Mengetahui Masalah Pada Kopling Mobil Yang Perlu Diperhatikan

12/05/2019 Abdul Tips & trik mobil

Mobil umumnya mempunyai 3 pedal yang memiliki fungsi masing-masing. Pedal tersebut meliputi gas, rem dan kopling. Untuk pembahasan kali ini berkaitan masalah pedal kopling. Kopling yang terdapat pada kendaraan memiliki peranan untuk menghubungkan putaran mesin menuju ke bagian transmisi. Namun tahukah sobat, bahwa terdapat masalah pada kopling mobil yang perlu diwaspadai.

Sebelum masuk ke pembahasan, kopling juga mempunyai fungsi untuk mengurangi putaran mesin pada saat perpindahan gigi supaya dapat masuk dengan gampang. Kopling sendiri tidak hanya terdapat pada mobil manual, akan tetapi untuk mobil transmisi otomatis juga memilikinya. Jadi untuk masalah pada kopling mobil harus benar-benar diperhatikan, supaya dapat dikendarai dengan aman dan nyaman selama perjalanan.

Untuk mobil manual diatur oleh pengendara sendiri dengan mengandalkan pedal khusus. Kalau transmisi otomatis, kopling dioperasikan secara otomatis. Berikut ini merupakan beberapa masalah yang bisa terjadi pada kopling dan pengemudi diharapkan untuk segera memperbaikinya.

1. Slip Kopling

Gambar ini menunjukkan 3 pedal pada mobil meliputi pedal gas, rem dan kopling

Pedal pada mobil bekerja untuk membuat mobil melaju sesuai keinginan

>>> Baca Juga, Hindari, Ini Beberapa Penyebab Kopling Mobil Mudah Rusak

Apabila terjadi slip kopling maka menandakan bahwa kondisi plat kopling sudah aus. Selain hal tersebut bisa juga dikarenakan oleh minyak atau gemuk, sehingga mengakibatkan koefisien gesek plat mengalami penurunan. Jika terjadi maka membuat kopling mobil jadi kurang sempurna ketika melakukan perpindahan tenaga yang berasal dari mesin. Akibatnya mobil melaju dengan lebih lambat namun konsumsi bahan bakar lebih banyak.

Apabila mengalami masalah tersebut segera bawa ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan. Pada umumnya perlu dilakukan penggantian plat dengan yang baru. Sehingga kopling dapat bekerja kembali dengan maksimal.

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

2. Terdapat Gesekan Atau Getaran Kasar

Gambar ini menunjukkan komponen kopling pada mobil

Mengetahui masalah pada kopling menjadi langkah antisipasi agar tidak terjadi kerusakan yang parah

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Masalah pada kopling mobil selanjutnya adalah munculnya getaran atau gesekan yang kasar biasanya terjadi karena komponen pada kopling tidak berhubungan dengan halus sehingga membuat kendaraan seakan bergetar. Hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan berkendara selama perjalanan. Untuk penyebabnya biasanya karena plat kopling, roda gila (flywheel ) atau matahari sudah dalam kondisi yang tidak rata.

Dalam hal ini memang mobil masih dapat digunakan dan diajak menempuh perjalanan ke suatu tempat yang dituju. Namun kalau soal kenyamanan tentu berkurang, sehingga dapat membuat pengemudi dan penumpang kurang puas saat berada di dalam mobil. Alangkah baiknya segera dilakukan pengecekan dan perbaikan.

>>> Baca juga, Beberapa Tips Mendeteksi Kerusakan Kopling Mobil Dengan Cara Sederhana

3. Muncul Bunyi Gemeretak Saat Memindahkan Gigi Transmisi

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil sedang dilakukan pembongkaran pada beberapa bagian

Segera bawa ke bengkel jika dirasa sudah tidak bekerja dengan maksimal

Munculnya bunyi saat memindahkan gigi transmisi tentu akan mengurangi kenyamanan berkendara. Masalah tersebut bisa dikarenakan oleh pelat kopling yang mengalami keausan atau pelat yang tidak kembali sempurna pada saat pedal ditekan (posisinya tetap menempel pada bagian flywheel). Jadi pada saat melakukan perpindahan gigi akan terasa lebih sulit, saat bisa dipindahkan muncul suara gemeretak yang terdengar kasar.

Sama halnya dengan kedua masalah pada kopling mobil di atas, jika mengalaminya diharapkan untuk membawanya ke bengkel resmi atau bengkel langganan yang sudah terpercaya. Dengan begitu akan dilakukan pengecekan dan jika ada yang perlu diganti maka diganti saja. Hasilnya mobil dapat kembali nyaman dan siap untuk digunakan bepergian menuju ke tempat yang disuka.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai masalah pada kopling mobil yang perlu diperhatikan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Ingin Beli Mobil Operasional kantor, Perhatikan Ini Dulu!
    Ingin Beli Mobil Operasional kantor, Perhatikan Ini Dulu! Abdul Tips & trik mobil

    Mobil mempunyai banyak fungsi, tidak hanya untuk kendaraan pribadi saja. Seperti yang diketahui, bahwa saat di kantor akan ada kendaraan yang digunakan untuk operasional. Saat ingin membeli mobil operasional kantor tidak boleh sembarangan, karena kendaraan memang digunakan untuk kegiatan perusahaan dan jangka panjang.

  • Ini Rekomendasi Mobil Untuk Drifting Dengan Harga Terjangkau
    Ini Rekomendasi Mobil Untuk Drifting Dengan Harga Terjangkau Abdul Tips & trik mobil

    Dunia otomotif memiliki banyak inovasi yang membuatnya terbagi jadi beragam hobi dan keahlian. Seperti misalnya seseorang yang memiliki jiwa petualang akan senang untuk melakukan off road ke tempat yang menantang. Tidak hanya itu saja, ada pula yang menyenangi dunia drifting sehingga membutuhkan mobil yang benar-benar tepat. Lantas apakah ada rekomendasi mobil untuk drifting?

  • Semakin Maju, Ini Perbedaan Beli Mobil Bekas Zaman Sekarang Dengan Dahulu
    Semakin Maju, Ini Perbedaan Beli Mobil Bekas Zaman Sekarang Dengan Dahulu Abdul Tips & trik mobil

    Dari jaman dahulu sampai sekarang mobil bekas tetap menjadi primadona bagi sebagian orang. Hal tersebut bisa disebabkan karena faktor ekonomi ataupun karena mobil yang disukainya sudah tidak dikeluarkan lagi. Tapi adakah perbedaan beli mobil bekas zaman sekarang dengan dahulu?