Mengetahui Fungsi Dan Manfaat Faktur Kendaraan Bermotor

12/01/2021 Abdul Tips & trik mobil

Pastinya bagi pemilik mobil yang membelinya dengan kondisi baru tahun akan adanya faktur. Namun untuk mobil bekas tidak semuanya dilengkapi dengan faktur, entah itu hilang atau dimana keberadaannya. Yang jadi pertanyaan adalah apa manfaat faktur kendaraan bermotor?

Sebelum membahas tentang manfaat faktur kendaraan bermotor, sedikit penjelasan dahulu. Yang mana faktur merupakan sebuah dokumen yang isinya adalah data yang berhubungan dengan kendaraan. Adapun contoh info yang diberikan di dalam faktur adalah nomor rangka, nomor mesin , nama pembeli dan banderolan pabrikan. Biasanya faktur akan didapatkan ketika produk dijual oleh diler. Pada saat proses pembelian telah selesai dilakukan maka faktur rangkap 4 akan dibuat.

Gambar ini menunjukkan faktur pembelian mobil Honda

Faktur kendaraan bermotor diberikan saat membeli mobil baru

>>> Baca Juga, Mengetahui Ciri-Ciri STNK Asli Dan Palsu Dengan Melihatnya

4 rangkap faktur tidak diberikan kepada pembeli semuanya. 1 rangkap untuk pihak dealer, 1 rangkap untuk pembeli dan 2 rangkap ditujukan untuk Samsat Kepolisian yang berguna menjadi pengantar dalam proses pengurusan pembuatan BPKB dan STNK. Jadi apabila faktur yang dimiliki hilang konsumen tidak dapat meminta yang disimpan oleh pihak dealer.

Fungsi Faktur Kendaraan Bermotor

Adapun fungsi dari faktur tersebut adalah sebagai administrasi dalam pembuatan BPKB dan juga STNK. Selain itu terdapat manfaat tersendiri pada faktur yang dibuat oleh pihak dealer tersebut. Berikut manfaat faktur yang dilansir dari laman Auto2000.

Manfaat Faktur Kendaraan Bermotor

1. Sebagai Bukti Pembelian Kendaraan Yang Sah

Sebelum adanya BPKB dan STNK faktur menjadi bukti yang sah terkait pembelian yang sudah dilakukan oleh pihak konsumen. Bahkan dasar dalam pembuatan BPKB dan STNK adalah faktur. Namun ketika berada di jalan faktur tetap tidak dapat dipakai jadi bukti legalitas, ditambah lagi perjalanan yang dilakukan dengan jarak yang jauh. Konsumen diharapkan untuk menunggu penerbitan STNK terlebih dahulu baru kendaraan bisa dibawa untuk bepergian jauh. Bahkan setelah BPKB dan STNK sudah terbit maka faktur yang diberikan seperti sudah tidak dibutuhkan. Meskipun begitu konsumen diharapkan untuk tetap menyimpannya.

2. Bukti Legalitas Tambahan

Ketika berniat menjual kendaraan yang dimiliki kadang terdapat calon pembeli yang menanyakan soal faktur. Adapun tujuan dari hal tersebut adalah memastikan kendaraan yang dijual aman tidak ada masalah. Bahkan ada juga yang ragu saat beli mobil bekas karena tidak terdapat fakturnya. Oleh sebab itu simpanlah  di tempat yang aman bersama dengan BPKB.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan BPKB dan STNK

Faktur kendaraan bermotor digunakan untuk pengurusan pembuatan BPKB dan STNK

>>> Baca Juga, Apa Yang Harus Dilakukan Saat STNK Hilang

3. Apakah Balik Nama Perlu Faktur

PAda saat membeli sebuah kendaraan dalam kondisi bekas konsumen ada yang ingin segera melakukan balik nama. Yang jadi pertanyaan adalah apakah membutuhkan faktur kendaraan bermotor? Berdasarkan info dari Auto2000 ini tidak membutuhkan faktur. Hal tersebut karena sudah diwakili BPKB. Dalam BPKB telah terdapat info yang berhubungan dengan faktur yang menjadi bukti bahwa kendaraan memang benar-benar dimiliki.

4. Pengajuan Kredit Pada Mobil Bekas

Zaman sudah berkembang semuanya terasa dipermudah. Bahkan mobil bekas saat ini juga dapat dibeli dengan menggunakan sistem kredit. Apabila metode tersebut dilakukan umumnya dari pihak perusahaan pembiayaan akan bertanya soal faktur kendaraan bermotor. Jika memilikinya maka proses dapat dilakukan dengan lebih mudah.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan stiker mobil menunjukkan mobil dijual dengan sistem cash atau kredit

Saat ini mobil bekas juga dapat dibeli dengan sistem kredit

Memang tampak sepele, namun fungsi dan manfaat faktur kendaraan bermotor cukup penting. Apalagi bagi konsumen yang  baru saja membeli kendaraan yang dimiliki dan belum ada surat yang resmi dari pihak kepolisian, tentu perlu dijaga dengan hati-hati.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International