Mengganti Head Unit Mobil Tidak Boleh Sembarangan, Sebelumnya Perhatikan Hal Ini!

07/02/2019 Abdul Tips & trik mobil

Setiap pemilik mobil tentu menginginkan kendaraannya nyaman dikendarai. Apalagi bagi seseorang yang menjadikan mobil sebagai penunjang aktivitas keseharian, tentunya beberapa hal dilakukan agar dapat memenuhi kebutuhan dan menyesuaikan dengan selera. Salah satu yang biasa dilakukan adalah mengganti head unit mobil.

Mengganti head unit mobil bukan karena bawaannya jelek atau gimana, namun biasanya karena ingin lebih disesuaikan dengan pemiliknya. Selain itu, komponen ini juga mempunyai umur yang bisa mengalami kerusakan. Bahkan setelah lama digunakan maka kualitas yang dimiliki jadi menurun sehingga perlu dilakukan penggantian.

Akan tetapi sebelum melakukan penggantian terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, jadi tidak boleh sembarangan.

1. Menyesuaikan Dengan Dashboard Mobil

Gambar ini menunjukkan head unit pada kendaraan dengan banyak pilihan fitur

Head unit dengan fitur yang lengkap bisa menambah kenyamanan selama berkendara

Sebelum melakukan penggantian, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah ukuran dari dashboard. Jangan asal karena ukuran setiap kendaraan memiliki perbedaan. Apabila ukurannya lebih besar atau kecil, maka mau tak mau mengganti frame harus dilakukan. Jika sudah begitu tambahan biaya yang dikeluarkan tidak bisa dihindarkan.

>>> Baca Juga, Langkah Mudah Membersihkan Dashboard Mobil Untuk Kenyamanan Berkendara

2. Memilih Head Unit Yang Berspesifikasi Fit OEM (Original Equipment Manufacturer)

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan sebelum mengganti head unit mobil adalah memperhatikan spesifikasi dari fit OEM. Dalam hal ini sebenarnya tidak terlalu menjadi halangan, bahkan saat ini head unit OEM banyak dijual dipasaran, yang terpenting adalah menyesuaikannya dengan ukuran. Kalau berbicara soal kualitas, produk OEM tidak diragukan lagi. Karena memang untuk komponen ini telah dibuat khusus yang mempunyai kualitas yang baik.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil terbaru

3. Memahami Fitur Yang Dimiliki

Gambar ini menunjukkan sebuah jari menyentuh salah satu fitur yang terdapat pada layar head unit

Kelengkapan fitur pada head unit bisa menjadi satu pilihan saat ingin menggantinya

Jadi setiap head unit mempunyai merek dan jenis sendiri-sendiri, begitupun dengan fitur yang dimiliki. Oleh sebab itu sebelum memutuskan untuk membeli sebaiknya mengetahui terlebih dahulu fitur yang dimilikinya. Pastikan bahwa head unit yang diincar memiliki fitur yang memang sobat inginkan dan butuhkan. Jangan sampai setelah membeli dan membayar dengan biaya yang tidak sedikit tapi fitur yang sobat inginkan tidak ada. Tentunya hal ini dapat menimbulkan rasa kekecewaan.

Sebagai contoh sobat menginginkan head unit dengan fitur GPS yang dapat terhubung dengan smartphone atau gadget. Dengan begitu smartphone yang dimiliki akan disuruh untuk mengaktifkan Bluetooth sehingga dapat terhubung. Jadi periksalah buku manual mengenai fitur yang tersedia, apakah benar-benar sesuai atau tidak. Jika sudah pelajari cara penggunaannya dengan sungguh-sungguh.

>>> Lihat Juga, Merawat Interior Mobil Untuk Dapat Kenyamanan Saat Mengemudi

4. Menyesuaikan Dengan Budget Yang Dimiliki

Sebelum berniat mengganti head unit mobil sebaiknya memperhatikan kondisi keuangan. Apakah telah disediakan budget untuk membeli yang baru. Jika sudah pertimbangkan untuk membeli sesuai dengan budget yang dimiliki dengan kualitas mumpuni. Umumnya head unit dengan harga yang lebih mahal mempunyai kualitas yang lebih baik.

Gambar ini menunjukkan sebuah head unit masih dibungkus plastik dan di belakangnya terdapat speaker

Jangan terburu-buru, piliha head unit sesuai budget dan selera

Akan tetapi dalam hal ini bukan berarti sobat harus memaksakan diri untuk membeli yang harganya mahal. Sobat bisa mencari dengan mempertimbangkan merek, jenis dan kualitasnya. Kadang ditemui harganya sama dengan merek serta jenis berbeda namun mempunyai fitur yang lebih mumpuni.

Melihat hal tersebut, mengganti head unit mobil tidak boleh sembarangan. Kalau ingin yang praktis bisa menanyakan langsung kepada mekanik atau seseorang yang mempunyai mobil sama dan sudah pernah melakukan penggantian. Dengan begitu tentu akan mendapatkan head unit yang benar-benar sesuai dengan kendaraan yang dimiliki.

>>> Klik di sini untuk membaca tips & trik lainnya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca