Mobil China Runtuhkan Dominasi Avanza-Xenia di Pasar Mobil Bekas

30/09/2018 Fatchur Sag Tips & trik mobil

Benar-benar kasihan duet Avanza-Xenia harus melorot dimana-mana, mobil barunya dihantam Mitsubishi Xpander sementara mobil bekasnya diganggu merek China, Wuling Confero.

Foto Toyota Avanza bekas di sebuah dealer

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia bukan lagi buruan favorit pedagang mobil bekas (foto:seva.id)

Hingga saat ini status Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia sebagai mobil sejuta umat memang belum bergeser dikarenakan populasinya luar biasa banyak mencapai jutaan unit. Namun sejak awal 2018 pamor keduanya mulai memudar. Siapa lagi kalau bukan Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero S yang jadi penyebab. Diakui atau tidak, kehadiran keduanya di Indonesia telah mengubah peta persaingan di segmen low MPV.

Mitsubishi Xpander yang tampil sangat segar, futuristik dan unik sukses menjadi primadona baru mobil keluarga Indonesia. Penjualannya melesat tajam hingga menimbulkan antrean panjang, bahkan hingga saat ini atau sekitar satu tahun Mitsubishi belum bisa merampungkan pengiriman unit ke konsumen. Bukan karena tak ada peningkatan produksi, tapi karena pesanan yang masuk terus mengalir deras.

>>> Review Toyota Avanza 2018: Tetap Bertahan Meski Diguyur Hujan Rivalitas

Foto Mitsubishi Xpander tampak dari samping depan

Mitsubishi Xpander sukses meruntuhkan dominasi Toyota Avanza (foto:Youtube)

Wuling Confero S pun demikian. Meski tidak mencatatkan penjualan se-booming Xpander, Wuling Confero S sukses mengganggu dominasi Avanza-Xenia di pasar mobil bekas hingga namanya kian meredup. Dengan harga yang relatif sama namun dapat model baru yang berlimpah fitur, Wuling Confero S sukses merebut banyak konsumen yang sebelumnya berencana membeli Avanza-Xenia bekas. Seperti dituturkan Senior Manager WTC Mangga Dua (pusat penjualan mobil bekas di Jakarta), Herjanto Kosasih, sebelum kemunculan mobil China itu penjualan Avanza-Xenia rata-rata lebih dari 100 unit per bulan. Sekarang, hanya sekitar 30 unit saja per bulan.

"Kalau dulu kan itu Avanza dan Xenia bisa lebih dari 100 unit per bulan jualannya," tutur Herjanto belum lama ini.

"Orang pada lari ke mobil China, harga sama tapi dapat baru dan mobil lebih bagus. Sudah jarang orang Jakarta cari Avanza-Xenia, kecuali untuk taksi online. Tapi kalau seperti Ertiga, Mobilio masih sama saja penjualannya," lanjutnya.

>>> Begini Cara Merawat Mobil Daihatsu Xenia Supaya Performa Tetap Terjaga

Foto Wuling Confero S di pameran GIIAS 2018

Semakin lama Wuling Confero S semakin dikenal masyarakat (foto:carmudi)

Seperti diketahui mobil China, Wuling Confero S saat ini dijual mulai harga Rp 134,8 juta hingga Rp 171,9 juta OTR Jakarta dan sekitarnya. Sebagai model low MPV, harga ini sangat murah bila dibanding dengan kompetitor satu segmen seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang harganya sudah di kisaran Rp 200 jutaan. Harga Wuling Confero S lebih setara dengan harga Avanza-Xenia yang dijual di pasar mobil bekas.

>>> Wuling Motors Senang Masuk 10 Top Merek Mobil Terlaris Di Indonesia

 

>>> Terus ikuti perkembangan berita otomotif dan harga mobil di hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International