Mengupas Plat Nomor Yogyakarta Terbaru 2022

Yogyakarta memang sangat layak menyandang predikat istimewa. Bukan hanya karena menyandang status daerah istimewa (DIY), Yogyakarta juga selalu memainkan peran penting bagi Indonesia sejak jaman dulu hingga sekarang.

Lalu apa hubungan keistimewaan Yogyakarta dengan plat nomor? Ya, sejak jaman Hindia Belanda, sama seperti daerah lainnya, Yogyakarta sudah mempunyai kendaraan bermotor yang beroperasi di seantero wilayah. Tentu saja saat itu pemerintah Hindia Belanda sangat berkepentingan dengan pengaturan kendaraan bermotor tersebut. Salah satunya adalah perpajakan sebagai sarana untuk memaksimalkan pendapatan pemerintah setempat.

Selain urusan pajak, penerapan plat nomor juga penting bagi kepolisian untuk keperluan identifikasi. Dengan demikian jika terjadi sesuatu, bisa dilakukan langkah-langkah yang cepat dan tepat. Karena itulah, plat nomor wajib terpasang pada kendaraan bermotor disertai masa berlaku yang tepat dan sesuai dengan peruntukannya.

Mengupas Plat Nomor Yogyakarta Terbaru 2022Mengupas Plat Nomor Yogyakarta Terbaru 2022

I. Plat Nomor Yogyakarta 2022

Sesuai peraturan pada zaman pemerintahan Hindia Belanda, Yogyakarta mendapatkan plat nomor dengan kode huruf AB. Setelah era Hindia Belanda selesai, plat nomor Yogyakarta tersebut digabungkan dan menjadi bagian dari plat nomor seluruh Indonesia. Hingga saat ini, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tetap menggunakan kode huruf AB untuk plat nomor kendaraan bermotor yang didaftarkan di wilayah tersebut.

Pada masa sekarang, plat nomor AB digunakan untuk provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang mencakup beberapa wilayah. Untuk informasi lebih lengkapnya bisa dilihat pada tabel berikut di bawah ini:

  • Kota Yogyakarta memiliki plat nomor AB dan kode belakang *A/*F/*H/*I/*S
  • Kabupaten Bantul memiliki plat nomor AB dan kode belakang *B/*G/*J/*K/*T
  • Kabupaten Gunung Kidul memiliki plat nomor AB dan kode belakang *D/*M/*W
  • Kabupaten Sleman memiliki plat nomor AB dan kode belakang *E/*N/*Q/*U/*Y/*Z
  • Kabupaten Kulon Progo memiliki plat nomor AB dan kode belakang *C/*L/*P/*V

II. Cek Plat Nomor Yogyakarta

1 . Melalui Aplikasi Ponsel

Untuk mengecek plat nomor di Yogyakarta dapat menggunakan aplikasi yang bisa diunduh di Play Store atau App Store dengan nama aplikasi yaitu Pajak Kendaraan Yogyakarta. Aplikasi ini memang tidak dikhususkan untuk melakukan pengecekan plat nomor. Namun pada umumnya digunakan untuk melakukan pengecekan pajak kendaraan secara lebih lengkap sehingga bisa mengetahui estimasi besaran pajak sebelum melakukan pembayaran atau perpanjangan STNK.

2. Melalui e-Samsat

Selain menggunakan aplikasi, bisa juga menggunakan website resmi milik Samsat. Untuk website Samsat DI Yogyakarta adalah "http://infonjkbdiy.com". Informasi yang didapatkan dari website ini meliputi nama pemilik, warna, tahun produksi dan data pendukung lainnya. Caranya hanya perlu mengakses website tersebut kemudian masukkan plat nomor kendaraan pada kolom yang sudah tersedia kemudian akan muncul informasi kendaraan.

