Merawat Interior Mobil Untuk Dapat Kenyamanan Saat Mengemudi

Setiap mobil memiliki dua bagian yang saling melengkapi, yakni interior dan eksterior. Keduanya harus dipelihara dengan baik. Terkadang pemilik mobil sering lupa merawat interior mobil dan hanya merawat bagian luar mobil. Sebenarnya, bagian dalam mobil juga sangat perlu diperhatikan, dirawat dan dibersihkan. Dengan interior bersih dan aroma segar akan memberikan suasana nyaman bagi Anda saat berkendara.

Tips perawatan interior mobil pada dasarnya sangat sederhana yaitu Anda hanya membersihkannya secara teratur dan menggunakan produk perawatan yang tepat.

Berikut penjelasan mengenai cara membersihkan interior mobil yang tepat sehingga ia tetap terlihat bersih meskipun sering digunakan.

1. Membersihkan Dashboard Mobil

Dashboard mobil selain berfungsi sebagai panel berbagai switch dan indicator, dashboard mobil juga merupakan batasan fisik antara penumpang dengan pemandangan di luar kaca mobil bagian depan. Bukan hanya sinar matahari saja, debu dan kotoran yang melekat juga bisa menyebabkan penampilan dashboard tampak kusam dan terkesan kotor serta dapat merusak bagian dashboard mobil tersebut.

gambar seorang pria berbaju hitam sedang membersihkan dashboard dalam mobilnya dengan handuk tangan

Dashboard mobil selain berfungsi sebagai panel

Supaya kondisi dashboard mobil Anda tetap dalam keadaan baik dan bagus, Anda hanya perlu membersihkan debu debu yang menempel pada dashboard dengan menggunakan kemoceng. Setelah itu, semprotkan cairan pembersih ke bagian dashboard yang akan dibersihkan dan lap dengan menggunakan kain.

Jangan menekan terlalu keras karena dapat menimbulkan goresan goresan kecil pada dashboard mobil anda. Bersihkan pula debu debu yang ada pada bagian yang sulit di jangkau seperti pojok dashboard, blower penyejuk udara dan lainnya dengan menggunakan kuas. Setelah semua bagian telah selesai dibersihkan, lap dengan menggunakan kain kering agar sabun atau cairan pembersih tidak meninggalkan bekas atau flek. Untuk perawatan, anda dapat mengoleskan cairan pelindung atau treatment protection yang berfungsi membuat dashboard anda mengkilap dan menjaga kelembapannya.

>>> Mungkin Anda tertarik, 7 TIPS MEMILIH MOBIL BEKAS YANG LAYAK UANG DIHABISKAN

2. Membersihkan jok mobil

Merawat jok sangat penting dan harus diperhatikan guna menjaga interior tetap nyaman di huni. Perawatan jok mobil tidaklah rumit, tak usah pergi ke salon mobil untuk membersihkanya. Cara praktis dengan menggunakan lap kering, sikat, penyedot debu dan pelembab dashboard untuk jenis dashboard bahan kulit.

gambar seorang pria sedang menggunakan penyedot debu untuk membersihkan jok kulit dalam mobilnya

Perawatan jok mobil tidaklah rumit

Cara pertama untuk membersihkan  jok mobil bisa dimulai dengan membersihkanya dengan lap kering, jika ada noda sikatlah noda tersebut atau gunakan lap lembab untuk membersihkan jok mobilJika jok mobil anda berbahan kulit baik asli atau sintetis, setelah jok mobil bersih oleskan lotion pelembab untuk menjaga kondisi jok tetap awet tidak mudah pecah pecah atau retak. Namun jika jok mobil anda menggunakan bahan kain katun atau sejenisnya, setelah dibersihkan dengan sikat kering selanjutnya gunakan penyedot debu agar debunya hilang dan bersih.

>>> Baca juga, BAGAIMANA CARA MENCUCI MOBIL AGAR KELIHATAN SEPERTI BARU?

