Mobil Dengan Sistem Penggerak Roda Belakang, Ini Kelebihan Dan Kekurangannya

14/08/2020 Abdul Tips & trik mobil

Saat ini kita disuguhi sistem penggerak roda mobil dengan tiga jenis tipe yaitu, mobil penggerak roda depan (FWD), mobil berpenggerak roda belakang (RWD) dan mobil penggerak semua roda atau lebih umum disebut 4WD. Untuk kali ini kami akan membahas sistem penggerak roda belakang.

Sistem penggerak roda belakang paling laku di Indonesia adalah Toyota Avanza, Toyota Fortuner, Isuzu Panther, Wuling Confero, dan Toyota Kijang Innova. Terdapat sejumlah alasan kenapa orang-orang cukup menggemari mobil jenis penggerak roda belakang ini.

Setidaknya pemilik mobil diuntungkan dalam beberapa hal yaitu mobil yang bergerak maksimal saat menghadapi jalanan tanjakan, cocok digunakan dalam kondisi lintasan jalan yang kurang mulus dan jumlah penumpang yang banyak di dalam mobil sehingga membutuhkan banyak ruang.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Avanza tampak bagian depan

Toyota Avanza salah satu mobil dengan sistem penggerak RWD

>>> Baca Juga, Kelebihan dan Kekurangan Mobil dengan Penggerak Roda Depan

Kelebihan Sistem Penggerak Roda Belakang

1. Roda Mobil Yang Kuat Dan Kokoh

Keunggulan mobil dengan sistem penggerak RWD yaitu mempunyai roda yang kokoh dan amat kuat. Faktor ini disebabkan oleh desain penggerak yang dirancang sederhana. Apabila sistem ini mengalami masalah, maka biaya perbaikan untuk mobil jenis ini lebih murah ketimbang sistem mobil penggerak roda depan.

2. Keseimbangan Yang Baik

Kelebihan sistem penggerak roda belakang selanjutnya yaitu keseimbangan yang baik. Saat digunakan dalam kecepatan yang tinggi, mobil penggerak belakang cenderung memiliki keseimbangan yang lebih baik dibandingkan dengan mobil roda penggerak lainnya. Hal ini dikarenakan berat belakang dan depan memiliki kesamaan disertai dengan panjangnya roda di belakang.

3. Kemampuan Menahan Beban Yang Berat

Celah antara perpindahan putaran mobil dengan skema seperti ini cukup jauh karena motor yang menggerakkan mobil bersumber dari roda belakang. Konstruksi mobil, Power Train terletak di posisi yang lebih sentral ketimbang dengan mobil penggerak roda depan. Power Train sendiri adalah kumpulan komponen yang memiliki tugas untuk menyalurkan tenaga. Hasilnya, kekuatan komponen ini pun sanggup memberikan tenaga besar dari mesin ke roda meskipun mobil melaju dalam kecepatan tinggi.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan rangka sistem penggerak roda belakang

Terdapat kelebihan tersendiri untuk mobilo dengan sistem RWD

>>> Lihat Juga, Oh Ini Alasan Berkendara Di Medan Offroad Harus Pelan-Pelan

Kekurangan Sistem Penggerak Roda Belakang

1. Mobil Jadi Lebih Berat

Mobil yang digerakkan oleh roda bagian belakang umumnya mengalami perpanjangan roda belakang sehingga berat beban mobil jadi lebih besar. Hal ini berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar yang lebih boros. Tidak hanya itu, biaya produksi perakitan untuk mobil jenis ini lebih mahal daripada mobil sistem lainnya. Keadaan ini juga berpengaruh terhadap nilai jual mobil.

2. Ban Belakang Yang Lebih Cepat Halus

Berbeda dengan mobil penggerak roda depan, ban mobil roda belakang memiliki risiko aus atau kebotakan dini yang lebih tinggi. Faktor ini dikarenakan oleh roda belakang yang menanggung beban lebih banyak.

3. Tidak Dalam Kontrol Penuh Saat Jalanan Licin

Kekurangan sistem penggerak roda belakang yang terakhir yaitu kendali mobil menjadi berkurang saat mobil menghadapi jalanan yang licin. Karena penggerak mobil ban belakang cukup susah mengendalikannya, hal ini berbeda dengan sistem penggerak roda depan. Selain jalanan licin karena hujan, jenis mobil ini juga susah dikendalikan saat menghadapi jalanan yang berpasir dan licin karena daya dorongnya yang berada di pada titik roda belakang.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan ilustrasi mobil dengan komponen sistem penggerak roda belakang

Sisitem penggerak RWD juga ada kekurangannya

Untungnya, mobil dengan sistem penggerak semacam ini mempunyai sistem kontrol traksi yang  berfungsi untuk mengendalikan mobil di jalanan licin saat kecepatan tinggi. Itulah Kelebihan dan kekurangan sistem penggerak roda belakang. Setelah mengetahui baik buruknya, apakah kamu lebih yakin membeli mobil dengan sistem penggerak RWD atau malah sebaliknya?

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International