Menjaga Ban Mobil Selalu Awet, Pakailah 5 Tips Ini

18/10/2017 Adrian Suherman Tips & trik mobil

Ban adalah salah satu bagian kendaraan bermotor yang berfungsi paling penting karena ban menjaga keselamatan dan keamanan saat berkendara. Pengemudi perlu memperhatikan untuk menjaga keawetan ban mobil karena jika mereka lalai melacak kondisi ini maka risiko terjadinya kecelakaan akan meningkat.

Jadi Hargamobil hendak membagikan lima tips mudah untuk membantu pengemudi menjaga ketahanan ban agar lebih lama. Silahkan baca tips berikut ini

1. Perhatikan tekanan udara di dalam ban

 Seorang pria sedang mengecek tekanan ban mobil dengan alat ukur saat mengisi angin

Harus mengecek tekanan ban 1 bulan sekali 

Paling tidak, Anda harus mengecek tekanan udara di dalam ban 3 minggu-1 bulan sekali ke bengkel langganan. Sebaiknya Anda mengisi memompa ban mobil di pagi hari, karena udara di luar masih dingin sehingga yang berada di dalam ban tidak memuai. Selain itu, pompa nitrogen memang lebih bagus daripada pompa angin biasa untuk ban mobil, jadi sebaiknya relakan diri untuk sedikit repot memompa ke pom bensin yang biasanya menyediakan pompa nitrogen.

Ingatlah lakukan pengecekan dobel tekanan udara di dalam ban jika Anda akan melakukan perjalanan jauh.

2. Lakukan rotasi ban dan spooring dengan rutin

Seorang pria sedang melakukan rotasi bannya di dalam garasi dan di belakang ada dua orang wanita

Kalau Anda mau tahu rahasia memiliki ban yang super awet, meski mobilnya telah tua? Jawabannya adalah menukar posisi ban mobil secara teratur. Ban yang ada di depan itu senantiasa terkena gesekan dari rem dan juga gesekan ekstra ketika mobil berbelok. Sementara itu, ban di belakang umumnya hanya mengikuti laju mobil dan menerima gesekan yang minim. Oleh karenanya, Anda perlu menukar posisi ban depan dan belakang setiap 5.000 km sekali untuk menghindari tekanan yang tidak sebanding yang bisa menyebabkan ban aus dalam waktu yang berbeda.

3. Hindari lubang di jalan

Snapshot lubang sangat besar di jalan umum

Memperhatikan jika berkendara melalui lubang

Meski Anda sudah membeli ban yang terbaik untuk mobil Anda, ban tetap akan aus jika mobil berkendara melalui lubang dalam di jalan.  Selain bisa membuat shockbreaker Anda boros oli, ban mobil Anda juga tidak seimbang. Jika Anda masih bisa menghindari jalan yang banyak polisi berjaga-jaga, maka Anda sebaiknya memilih jalur yang lebih mulus dan tanpa bahaya.

4. Bersihkan kerikil di sela-sela pola ban

Gambar close-up ban yang ada banyak kerikil di sela-sela polanya

Apalagi kalau kerikilnya tajam, ban juga lebih cepat rusak

Adanya kerikil yang terjebak di sela-sela pola ban bisa membuat gesekan ban dan aspal semakin besar. Apalagi kalau kerikilnya tajam, ban juga jadi lebih cepat rusak. Jika kerikil akhirnya masuk terlalu dalam ke ban, nantinya akan jadi gampang kurang angin. Oleh karena itu, Anda harus menyediakan waktu khusus kira-kira 2 minggu sekali untuk membersihkan ban mobil Anda dari kerikil-kerikil jalanan.

5. Lindungi ban Anda saat kalau ditinggal dalam waktu lama

Mobil Anti-skid Pada Ban Mobil untuk mobil melindungi digunakan

Menutup ban dengan pembungkus khusus untuk melindungi ban

Meskipun dalam keadaan berhenti, kondisi ban yang menempel di lantai dalam waktu lama bisa membuat ketahanannya terganggu. Karena panasnya udara tidak bisa Anda perkirakan, sehingga kemungkinan memuainya jadi lebih besar. Jadi, lebih baik Anda dongkrak mobil dan menutup ban dengan kain atau pembungkus khusus yang bisa Anda beli di dealer langganan.

Nah, itulah tips Hargamobil agar ban mobil bisa lebih awet. Kalau punya cara efektif yang lain agar ban mobil lebih awet, bagikan tips di kolom komentar, ya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International