Mengetahui Perbedaan Plat Nomor Asli Dan Palsu Sebagai Informasi

15/10/2020 Abdul Tips & trik mobil

Plat nomor merupakan salah satu bagian pada mobil yang menjadi identitas kendaraan. Terdapat hubungan antara angka pada plat nomor dengan STNK dan BPKB, oleh sebab itulah bagian ini perlu dipasang sebagai tanda mobil mempunyai pemilik. Namun tahukah Sobat mengenai perbedaan plat nomor asli dan palsu.

Sebelum membahas tentang perbedaan plat nomor asli dan palsu, pada bulan Juli silam terdapat kasus yang diunggah dalam Twitter @rdtyou dan pemiliknya adalah Radityo Utomo berkaitan dengan tilang elektronik. Kasus tersebut sempat viral, jadi karena plat nomor palsu yang dipakai orang lain memakai nomor plat mobil resmi yang dimilikinya membuatnya menerima surat konfirmasi pelanggaran.

Gambar ini menunjukkan beberapa plat nomor yang dipajang di tempat pembuatan plat nomor

Penggunaan pkat nomor palsu bisa merugikan diri sendiri

>>> Baca Juga, Mengetahui Kode Plat Nomor Kendaraan Di Indonesia

Tentunya hal tersebut menjadi hal yang mengagetkan karena merasa tidak melakukan kesalahan. Penggunaan plat nomor palsu memang marak terjadi, biasanya hal tersebut ditujukan untuk tetap bisa menggunakan kendaraan yang sama saat a melintasi jalanan dengan aturan ganjil genap. Bahkan hal tersebut juga membuat kesulitan pihak kepolisian dalam menindak pelanggaran dengan melalui tilang elektronik.

Berkaitan dengan hal tersebut, dari pihak kepolisian berjanji akan melakukan penertiban terhadap usaha di pinggir jalan yang membuat plat nomor palsu. Tidak hanya itu saja, sejak bulan Agustus aturan plat nomor cantik telah diberlakukan oleh pihak Polri secara resmi supaya tidak dapat dipalsukan. Hanya saja masih ada saja pengendara yang tetap menggunakan plat nomor palsu karena harganya yang terbilang cukup terjangkau.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Berikut ini merupakan beberapa perbedaan plat nomor asli dan palsu :

Gambar ini menunjukkan plat nomor dengan emboss logo dan tidak

Plat nomor asli dan palsu tentu terdapat perbedaan yang bisa diketahui

>>> Lihat Juga, Dipermudah, Blokir STNK Online Tidak Perlu Ke Kantor Samsat Untuk DKI Jakarta

1. Emboss Logo

Adapun yang membedakan keaslian plat nomor paling mudah adalah pada bagian cap emboss logo kepolisian. Posisinya berada di ujung plat nomor, jika plat nomor memiliki emboss maka bisa menjadi tanda bahwa itu asli. Hanya saja saat ini ada pengusaha plat nomor yang mempunyai emboss tersebut dengan meniru capnya, meskipun tidak semua tukang plat nomor memilikinya.

2. Kerapian

Jika embos logo sudah tidak bisa menjadi patokan, maka hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kerapiannya. Plat nomor buatan pinggir jalan biasanya lebih rapi dibanding dengan yang resmi dikeluarkan oleh pihak kepolisian. Untuk segi material biasanya lebih konsisten untuk yang palsu, tapi kalau plat dari kepolisian kadang ada yang mudah penyok dan kadang ada yang tebal.

Aturan Terkait Pembuatan Plat

Selain soal perbedaan plat nomor asli dan palsu, soal kerapian ada alasannya untuk plat nomor asli yang kurang rapi. Untuk dasar dalam membuat plat nomor adalah STNK dan juga BPKB. Oleh sebab itu bila pembuatannya diluar surat tersebut maka plat nomor akan tidak sesuai dengan spesifikasinya. Speknya disesuaikan dengan bentuk, ukuran, besaran, warna dan pemasangan. Sehingga kerapian antara plat nomor satu dengan lainnya akan nampak berbeda.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan seorang polisi memegang plat nomor

Plat nomor palsu ada yang digunakan untuk mengakali ganjil genap

Mengetahui perbedaan plat nomor asli dan palsu juga dibutuhkan saat membeli mobil bekas. Kadang bagian ini terlupakan karena bagian lain sudah bagus tanpa masalah. Jangan lupa perhatikan plat nomornya, karena bisa saja yang asli hilang atau terjatuh terus diganti dengan yang palsu karena tidak mau  mengurus ke kepolisian.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International