Mengetahui Fungsi Dan Jenis Lampu Kepala Pada Mobil Sesuai Konstruksinya

12/01/2021 Abdul Tips & trik mobil

Semua mobil diberikan sistem penerangan tidak sebagai pajangan saja. Namun faktor lainnya adalah berhubungan dengan keamanan dan kenyamanan selama berkendara. Dengan adanya sistem penerangan maka bisa berkomunikasi dengan pengendara lain sebagai isyarat dan memungkinkan kendaraan melaju di malam hari dengan aman. Untuk pembahasan kali ini adalah terkait jenis lampukepala pada mobil.

Lampu kepala posisinya di bagian depan kendaraan dan menjadi lampu utama dalam mobil terkait penerangan. Untuk fungsi lampu kepalapada mobil adalah menerangi bagian depan kendaraan. Jadi saat mobil melaju di malam hari atau pada saat penerangan mini seperti melewati terowongan panjang bisa mengandalkan lampu kepala. Dengan begitu visibilitas pengendara akan tetap terjaga dan terhindar dari kecelakaan. Selain itu ada beberapa jenis lampu kepala pada mobil berdasarkan konstruksinya.

Gambar ini menunjukkan headlamp pada mobil

Sistem pencahayaan menjadi bagian penting pada kendaraan

>>> Baca Juga, Mengemudi Malam Hari, Perhatikan Tips Hadapi Sinar Lampu Dari Kendaraan Lain

Pada bagian ini terdapat lampu jauh dan dekat yang pengoperasiannya melalui dimmer switch. Posisinya berada dekat dengan kemudi mobil tepatnya sebelah kanan. Jika melihat dari namanya maka lampu dekat sorotannya lebih dekat dibandingkan dengan lampu jauh. Hanya saja daya lebih besar dibutuhkan untuk penggunaan lampu jauh. Namun hasilnya cahaya yang dihasilkan lebih jauh dan terang. Berikut informasinya dilansir dari laman Auto2000.

Jenis Lampu Kepala Pada Mobil Berdasarkan Konstruksi

Pada setiap kendaraan memiliki lampu kepala yang berbeda. Apabila dibagi menurut konstruksinya terbagi 2 macam yakni Sealed Beam dan Semi-Sealed Beam.

1. Sealed Beam

Untuk jenis ini mempunyai ciri khas pada konstruksi pada bagian bola lampu dengan badanlampu kepala yang dibuat menyatu. Jadi ketika mengalami kerusakan pada suatu hari maka penggantian perlu dilakukan secara menyeluruh. Lampu kepala jenis ini dalam pembuatannya mengandalkan filamen reflektor dan juga kaca bias. Dengan pembuatannya yang dibuat menyatu maka untuk pembongkaran tidak dapat dilakukan. Jika terdapat filamen yang mengalami kerusakan satu saja, maka penggantian lampu kepala perlu dilakukan secara menyeluruh.

2. Semi-Sealed Beam

Sementara jenis lampu kepala ini mempunyai ciri khas rancangan kontruksinya dibuat supaya bola lampunya dapat dilepas. Tentunya hal tersebut tampak berbeda dengan lampu kepala tipe sealed beam. Jadi apabila bohlam lampu rusak atau mati maka tidak perlu mengganti secara menyeluruh, tapi hanya bola lampu saja dengan melalui soket. Penggunaan lampunya juga ada perbedaan karena mengandalkan filamen reflektor. Jadi penggunaan lampu kepala jenis ini memakai 2 jenis yaitu halogen atau biasa.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan lampu kepala yang dilepas pada mobil

Terdapat 2 jenis lampu kepala berdasarkan konstruksinya

>>> Baca Juga, Mengenal Waktu Yang Tepat Menyalakan Lampu Jauh Mobil Saat Malam Hari

Beberapa Komponen Kelistrikan Lampu Kepala

Selain soal jenis lampu kepala pada mobil, terdapat beberapa komponen padalampu kepala yang tentunya membuatnya bekerja dengan maksimal. Berikut komponennya:

1. Komponen Baterai

Komponen ini menjadi sumber daya listrik  yang umumnya mempunyai daya 12 V. Apabila lampu telah dihidupkan dengan seluruh daya baterai maka alternator akan mengambil alih sebagai sumber tenaga.

2. Komponen Saklar Utama

Fungsi dari komponen ini adalah sebagai penyalur tenaga yang berasal dari baterai ataupun alternator menuju ke bagian kelistrikan dari lampu.

3. Komponen Saklar Pembagi

Dengan saklar pembagi maka lampu jauh dan dekat dapat diatur sehingga bisa dinyalakan sesuai keinginan pengemudi. Biasanya dalam menggunakan jenis saklar ini dilakukan dengan cara diputar.

4. Komponen Relay

Komponen ini kinerjanya mengandalkan gaya magnet. Adapun fungsinya adalah sebagai penghasil arus listrik yang menjadikan kinerja dari baterai tidak terlalu keras.

5. Komponen Fuse

Dalam pengaturan arus listrik dilakukan oleh fuse. Fungsinya adalah sebagai pengatur arus listrik pada lampu kepala mobil supaya tidak mengalami korsleting karena hubungan arus pendek.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan ilustrasi sistem kelistrikan lampu kepala

Ilustrasi sistem kelistrikan lampu kepala

Itulah beberapa penjelasan mengenai jenis lampu kepala pada mobil dengan berdasarkan konstruksinya. Semoga bisa menambah wawasan untuk Sobat semuanya terutama yang memiliki mobil.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International