Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Kunci Immobilizer Pada Kendaraan

15/05/2019 Abdul Tips & trik mobil

Di jaman sekarang kebanyakan mobil telah dibekali dengan fitur modern dan canggih, salah satunya adalah kunci immobilizer. Kunci ini dirancang untuk meningkatkan keamanan mobil, rancangannya mengandalkan sistem enkripsi elektronik yang membuatnya berbeda dengan kunci biasa.

Berkaitan masalah tersebut, dari pihak Iwan Abdurrahman selaku General Repair Service Manager Toyota Astra Motor memberikan penjelasannya. Jadi walaupun kunci immobilizer telah diberikan teknologi yang canggih, namun tetap mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang kunci immobilizer dekat kemudi mobil

Kunci immobilizer memiliki kelebihan dan kekurangan

>>> Baca Juga, Mengetahui Serba-Serbi Fitur Immobilizer Dan Smart Entry Key

“Keuntungan menggunakan kunci ini adalah aman. Sebab mobil hanya dapat dihidupkan menggunakan anak kunci yang sudah terdaftar di ECU mobil. Jadi mesin mobil tidak akan hidup jika dibobol menggunakan obeng,” ucapnya Iwan.

Jika diperhatikan secara sekilas, memang untuk cara kerjanya hampir mirip dengan kunci mobil yang mengandalkan alarm konvensional. Namun ternyata terdapat perbedaan diantara keduanya, jadi pada kunci canggih ini telah diberikan enkripsi yang menggunakan sinyal atau frekuensi untuk dikirim, diterima dan dilakukan pelacakan. Hanya saja dalam penerjemahan hanya dapat dilakukan oleh alat yang telah ditentukan yang merupakan pasangannya.

“Pastinya susah dibobol, sebab itu tadi, kalau kunci yang dimasukkan tidak dikenali oleh mobil, maka mesin enggak akan mau hidup (hanya starter saja yang menyala),” ungkap Iwan.

Akan tetapi selain kelebihan yang diberikan, tentunya terdapat kelemahan.  Dari pihak Iwan menambahkan, bahwasanya untuk komponen yang terdapat pada immobilizer harganya terbilang mahal dibandingkan dengan kunci biasa yang lebih murah. Jadi saat disematkan pada kendaraan dan dijadikan sebagai fitur standar maka bisa meningkatkan harga jual mobil.

Kelemahan lainnya adalah saat kunci immobilizer hilang, maka untuk melakukan duplikasi tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Hal tersebut dikarenakan kunci canggih tersebut terhubung dengan ECU yang terdapat pada kendaraan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui spesifikasi lebih jelas tentang Mobil

Gambar ini menunjukkan kunci immobilizer dengan banyak model

Menduplikat kunci immobilizer tidak di bengkel resmi bisa menghanguskan garansi

>>> Baca Juga, Sebelum Terlambat, Begini Tips Mencegah Dan Mengatasi Kunci Tertinggal Di Dalam Mobil

“Kerugian menggunakan kunci ini tentu adalah biayanya yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kunci biasa. Akan tetapi hal ini sebanding dengan manfaat yang didapatkan oleh pemilik kendaraan,” ucap Iwan.

Jadi hal penting yang perlu dilakukan oleh pemilik adalah menjaga dengan baik kunci pintar tersebut agar tidak sampai hilang atau jatuh ke tangan orang lain. Karena apabila ternyata jatuh dan ditemukan orang lain yang paham akan kunci tersebut, maka bukan tidak mungkin mobil kesayangan yang dimiliki akan diambil oleh orang lain.

Untuk pembuatan kunci immobilizer baru di Komandan Key, Bursa Otomotif Sunter, Jakarta Utara prosesnya seperti di bawah ini.

Hal pertama yang dilakukan adalah dengan menyamakan microchip terlebih dahulu antara yang asli dengan microchip baru sebagai pengganti. Setelah itu dilanjutkan dengan meletakkannya di atas alat khusus, tujuannya adalah memastikan bahwa gelombang frekuensi sama antara yang asli dengan baru.

Setelah dipastikan sama barulah proses dilanjutkan yaitu pembuatan anak kunci. Pada model keyless entry maka pembuatan anak kunci tidak perlu dilakukan. Dilanjutkan dengan tahapan terakhir yaitu dengan memasukkan data yang terdapat pada microchip ke dalam Engine Control Unit (ECU) mobil melalui lubang On Board Diagnostic.

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang kunci immobilizer dekat pintu mobil

Immobilizer menggunakan teknologi yang canggih

Untuk prosesnya terbilang cukup cepat, selain itu biaya yang perlu dibayarkan untuk pembuatan kunci duplikat juga terbilang sangat kompetitif. Akan tetapi satu hal yang perlu diingat, bahwa duplikat kunci immobilizer yang tidak dilakukan di bengkel resmi bisa membuat garansi menjadi hangus.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Ingin Beli Mobil Operasional kantor, Perhatikan Ini Dulu!
    Ingin Beli Mobil Operasional kantor, Perhatikan Ini Dulu! Abdul Tips & trik mobil

    Mobil mempunyai banyak fungsi, tidak hanya untuk kendaraan pribadi saja. Seperti yang diketahui, bahwa saat di kantor akan ada kendaraan yang digunakan untuk operasional. Saat ingin membeli mobil operasional kantor tidak boleh sembarangan, karena kendaraan memang digunakan untuk kegiatan perusahaan dan jangka panjang.

  • Ini Rekomendasi Mobil Untuk Drifting Dengan Harga Terjangkau
    Ini Rekomendasi Mobil Untuk Drifting Dengan Harga Terjangkau Abdul Tips & trik mobil

    Dunia otomotif memiliki banyak inovasi yang membuatnya terbagi jadi beragam hobi dan keahlian. Seperti misalnya seseorang yang memiliki jiwa petualang akan senang untuk melakukan off road ke tempat yang menantang. Tidak hanya itu saja, ada pula yang menyenangi dunia drifting sehingga membutuhkan mobil yang benar-benar tepat. Lantas apakah ada rekomendasi mobil untuk drifting?

  • Semakin Maju, Ini Perbedaan Beli Mobil Bekas Zaman Sekarang Dengan Dahulu
    Semakin Maju, Ini Perbedaan Beli Mobil Bekas Zaman Sekarang Dengan Dahulu Abdul Tips & trik mobil

    Dari jaman dahulu sampai sekarang mobil bekas tetap menjadi primadona bagi sebagian orang. Hal tersebut bisa disebabkan karena faktor ekonomi ataupun karena mobil yang disukainya sudah tidak dikeluarkan lagi. Tapi adakah perbedaan beli mobil bekas zaman sekarang dengan dahulu?