3. Membersihkan dan Merawat Plafon Mobil

Salah satu dari bagian interior mobil yang juga sering terlewatkan saat membersihkan mobil adalah langit-langit mobil atau plafon. Padahal bagian ini merupakan salah satu bagian yang sangat mudah menjadi tempat bersarangnya kotoran dan debu.

gambar seorang wanita sedang membersihkan plafon mobilnya dengan handuk tangan berwarna kuning

Jangan sampai plafonnya terlalu basah saat menggosoknya

Bersihkan bagian langit-langit mobil ini menggunakan kain yang tidak terlalu basah dengan cara menggosoknya. Yang perlu anda perhatikan adalah jangan sampai plafonnya terlalu basah saat menggosoknya, cukup di lap saja, karena lapisan luar plafon terbuat dari bahan sejenis kain wool yang bila terkena air akan menjadi lembap dan jika tidak dikeringkan hingga benar-benar kering maka bisa menimbulkan bau tidak sedap dan juga jamur. Beragam material yang berlapis-lapis dari langit-langit  mobil ini membutuhkan perawatan khusus.

Oleh karena itu, setelah menggosoknya dengan kain basah, lap plafon tersebut dengan menggunakan kain kering yang bersih hingga benar-benar kering. Saat proses pengeringan, sebaiknya hindari penggunaan vacuum cleaner karena bisa menyedot kontur plafon yang akhirnya mengakibatkan konturnya bergelombang.

>>> Jangan abaikan artikel ini, DAFTAR HARGA TOYOTA PADA JANUARI 2018

4. Membersihkan Karpet Mobil

Karpet merupakan bagian yang paling kotor yang ada di dalam mobil, karena sering diinjak sehingga kotoran dari luar akan dibawa masuk oleh sepatu atau sandal ke dalam mobil dan menempel di karpet. Oleh sebab itu anda  akan memerlukan tenaga ekstra untuk membersihkannya.

Cara membersihkan bagian dalam mobil yang pertama dengan keluarkan semua karpet yang ada di dalam mobil. Bila karpet terbuat dari kain, usahakan saat menyikat harus menggunakan sikat yang berbulu halus dan jangan menyikat terlalu keras.

gambar seorang sedang mengecek dan melakukan perawatan karpet dalam mobilnya

Karpet merupakan bagian yang paling kotor

Bila ada noda di karpet yang susah untuk dihilangkan, gunakan cairan stainremove untuk membersihkannya. Lap kembali karpet hingga bersih dan keringkan. Saat akan memasang karpet ke mobil, usahakan lantai mobil sudah dibersihkan dari debu dan kotoran.

Beda halnya dengan karpet yang terbuat dari karet, cara membersihkannya lebih mudah. Keluarkan karpet dari mobil, bersihkan karpet dari debu dan kotoran yang menempel kemudian sikat menggunakan sikat yang berbahan halus dan bilas menggunakan air bersih. Jemur karpet sebelum  dipasang lagi di lantai mobil.

Semoga, tulisan ini dapat berguna untuk Anda.

>>> Klik di sini untuk membaca tips & trik lainnya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Ini Lho Plat Nomor Banten
    Ini Lho Plat Nomor Banten Anto Tips & trik mobil

    Sebenarnya, plat nomor kendaraan bermotor dapat menjadi salah satu acuan tepat untuk mengetahui lokasi kita saat berada di satu daerah. Supaya tidak bingung, perhatikan dengan cermat plat nomor kendaraan bermotor tersebut.

  • Inilah Plat Nomor Aceh
    Inilah Plat Nomor Aceh Anto Tips & trik mobil

    Plat nomor Aceh menjadi petunjuk identitas khas provinsi dengan julukan serambi Mekkah. Termasuk bagian dari plat nomor seluruh Indonesia, plat nomor kendaraan bermotor Aceh adalah panduan bagi siapa saja yang ingin mengunjungi provinsi di ujung utara pulau Sumatra.

  • Pilihan Aki Mobil Avanza dan Cara Menggantinya
    Pilihan Aki Mobil Avanza dan Cara Menggantinya Fat Tips & trik mobil

    Aki mobil Avanza paling recommended memang Toyota Genuine Parts. Meski demikian, ada pilihan lain yang tak kalah bagusnya dengan parts original tersebut.

Harga mobil terbaru

International