihat penjelasan di atas, maka mobil listrik menerjang banjir masih aman dilakukan. Hanya saja menurut kami terbilang sama dengan mesin konvensional, yang mana saat ingin menerjang banjir diharapkan mengetahui batasannya yakni air tidak melebihi setengah ban. Selain itu, setelah selesai menerjang banjir sebaiknya dibawa ke bengkel resmi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk keamanannya.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan banyak mobil sedang antri ingin melewati banjir

Tetap perhatikan ketinggian banjir dan jalan yang tergenang ada lubang atau tidak

Demikianlah informasi mengenai mobil listrik menerjang banjir aman atau tidak. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca