Mesin Nissan Grand Livina Pincang, Bisa Jadi Karena Masalah Ini

23/02/2021 Abdul Tips & trik mobil

Mobil MPV menjadi andalan masyarakat untuk dijadikan sebagai kendaraan keluarga. Untuk pabrikan Nissan ada Grand Livina yang siap menemani perjalanan bersama keluarga tercinta. Perlu diketahui, bahwasanya mobil bisa mengalami masalah. Salah satunya adalah mesin Nissan Grand Livina pincang.

Ketika berkendara ke suatu tempat tentunya akan lebih menyenangkan saat bersama keluarga tercinta. Namun bagaimana saat dalam perjalanan tiba-tiba mesin batuk kemudian mati. Hal tersebut tentunya akan mengganggu kebersamaan. Nah bagi Sobat yang mempunyai Grand Livina yang memiliki kode bodi L10 dan L11 perlu waspada. Karena bisa saja mengalami mesin Nissan Grand Livina pincang.

Mesin yang digunakan pada Grand Livina dengan kode yang telah disebutkan adalah HR15DE. Jika mengalami masalah seperti mesin yang pincang maka bisa saja terdapat masalah pada bagian sistem pengapian seperti di sektor koil pengapian atau bisa juga busi.

Gambar ini menunjukkan mobil Nissan Grand Livina tampak belakang

Mobil MPV bisa untuk menempuh perjalanan bersama keluarga tercinta

>>> Spesifikasi Mobil Nissan Grand Livina XV 2012: Temani Perjalanan Bersama Keluarga

Adanya Gejala Mesin Terasa Pincang

Ketika mengemudi mobil dan di jalan tiba-tiba mengalami masalah sebaiknya jangan panik. Pada mobil Nissan Grand Livina yang menggunakan mesin HR15DE seperti putaran stasioner tidak teratur, mesin bergetar dan gejala mesin yang pincang. Jadi kepanikan bisa memperkeruh keadaan, apalagi saat mengalami masalah tersebut mobil masih bisa dikendarai. Pilihlah tujuan Sobat apakah pulang ke rumah atau ke bengkel.

Berdasarkan pengalaman dari salah satu pengguna Nissan Livina dilansir dari laman Cintamobil disebutkan, bahwasanya ketika mengalami mesin pincang setelah itu suhu AC mobil jadi tidak dingin. Ditambah lagi ketika mobil digunakan kecepatannya hanya sampai 40 km/jam saja. Melihat hal tersebut, oleh sebab itu saat mengalami masalah gejala mesin pincang sebaiknya dibawa ke bengkel terlebih dahulu. Tujuannya adalah supaya tidak menjalar ke bagian lain kendaraan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Jadi pada saat mengalami mesin Nissan Grand Livina pincang bisa disebabkan sistem pengapian mengalami masalah. Dalam hal ini bisa pada koil pengapian atau pada busi mobil. Untuk mengetahui masalah yang sebenarnya maka perlu dilakukan pengecekan supaya pasti dengan mengandalkan Nissan Consult III yang merupakan perangkat pemindai. Sementara itu, Sobat bisa melepaskan intake manifold yang bahannya plastik untuk mengecek kondisi dari koil pengapian dan busi di mesin HR15DE pada mobil Nissan Grand Livina. Jadi posisinya berada di bawah intake manifold, setelah terlepas maka akan tampak rangkaian dari koil pengapian. Setelah itu Sobat tinggal langsung melakukan pemeriksaan pada bagian koil pengapian dan busi mobil.

