Merawat Panoramic Sunroof Juga Perlu, Agar Lebih Awet Dan Tetap Fungsional

07/05/2021 Abdul Tips & trik mobil

Panoramic sunroof merupakan salah satu fitur pada mobil yang tidak semua mobil memilikinya. Meskipun begitu, pada mobil yang ada fitur tersebut diharapkan untuk merawat panoramic sunroof. Dengan melakukan perawatan diharapkan fungsinya tetap terjaga dengan baik.

Seperti yang telah kita ketahui, bahwasanya Indonesia terdapat musim pancaroba. Dimana cuacanya panas terik namun masih diselingi dengan hujan yang terjadi di beberapa wilayah di Tanah Air. Dalam kondisi seperti ini terdapat beberapa komponen yang rawan salah satunya adalah panoramic sunroof yang posisinya berada di atap kendaraan. Fungsinya cukup memberikan kenyamanan bagi pengendara dan penumpang karena memberikan kesan lega di dalam kabin mobil. Dengan begitu merawat panoramic sunroof diperlukan supaya tetap dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal.

Gambar ini menunjukkan panoramic sunroof milik Peugeot

Fitur panoramic sunroof bikin kabin terasa lega

>>> Lihat Juga, Hampir Mirip, Ini Perbedaan Moonroof, Sunroof Dan Panoramic Roof

Merawat Panoramic Sunroof

Salah satu hal penting dalam pembahasan kali ini adalah perawatan menjadi salah satu langkah untuk mencegah panoramic mengalami kebocoran. Untuk mobil yang mendapatkan fitur ini dan dijadikan standar adalah mobil besutan Peugeot dalam kelas SUV premium yakni Peugeot 5008 dan 3008. Dari segi desainnya memang free maintenance, akan tetapi untuk membuat kondisi dan tampilannya tetap terjaga perlu dilakukan perawatan.

Dengan melakukan perawatan maka usia pakainya menjadi lebih panjang. Berhubungan dengan hal tersebut dari pihak Samsudin yang merupakan National Technical Advisor Astra Peugeot  memberikan informasi. Dengan melakukan perawatan maka karet sunroof akan tetap terjaga dan tidak berubah keras, sehingga fungsinya tetap maksimal dan tidak mudah bocor.

“Pemilik mobil dapat melakukan perawatan sendiri saat di rumah. Karena perlakuan perawatan kurang tepat, kadang dapat mengganggu fungsi sunroof. Seperti karet menjadi keras, kurang rapat dalam menutup, adanya kebocoran hingga timbul jamur pada kaca,” ungkap Samsudin.

>>> Baca Juga, Bukan Hanya Tampilan Saja, Ini Dia Fungsi Shark Fin Pada Mobil

Gambar ini menunjukkan Panoramic Sunroof Wuling Almaz

Perawatan diperlukan agar kondisinya awet dan tahan lama

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Bagaimana Merawat Panoramic Sunroof?

Dalam proses perawatan yang dilakukan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perawatan kaca di mobil pada umumnya. Dari segi material memang sama yaitu kaca, namun dari segi ketebalan terdapat perbedaan. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa setiap komponen pada kendaraan terdapat masa pakainya sendiri-sendiri. Melakukan perawatan bertujuan supaya lebih awet dan tidak mudah mengalami kerusakan.

Langkah merawat sunroof panoramic yang dapat dilakukan adalah dengan tidak terus menerus parkir tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah untuk menghindari adanya sisa air ketika melakukan pencucian mobil, jadi usahakan dilakukan pengelapan dengan maksimal. Begitupun dengan air hujan, hindari terdapat endapan bekas air hujan dalam waktu yang lama. Sobat bisa menyiramnya dengan air bersih setelah mobil kehujanan dan melakukan pengelapan. Jadi ketika terdapat sisa air dan dibiarkan begitu saja maka akan dapat menimbulkan jamur pada kaca.

Selain itu, dalam merawat karet pelindung atau sil supaya kondisinya tetap terjaga maka hal yang perlu dilakukan adalah dengan membersihkannya. Pembersihan ditujukan pada kotoran dan debu yang mengendap, selain itu memastikan kondisinya tetap baik dan tidak keras. Perawatan agar tidak keras dengan mengandalkan cairan silikon yakni menyemprotkannya pada permukaan karet.

>>> Baca Juga, Ini Biaya Yang Harus Dibayar Saat Mengganti Atap Mobil Dengan Kaca

Gambar ini menunjukkan pemberian cairan silikon pada karet panoramic sunroof

Karet panoramic sunroof bisa getas jika tidak dirawat

Dalam merawat panoramic sunroof pihak Samsudin menambahkan, bahwasanya untuk perawatan tidak perlu rutin. Namun pengecekan kualitasnya diperlukan terutama pada bagian karet-karetnya. Berilah cairan silikon ketika mendapati karet sudah agak keras dan kusam. Cairan tersebut mudah didapatkan di toko aksesoris mobil.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Karena Pemilik Kurang Teliti
    Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Karena Pemilik Kurang Teliti Abdul Tips & trik mobil

    Mobil terbakar menjadi salah satu hal yang tidak diinginkan oleh pengendara. Dimana saat mengalaminya tentu bisa berbahaya karena nyawa taruhannya, tidak hanya bagi pengendara sendiri tapi penumpang dan orang0orang disekitar juga beresiko terkena dampaknya. Dalam hal ini mengetahui penyebab mobil terbakar itu diperlukan supaya dapat menghindarinya.

  • Ini Dia Beberapa Kondisi Tak Disukai Pengemudi Wanita Ketika DI Jalan
    Ini Dia Beberapa Kondisi Tak Disukai Pengemudi Wanita Ketika DI Jalan Abdul Tips & trik mobil

    Seperti yang telah diketahui bersama, bahwasanya saat ini tidak hanya pria saja yang mengendarai mobil. Para wanita juga banyak yang mengemudikan kendaraan dijalan. Meskipun terdapat anggapan terkait wanita yang kadang membuat kekacauan saat di jalan, akan tetapi tidak sedikit wanita yang mempunyai kemampuan mengendalikan mobil lebih mahir dari pria. Walaupun begitu, terdapat kondisi tak disukai wanita saat di jalan.

  • Beberapa Barang Tidak Boleh Ditinggal Di Mobil Dalam Waktu Lama
    Beberapa Barang Tidak Boleh Ditinggal Di Mobil Dalam Waktu Lama Abdul Tips & trik mobil

    Mempunyai sebuah mobil tentunya akan ada waktunya diparkirkan. Tidak mungkin seseorang akan mengemudi terus menerus tanpa istirahat. Nah terdapat beberapa barang tidak boleh ditinggal di mobil dalam waktu yang lama. Hal tersebut berhubungan dengan keamanan dan juga kesehatan.

International