Mengetahui Perbedaan Aki Basah dan Aki Kering, Ketahui Sebelum Membeli

12/11/2020 Abdul Tips & trik mobil

Terdapat perbedaan antara aki basah dan kering. Memang dari segi fungsi sama namun ada perbedaan pada harga, perawatan dan karakteristik yang dimiliki. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak informasinya.

Pastinya soal aki sudah banyak yang tahu karena bagian ini merupakan salah satu komponen utama yang memberikan listrik pada komponen lain di mobil. Banyak orang mengenal mengenai aki basah dan kering, namun untuk perbedaannya masih banyak yang belum paham. Lantas apa perbedaan aki basah dan aki kering?

Gambar ini menunjukkan sebelah kanan aki kering dan kiri aki basah

Fungsi sama tapi ada perbedaan antara aki kering dan aki basah

>>> Baca juga, Mau Ganti Aki, Memilih Toko Aki Mobil Yang Bagus Diperlukan

Aki kering mempunyai isi yang umumnya bentuknya adalah gel. Dengan mengandalkan gel maka penguapannya dapat diperkecil. Alhasil volume gel juga terjaga. Kelebihan lainnya yang terdapat pada aki kering adalah free maintenance. Jadi maksud dari istilah tersebut adalah bebas perawatan. Pemilik hanya perlu menggunakannya tanpa adanya perawatan. Karena memang aki jenis ini langsung bisa dipakai pada kendaraan.

Namun tentunya kalau ada kelebihan pasti ada kekurangan juga. Aki kering biasanya mempunyai harga yang lebih mahal  dan juga saat perbaikan juga mahal. Hal tersebut dikarenakan aki kering yang mengalami kerusakan akan sulit untuk diperbaiki.

Jadi pada saat melakukan perbaikan maka perlu membuka segel ketika membuka penutupnya. Oleh sebab itulah biasanya saat aki jenis ini rusah pemilik kendaraan lebih memilih membelinya yang baru.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan aki kering dengan warna hitam dengan kutup merah dan hitam

Aki kering lebih mudah dalam penggunaan karena free maintenance

>>> Baca Juga, Mengetahui Ciri-Ciri Aki Mobil Perlu Diganti Sebelum Terjadi Masalah

Setelah sedikit infonya, maka menuju ke aki basah dalam pembahasan perbedaan aki basah dan aki kering.

Untuk aki basah mempunyai beberapa kelebihan yang dimilikinya, berikut daftarnya:

1. Harga Yang Lebih Murah

Aki basah dijual dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan aki kering. Untuk harga berada pada kisaran Rp. 700 ribu hingga Rp. 1 jutaan tergantung merek. Namun untuk harga aki kering berada di kisaran Rp. 1,5 juta sampai Rp. 3 jutaan tergantung mereknya dan tempat membeli.

2. Soal Perbaikan Ketika Mengalami Kerusakan

Aki basah saat terjadi kerusakan dapat dilakukan perbaikan dengan cukup mudah. Selain itu mudah didapatkan di pasaran karena banyak yang menjualnya. Bahkan jasa perbaikan aki jenis ini juga banyak.

3. Pemakaian

Untuk soal penggunaan, aki basah bisa awet saat dipakai kendaraan. Ditambah lagi pemilik melakukan perawatan dengan mengganti air maka penggunaannya akan lebih lama dan juga awet.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan aki basah dengan bagian atas warna merah

Aki basah lebih awet saat perawatan dilakukan dengan baik

Meskipun begitu, ada juga kelemahan yang dimiliki oleh aki basah selain kelebihan yang telah disebutkan di atas. Kekurangannya yakni cairan elektrolitnya mudah mengalami penguapan sehingga jadi lebih cepat kehabisan air aki.

Selain itu, aki basah membutuhkan perawatan karena penguapan air aki perlu dikontrol. Pada saat perawatan dapat dilakukan dengan baik maka aki akan lebih awet dan tetap bekerja dengan maksimal. Namun jika tidak maka komponen kendaraan akan mengalami korosi.

Itulah perbedaan aki basah dan aki kering. Dengan mengetahuinya maka pemilik bisa menentukan mana jenis aki yang akan digunakan. Apakah yang simple dan tidak perlu perawatan seperti aki kering atau aki basah yang bisa tahan lebih lama tapi membutuhkan perawatan.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International