Mengetahui Perbedaan Oli Sintetis Dan Non Sintetis Pada Kendaraan

07/11/2019 Abdul Tips & trik mobil

Oli menjadi salah satu bagian dari kendaraan yang mempunyai bentuk zat cair dan perlu dilakukan penggantian secara berkala. Fungsinya ada banyak yang telah kami ulas sebelumnya. Pada momen kali ini kami akan membahas mengenai perbedaan oli sintetis dan non sintetis.

Mungkin Sobat pernah mendengar mengenai oli sintetis dan non sintetis. Memang banyak orang yang mengenal kedua istilah tersebut. Hanya saja untuk perbedaan oli sintetis dan non sintetis masih banyak yang belum mengetahuinya. Memang sebagai pemilik bisa melakukan penggantian oli sesuai rekomendasi pabrikan, namun mengetahui kedua istilah tersebut bisa sebagai tambahan ilmu.

Gambar ini menunjukkan seseorang sedang mengisi oli pada mobil

Jangan sampai telat ganti oli, bisa bikin mesin bermasalah

>>> Baca Juga, Jangan Sampai Keliru Memakai Oli Mesin Bensin Dan Diesel, Ada Resikonya!

Untuk fungsi dari oli sendiri sangatlah penting seperti pelumasan pada komponen di dalam mesin supaya saat terjadi gesekan antar komponen tidak mengalami keausan. Selain itu juga membantu radiator mobil dalam mendinginkan mesin kendaraan sehingga kinerja radiator jadi sedikit lebih ringan.

Kedua jenis oli tersebut mempunyai spesifikasi yang berbeda. Akan tetapi masih ada perbedaan lainnya yang tentu menarik untuk dibahas. Bagi yang sudah mengetahuinya bisa menyimak sambil ngopi, bagi yang belum tahu silahkan dipahami penjelasan mengenai perbedaan oli sintetis dan non sintetis.

Oli Sintetis

Oli sintetis merupakan sebuah pelumas pada kendaraan yang pembuatannya menggunakan artificial atau senyawa kimia buatan. Jadi asalnya adalah komponen dari minyak bumi yang telah dilakukan beberapa proses modifikasi secara kimiawi. Soal kelebihan, namanya juga sudah tidak minyak mentah yang langsung dari tambang perut bumi maka oli jenis ini lebih unggul dalam hal struktur kimia karena memang telah dilakukan proses kimiawi.

Hanya saja karena proses yang dilakukan terbilang cukup rumit, maka untuk harga oli sintetis ini akan lebih mahal dibandingkan dengan yang non sintetis. Informasi lainnya berkaitan dengan jenis ini dilansir dari Hyundai Indonesia, yang mana pada umumnya oli sintetis mempunyai nilai SAE atau viskositas yang terbilang lebih rendah atau bahasa mudahnya adalah lebih encer. Jadi banyak yang menganggap bahwa oli jenis ini saat dipakai pada kendaraan dengan mesin yang masih menggunakan  model lama terbilang kurang cocok.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan ilustrasi kinerja ,olekul oli

Oli sintetis dan non sintetis terdapat perbedaan

>>> Baca Juga, Penyebab Kebocoran Oli Pada Mobil, Sobat Perlu Waspada!

Mengetahui perbedaan oli sintetis dan non sintetis tentu tidak merugikan. Karena hal ini juga berhubungan dengan pelumasan pada mesin kendaraan. Apabila mesin mobil tidak diberi pelumas maka bisa berakibat fatal.

Oli Non Sintetis

Selanjutnya untuk oli non sintetis sendiri banyak yang menyebutnya sebagai oli mineral. Yang mana untuk bahannya adalah minyak bumi mentah. Meskipun terbilang mentah tentu sudah dilakukan pengolahan agar dapat digunakan pada mesin kendaraan. Hanya saja untuk pemakaian atau umurnya lebih pendek apabila dibandingkan dengan oli jenis sintetis.

Untuk oli jenis ini tentu memiliki kekurangan, yang mana saat dibandingkan dengan oli sintetis, maka oli jenis ini dapat membuat mesin lebih cepat panas, cepat menguap, mudah teroksidasi dan juga mempunyai molekul yang tidak rata sehingga dapat berpengaruh pada kinerja dari mesin kendaraan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan banyak oli yang dipajang di toko

Gunakan oli mesin rekomendasi pabrikan untuk amannya

Melihat sedikit penjelasan di atas mengenai perbedaan oli sintetis dan non sintetis tentunya bisa dijadikan sebagai tambahan informasi buat Sobat semua. Mungkin Sobat sedikit bingung harus memilih oli yang mana agar kondisi mesin mobil Sobat bekerja dengan maksimal. Sebaiknya Sobat tenang saja, karena pihak pabrikan telah menyesuaikan mesin yang diberikan dengan jenis oli yang dipakai. Jadi sebaiknya mengikuti rekomendasi pihak pabrikan untuk lebih amannya.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai perbedaan oli sintetis dan non sintetis. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca