Mengetahui Keuntungan Fitur Keyless Entry System & Cara Kerjanya

30/09/2020 Abdul Tips & trik mobil

Semakin kesini perkembangan teknologi semakin canggih. Pengendara serasa dimanjakan dengan fitur yang diberikan, salah satunya adalah fitur keyless entry system. Fitur ini merupakan salah satu fitur modern yang banyak ditemukan pada mobil terbaru.

Fitur keyless entry system merupakan sebuah teknologi pada kendaraan yang memungkinkan pengemudi tanpa kunci untuk masuk ke dalam kabin mobil. Awalnya fitur ini dipakai di tahun 1980-an, namun kala itu terdapat panel yang ditempatkan pada bagian pegangan pintu. Saat pengemudi ingin membuka pintu perlu memasukkan kode.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang remote keylees entry system mobil

Semakin kesini fitur pada mobil semakin modern

>>> Baca Juga, Ini Perbedaan Keyless Entry dan Smart Key Dalam Fitur Keamanan Mobil

Fitur ini terdiri dari beberapa komponen yakni Remote Keyless Entry (RKE) dan Remote Keyless Ignition (RKI). Fungsi dari RKE adalah untuk membuka dan mengunci pintu mobil dari jarak yang cukup jauh tanpa memakai kunci. Sementara untuk RKI fungsinya adalah menghidupkan mesin mobil tanpa perlu masuk mobil dengan jarak cukup jauh.

Adapun kedua sistem yang telah disebutkan tersebut terdiri dari beberapa komponen yakni kunci konvensional atau kunci elektrik dan juga pegangan kunci elektronik. Fitur keyless entry sistem melakukan kinerjanya dengan mengandalkan gelombang radio yang terdapat pada frekuensi tertentu. Untuk Eropa frekuensinya adalah 433,92 MHz, sedangkan di Amerika Utara frekuensinya adalah 315 MHz. Di setiap daerah ternyata juga ada perbedaan frekuensi.

Pada fitur keyless entry system diberikan beberapa tombol yang diberikan di kunci elektronik yang dapat digunakan untuk membuka dan mengunci pintu. Selain itu, bisa juga dipakai untuk membuka jendela, bagasi, menyalakan mesin dan mengaktifkan serta menonaktifkan alarm mobil.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan remote keyless entry system milik Suzuki Ertiga

Terdapat beberapa komponen pada fitur keyless entry

>>> Baca juga, Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Kunci Immobilizer Pada Kendaraan

Pada saat fitur modern tersebut digunakan maka akan ada tanda seperti muncul suara tertentu, indikator menyala atau lainnya. Dari segi jarak, tiap pabrikan mobil mengalami perbedaan.

Terdapat beberapa keuntungan yang didapatkan saat menggunakan fitur tersebut yakni dapat membuka pintu dari jarak jauh. Jadi ketika sedang keluar dari toko dan membawa barang maka akan dipermudah saat ingin memasukkannya ke dalam mobil. Tidak hanya itu saja, saat merasa ada ancaman di luar kendaraan bisa segera masuk ke dalam mobil dengan cepat.

Dengan adanya fitur keyless entry system juga dapat membuat kabin dingin saat cuaca panas sebelum masuk mobil dengan membiarkan AC menyala. Begitupun saat cuaca dingin bila ada biarkan pemanas menghangatkan kabin terlebih dahulu bila ada. Untuk harga dari keyless entry  berbeda-beda tergantung merek, fungsi dan jenis paketnya.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan remote keyless entri dengan beberapa tombo;

Banyak keuntungan yang didapat pada mobil yang menggunakan fitur keyless entry

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai keuntungan memiliki fitur keyless entry system dan cara kerjanya serta fungsinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International