Mengetahui Fungsi Dan Cara Memakai Seat Belt Pada Mobil

05/11/2019 Abdul Tips & trik mobil

Pada saat naik mobil tentunya Sobat akan menemui yang namanya seat belt. Umumnya masyarakat mengetahuinya dengan nama sabuk pengaman. Diberikannya seat belt pada mobil memiliki banyak fungsi, yang paling utama adalah untuk melindungi pengemudi dan juga penumpang saat terjadi tabrakan.

Dengan adanya seat belt pada mobil akan menjaga pemakainya agar tidak terlempar ke depan akibat hentakan yang terjadi saat terjadi benturan. Karena saat seseorang terpental dari dalam mobil ke depan, bahkan bisa sampai keluar mobil maka umumnya dapat mengakibatkan cedera yang cukup parah.

Gambar ini menunjukkan seat bellt yang terdapat pada kursi

Seat belt merupakan fitur standar pada kendaraan

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Selain untuk keselamatan, pemasangan seat belt juga untuk mematuhi tata tertip lalu lintas dan telah menjadi aturan. Jika tidak mematuhinya dan terlihat oleh Polisi maka bisa diberi sanksi tilang. Dalam pemakaian seat belt perlu diketahui, jadi tidak boleh sembarangan agar keamanan dan keselamatan tetap terjaga.

Berikut ini beberapa tips memasang seat belt pada mobil yang dilansir dari laman Auto2000.

Sebelum mengatur seat belt terlebih dahulu mengatur posisi duduknya. Posisikan punggung sejajar dengan sandaran pada jok mobil. Dalam hal ini sebaiknya menghindari menurunkan posisi kursi melebihi kebutuhan dari pengendara atau penumpang.

Apabila sandaran diatur berlebihan terlalu turun maka saat terjadi kecelakaan maka ikat pinggang dapat melewati bagian pinggang dan perut jadi tertahan. Jika sudah begitu maka resiko cedera yang lebih serius menjadi semakin besar.

Posisi seat belt yang berada di bahu pengemudi atau penumpang sangatlah penting. Untuk jarak diantara dada dengan bagian atas atau kepala minimal adalah 25 cm. Oleh sebab itu jangan meletakkan sabuk pengaman berdekatan dengan leher ataupun di bawah ketiak pengemudi atau penumpang.

Selanjutnya dalam memposisikan sabuk pengaman tidak boleh ditempatkan di bagian perut. Jadi pihak desainer yang membuat seat belt merancang sabuk pengaman ini untuk memberikan kekuatan pada bagian pinggang. Dengan begitu saat terjadi kecelakaan tubuh pengemudi ataupun penumpang tidak akan terlempar keluar kendaraan.

>>> Baca Juga, Pentingnya Memakai Safety Belt Saat Berkendara, Bukan Pajangan Lho!

Gambar ini menunjukkan seorang wanita sedang memasang seat belt pada mobil

Pakailah sabuk pengaman dengan baik dan benar

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Penggunaan seat belt pada mobil yang baik dan benar dapat meningkatkan keselamatan berkendara. Setiap orang yang berkendara dengan mobil baik itu penumpang atau pengemudi menginginkan keselamatan selama perjalanan dan dapat sampai tujuan dengan selamat.

Untuk bahan yang digunakan untuk membuat sabuk keselamatan sendiri adalah bahan yang kuat dan tidak akan mudah mengalami kerusakan, diguntingpun juga sulit. Dengan desain yang diberikan maka tubuh akan tertahan dan tidak terpental saat terjadi benturan.

Begitupun saat mengajak anak-anak bepergian dengan mobil. pastikan bahwa telah memakaikan sabuk pengaman yang memang dibuat khusus yang terdapat di baby seat. Bagian ini dikaitkan dengan ISOFIX, pada mobil modern telah banyak mempunyai fitur keamanan untuk anak tersebut.

Kalau anak-anak umurnya telah lebih dari 12 tahun biasanya sudah bisa memakai sabuk pengaman. Jadi bisa memposisikannya di samping pengemudi. Kalau di bawah 12 tahun sebaiknya diberi keamanan seperti yang telah disebutkan di atas.

>>> Mungkin tertarik, Ini Jenis - jenis Baby Car Seat Ideal Bagi Bayi Kesayangan Anda

Gambar ini menunjukkan seorang anak duduk di kursi khusus di dalam mobil

Anak-anak juga perlu fitur keselamatan pada kendaraan

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan menganai tips memasang seat belt pada mobil dan fungsinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Hati-Hati Saat Ban Mobil Botak Sebelah, Berikut Penyebabnya
    Hati-Hati Saat Ban Mobil Botak Sebelah, Berikut Penyebabnya Abdul Tips & trik mobil

    Ban menjadi salah satu bagian pada kendaraan yang berhadapan langsung dengan aspal jalanan. Kondisi ban yang bagus sangat dibutuhkan supaya perjalanan dengan mobil ke tempat yang dituju lebih aman dan nyaman. Namun kadang masalah bisa saja terjadi seperti ban mobil botak sebelah.

  • Bolehkah Penggunaan Oli Sintetis Pada Mobil Lama? Ini Penjelasannya
    Bolehkah Penggunaan Oli Sintetis Pada Mobil Lama? Ini Penjelasannya Abdul Tips & trik mobil

    Oli menjadi salah satu cairan yang sangat dibutuhkan oleh mesin mobil. Fungsinya sangat banyak seperti melumasi komponen pada mesin dan juga mendinginkannya. Bahkan penggantian oli ditekankan untuk melakukannya secara berkala. Bukan tanpa alasan tapi menjaga mesin tetap dalam kondisi prima. Untuk informasi kali ini adalah mengenai oli sintetis pada mobil lama.

  • Beberapa Usaha Menggunakan Mobil Pick Up Bisa Jadi Referensi
    Beberapa Usaha Menggunakan Mobil Pick Up Bisa Jadi Referensi Abdul Tips & trik mobil

    Mobil pick up menjadi salah satu kendaraan yang identik untuk mengangkut barang. Hal tersebut tidaklah salah karena memang mobil dalam segmen tersebut adalah kendaraan komersial atau mobil niaga. Namun apabila dibandingkan dengan truk terdapat perbedaan, dari segi dimensi lebih ringkas begitu juga bentuknya yang kecil. Tapi tahukah Sobat, terdapat beberapa usaha menggunakan mobil pick up yang cukup menjanjikan.