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Nissan Grand Livina

Saat muncul gejala mesin pincang bisa dibawa ke bengkel

>>> Bagaimana Jika Menggunakan Oli Sisa Untuk Mesin Mobil? Ini Informasinya

Adanya Kerusakan Pada Bagian Selongsong Koil

Untuk kasus gejala mesin yang pincang, salah satu penyebabnya adalah kerusakan pada koil pengapian yang ternyata mengalami kerusakan. Yang mana untuk kerusakannya adalah pada bagian yang terhubung dengan busi kendaraan atau  selongsong koilnya yang mempunyai diameter lubang ukuran 2 mm. Berhubungan dengan hal tersebut, dari pihak Mohamad Syarifudin selaku pemilik bengkel New Garage 23 yang lokasinya berada di kawasan Cikarang, Bekasi, Jawa Barat menyebutkan,

“Arus listrik tegangan tinggi dari koil pengapian yang seharusnya menuju ke busi justru mengalami kebocoran dan terjadi grounding sehingga berakibat mesin pincang,” jelasnya.

“Kalau koil pengapian lagi kosong, solusi  sementara   bisa dengan memakai  ‘kondom’ (heat wrap) atau lem. Bisa  juga memakai selongsong koil pengapian yang bukan original. Tapi hanya bertahan sebentar lalu berulang lagi kejadian mesin pincang.” Tambahnya.

Dari pihak Syarifudin melanjutkan, bahwasanya untuk saran yang diberikan adalah melakukan penggantian koil pengapian dengan yang utuh. Hal tersebut dikarenakan penjualan selongsong koil terpisah. Salah satu hal yang bisa membuat koil pengapian mengalami kerusakan adalah tingginya temperatur kerja mesin mobil. Namun untuk kapan rusaknya tidak bisa diprediksi.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan koil pengapian Nissan Grand Livina

Mesin Nissan Grand Livina pincang bisa disebabkan oleh koil pengapian yang rusak

“Kerusakan seperti ini  tidak hanya terjadi pada Nissan Grand Livina, juga  dialami oleh beberapa mobil lain,” tutup Mohamad Syafruddin.

Jadi dengan mengetahui informasi di atas maka saat mesin Nissan Grand Livina pincang bisa dilakukan pengecekan pada busi dan koil pengapiannya. Jika ternyata tidak bermasalah maka bisa disebabkan hal lain dan perlu pemeriksaan lebih lanjut.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Benarkah Penggunaan Kaca Film Bisa Buat Hemat Mobil Listrik?
    Benarkah Penggunaan Kaca Film Bisa Buat Hemat Mobil Listrik? Abdul Tips & trik mobil

    Mobil listrik kerap menjadi perbincangan saat ini. Bahkan perkembangannya terbilang perlahan tapi pasti. Hal tersebut dibuktikan dengan produksi kendaraan listrik oleh para produsen mobil, bahkan sampai full menggunakan daya listrik. Disamping hal tersebut, saat seseorang memiliki mobil listrik, tentunya harapannya bisa hemat daya listrik. Dalam hal ini ada info mengenai penggunaan kaca film bisa buat hemat daya listrik, benarkah?

  • Pentingkah Cover Jok Mobil Pada Kendaraan? Ini Penjelasannya
    Pentingkah Cover Jok Mobil Pada Kendaraan? Ini Penjelasannya Abdul Tips & trik mobil

    Cover jok mobil mempunyai banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh pemilik mobil. Untuk mendapatkannya bisa membeli mobil yang sudah mendapatkannya atau membelinya sendiri di toko aksesoris kendaraan. Dalam pemilihan cover jok juga perlu diperhatikan, baik dari segi bahan, warna dan juga yang sesuai dengan jok kendaraan.

  • Memahami Transmisi Mobil CVT Dan Cara Kerjanya
    Memahami Transmisi Mobil CVT Dan Cara Kerjanya Abdul Tips & trik mobil

    Mobil matik menjadi salah satu jenis kendaraan yang mempunyai penggemarnya sendiri. Kemudahan ditawarkan sehingga pengendaraan bisa lebih nyaman dan tidak mudah mengalami kelelahan. Pada segen kali ini pembahasan mengenai transmisi mobil CVT (Continous Variable Transmission).

International