3. Melalui kantor Samsat

Apabila merasa repot karena tidak terlalu paham internet, cara paling mudah adalah langsung mengunjungi kantor Samsat terdekat di Yogyakarta. Jangan lupa untuk membawa dokumen yang dibutuhkan berupa bukti faktur pajak tahun lalu (pembayaran pajak kendaraan bermotor atau PKB), STNK asli dan fotokopi, KTP asli dan fotokopi, BPKB asli dan fotokopi. Plat nomor di Yogyakarta sebaiknya selalu diperpanjang tepat waktu dan juga pembayaran pajaknya supaya tidak dikenakan denda saat jatuh tempo. Untuk mengunjungi kantor Samsat di Yogyakarta, silakan datang ke alamat berikut Jalan Tentara Pelajar no 13, DI Yogyakarta  

III. Cek Pemilik Plat Nomor Yogyakarta

Berikut beberapa cara untuk cek pemilik plat nomor DI Yogyakarta.

Plat nomor di Yogyakarta memiliki ciri khas berupa kode huruf AB

Plat nomor di Yogyakarta memiliki ciri khas berupa kode huruf AB

1. Aplikasi Ponsel

Anda dapat memanfaatkan aplikasi dalam ponsel. Silahkan mengunduh aplikasi cek plat nomor sesuai wilayah Anda secara gratis di Playstore. Hanya saja belum semua provinsi menyediakan layanan aplikasi ini. Untuk aplikasi bagi wilayah plat nomor di Yogyakarta bisa menggunakan "INFO PKB DIY".

2. SMS Ponsel

Selain aplikasi, warga Jogja juga bisa memanfaatkan SMS untuk mengecek plat nomor kendaraan bermotor Yogyakarta. Caranya dengan mengirim SMS memakai format DIY (spasi) Nomor Polisi. Contoh, DIY (spasi) AB1234NS dan dikirimkan ke 9600. Format SMS ini hanya berlaku untuk kendaraan bermotor yang terdaftar di kepolisian daerah (polda) Yogyakarta.

3. Situs E-Samsat

Cara Yang terakhir Anda bisa cek plat nomor kendaraan melalui situs resmi E-Samsat. Anda hanya perlu membuka website E-Samsat khusus untuk daerah Jogja yaitu di http://samsat.jogjaprov.go.id/ lalu masukkan plat nomor kendaraan motor atau mobil.

IV. Syarat Bayar Pajak Kendaraan Yogyakarta

Pembayaran pajak kendaraan bermotor di Daerah Istimewa Yogyakarta menggunakan sistem online pajak daerah oleh Badan Pajak dan Retribusi Daerah Yogyakarta. Dalam sistem tersebut Anda dapat membayar pajak mobil maupun sepeda motor. Namun ada beberapa persyaratan untuk dapat menggunakan aplikasi untuk membayar pajak di info PKB, yaitu:

  1. Kendaraan harus terdaftar di kepolisian daerah (polda) Daerah Istimewa Yogyakarta dan termasuk dalam wilayah hukum daerah polda Daerah Istimewa Yogyakarta
  2. Memiliki rekening bank yang telah bekerja sama dengan Badan Pajak dan Retribusi Daerah provinsi Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  3. Pemilik kendaraan bermotor memiliki KTP elektronik (e-KTP) Nasional
  4. Memiliki handphone yang berbasis sistem informasi Android atau ios.
  5. Memiliki alamat surel (email) yang aktif
  6. Memiliki jumlah kuota internet minimal 50 MB

V. Sekilas Plat Nomor Yogyakarta

Sejumlah kalangan meyakini plat nomor AB yang berlaku untuk kendaraan bermotor di wilayah di Yogyakarta berasal dari nama Amangku Buwono. Nama Amangku Buwono tersebut merupakan nama lain dari kerajaan di Yogyakarta yang masih berdiri hingga saat ini. Nama Amangku Buwono juga senada dengan gelar Sultan Yogyakarta, Hamengku Buwono.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

 

FAQ umum

1. Apa arti plat nomor AB?

Plat nomor AB adalah plat nomor yang digunakan untuk kendaraan bermotor yang terdaftar di kepolisian daerah (polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

2. AB 1 plat mobil siapa?

Plat nomor AB 1 digunakan untuk mobil dinas operasional Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X (Sultan HB X)

3. Apa arti Plat B?

Plat nomor B mengacu pada plat nomor untuk kendaraan bermotor yang terdaftar di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, meliputi Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi. Sejumlah kalangan meyakini kalau huruf B pada plat nomor B berasal dari nama Batavia, sebutan untuk Jakarta pada masa pemerintahan Hindia Belanda.

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

Harga mobil terbaru

International