Mengetahui Karakteristik, Benarkah Bisa Buat Ban Cepat Aus?

16/04/2021 Abdul Tips & trik mobil

Ketika berkendara maka mobil akan dihadapkan dengan beragam jenis permukaan jalan. Dari mulai jalanan aspal, rangkaian konblok dan juga beton. Tentunya setiap jenis jalan mempunyai karakter sendiri-sendiri, begitupun dengan performanya. Pada umumnya Sobat akan menemui jalan beton ketika melintasi jalanan perumahan, pedesaan dan juga jalan tol.

Dibandingkan aspal pembangunan jalan beton dipilih karena relatif ekonomis dan lebih tingginya tingkat durabilitas yang dimiliki. Tidak dipungkiri, jenis jalanan beton tidak mudah mengalami kerusakan ketika dilewati oleh kendaraan berat dan besar. Sehingga keawetannya bisa lebih lama.

Tidak hanya itu saja, kemampuan lain yang dimiliki oleh jalanan dengan material beton adalah kemampuannya dalam menahan rembesan air yang dikeluarkan dari permukaan tanah. Dengan begitu jika dibandingkan jalanan aspal penggunaan material beton tidak mudah mengalami pelapukan. Kemampuan tersebut untuk Indonesia sangatlah menguntungkan karena cuaca di indonesia mempunyai curah hujan yang terbilang tinggi. Bahkan tingkat kelembaban yang dimiliki juga tinggi yang membuatnya memiliki resiko menjadikan cepat rusaknya jalanan yang menggunakan aspal. Genangan air juga dapat muncul ketika tidak optimal sistem drainase pada jalan.

Gambar ini menunjukkan pembuatan jalanan beton

Saat ini mudah ditemukan jalanan yang menggunakan beton

>>> Baca Juga, Oh Ini Alasan Berkendara Di Medan Offroad Harus Pelan-Pelan

Jalanan Aspal

Selain soal jalan beton, sedikit info kami berikan mengenai jalanan aspal. Aspal menjadi salah satu bahan yang kerap digunakan untuk permukaan jalanan. Jadi sebelum adanya pembuatan jalanan dari beton, banyak jalanan yang menggunakan aspal. Bahan ini memang mempunyai sifat khusus yang bisa membuat jalanan jadi keras dan juga kuat ketika dilalui kendaraan.

Umumnya aspal dipakai dalam proses pengerasan jalan dengan jenis cair dan juga keras. Bahkan aspal modifikasi juga ada, dimana untuk sifatnya dapat mencair ketika dipanaskan dalam suhu tinggi dan pada saat suhu rendah akan menjadi padat. Dengan sifatnya tersebut tak heran jika aspal menjadi andalan untuk menjadi material bahan untuk perkerasan jalan. Bahkan bahan-bahan lain juga mampu diikatnya dengan tercampur dengannya.

Jalanan aspal banyak diminati pengguna jalan karena bisa membuat mobil melaju dengan halus dan nyaman. Bahkan tingkat kebisingannya tergolong rendah yang membuat perjalanan menjadi lebih nyaman.

>>> Lihat Juga, Beberapa Langkah Membersihkan Noda Aspal Pada Bodi Mobil Dengan Mudah

Gambar ini menunjukkan jalanan beton  dengan mobil besar melewatinya

Jalanan beton kuat untuk dilewati mobil besar

Karakteristik Yang Dimiliki Jalan Beton

Meskipun terlihat beberapa keuntungan yang dimiliki jalan dengan material beton, namun anggapan orang bahwa jalanan tersebut kurang nyaman saat dilalui. Hal tersebut disebabkan traksi ban mobil masih kalah dengan jalanan yang menggunakan aspal. Tidak hanya itu saja, tingkat kebisingannya juga lebih tinggi pada saat kendaraan melaluinya.

>>> Baca Juga, Agar Lebih Hemat, Begini Tips Mengatur Uang Saat Berkendara Jarak Jauh Pakai Mobil

Itulah yang membuat pengendara beranggapan bahwa jalanan yang terbuat dari beton bisa menjadikan ban lebih cepat mengalami keausan. Dalam kondisi tersebut dikarenakan karakteristiknya yang keras sehingga menjadikan karet ban kalah. Bahkan jalanan yang memakai material beton dan baru dibangun bisa membuat 20% lebih cepat ban mobil mengalami keausan jika dilakukan perbandingan dengan jalanan yang terbuat dari aspal.

Gambar ini menunjukkan jalanan beton di pedesaan

Jalan beton bisa buat ban cepat aus

Masalahnya adalah karena jalan beton yang baru saja dilakukan pembangunan permukaan yang dimiliki masih kasar. Hal tersebut karena belum digilas oleh kendaraan, selain kasar juga berpori yang dapat menjadikan lebih cepatnya usia ban mobil ketika melintasinya. Meskipun ketika kendaraan melewatinya jalanan beton akan menjadi lebih halus, akan tetapi proses tersebut juga membuat telapak ban mobil cepat mengalami keausan.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Karena Pemilik Kurang Teliti
    Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Karena Pemilik Kurang Teliti Abdul Tips & trik mobil

    Mobil terbakar menjadi salah satu hal yang tidak diinginkan oleh pengendara. Dimana saat mengalaminya tentu bisa berbahaya karena nyawa taruhannya, tidak hanya bagi pengendara sendiri tapi penumpang dan orang0orang disekitar juga beresiko terkena dampaknya. Dalam hal ini mengetahui penyebab mobil terbakar itu diperlukan supaya dapat menghindarinya.

  • Ini Dia Beberapa Kondisi Tak Disukai Pengemudi Wanita Ketika DI Jalan
    Ini Dia Beberapa Kondisi Tak Disukai Pengemudi Wanita Ketika DI Jalan Abdul Tips & trik mobil

    Seperti yang telah diketahui bersama, bahwasanya saat ini tidak hanya pria saja yang mengendarai mobil. Para wanita juga banyak yang mengemudikan kendaraan dijalan. Meskipun terdapat anggapan terkait wanita yang kadang membuat kekacauan saat di jalan, akan tetapi tidak sedikit wanita yang mempunyai kemampuan mengendalikan mobil lebih mahir dari pria. Walaupun begitu, terdapat kondisi tak disukai wanita saat di jalan.

  • Beberapa Barang Tidak Boleh Ditinggal Di Mobil Dalam Waktu Lama
    Beberapa Barang Tidak Boleh Ditinggal Di Mobil Dalam Waktu Lama Abdul Tips & trik mobil

    Mempunyai sebuah mobil tentunya akan ada waktunya diparkirkan. Tidak mungkin seseorang akan mengemudi terus menerus tanpa istirahat. Nah terdapat beberapa barang tidak boleh ditinggal di mobil dalam waktu yang lama. Hal tersebut berhubungan dengan keamanan dan juga kesehatan.

International