Mengetahui Cara Untuk Pengisian Oli Kompresor AC Mobil

20/04/2021 Abdul Tips & trik mobil

Kenyamanan selama perjalanan dengan mobil menjadi salah satu hal yang diinginkan oleh para pengendara dan penumpang. Salah satunya adalah dengan keberadaan AC yang menjadi salah satu fitur yang harus ada untuk mobil keluaran terbaru. Dalam AC ada kompresor yang mendukung kinerjanya, oli kompresor AC dibutuhkan untuk membuat kinerjanya tetap maksimal.

Oli kompresor AC mobil perlu dilakukan pengecekan supaya dapat diketahui kualitas  dan kuantitas yang dimiliki. Jika kondisinya sudah tidak maksimal maka perlu dilakukan pengosongan dan pengisian dengan yang baru. Salah satu penyebab AC bau pada mobil adalah kelebihan oli, namun saat kurang perlu dilakukan pengisian dengan volume sesuai rekomendasi.

Gambar ini menunjukkan kompresor AC pada mobil

Kompresor AC mobil mendukung kinerja AC

>>> Baca Juga, Perhatikan, Berikut Ciri-Ciri Kompresor AC Mobil Mengalami Masalah

Mengganti Oli Kompresor AC Mobil

Kompresor AC mobil juga perlu oli untuk membuatnya tetap maksimal. Penggantian dan pengisian merupakan 2 hal yang berbeda, karena jika mengganti maka perlu oli baru yang menggantikan oli yang lama. Sementara mengisi bisa melakukan penambahan dengan takaran yang telah ditentukan.

Dalam proses penggantian memang lebih rumit karena butuh beberapa alat yang digunakan dalam proses penggantian. Tidak hanya itu saja, umumnya hal ini dilakukan oleh petugas bengkel, mekanik mobil atau orang yang sudah ali. Bagi orang yang masih awam memang tidak disarankan untuk melakukan penggantian sendiri. Akan tetapi lebih disarankan membawanya ke bengkel untuk dilakukan penanganan, dengan begitu resiko salah dan membuat komponen rusak bisa dihindari.

Berikut ini merupakan proses penggantian oli kompresor AC yang biasa dilakukan di bengkel bisa menjadi tambahan informasi.

Hal pertama yang dilakukan adalah melakukan pengosongan pada bagian freon AC yang dilakukan dengan mengangkatnya, setelah itu dipindahkan ke tempat yang benar-benar aman. Dilanjutkan dengan membuka kompresor AC mobil dan mengosongkannya. Untuk caranya adalah dengan memutar atau membalikkan pada bagian oli supaya isinya bisa tumpah. Setelah itu barulah dilakukan pengisian kembali dengan oli baru melalui lubang saluran tekanan terendah yang berada di kompresor AC mobil.

>>>  Baca Juga, Jangan Mengarahkan AC Ke Wajah, Ini Bahayanya!

Gambar ini menunjukkan kompresor AC di dalam mesin mobil

Kompresor AC bekerja maksimal membuat kenyamanan di dalam mobil lebih maksimal

>>> Lihat Juga, Mengenal Istilah AC Mobil Yang Terdapat Pada Kendaraan

Mengisi Oli Kompresor AC Mobil

Sementara untuk proses pengisian dapat dilakukan apabila oli kompresor masih bagus kualitasnya namun volumenya berkurang. Ada 3 cara yang dapat dilakukan dalam proses pengisian yakni dengan menggunakan alat recovery, melalui lubang inlet dan manifold gauge.

Untuk yang melalui alat recovery maka perlu  menggunakan alat AC R3. Tempatkan oli pada tabung kompresor maka secara otomatis oli akan terisap dan masuk ke dalam kompresor. Dengan teknik tersebut dalam proses pengisian bisa menunggu sambil mengerjakan hal lain. Dalam hal ini penyiapan takaran yang pas sangat penting supaya tidak luber karena berlebihan.

Adapun cara selanjutnya adalah dengan melalui lubang inlet. Cara ini dilakukan dengan oli dimasukkan dengan melalui saluran tekanan rendah. Untuk takarannya disesuaikan dengan ukuran kompresor AC. Jika ukurannya kecil maka bisa dilakukan pengisian oli 150 cc. Namun jika ternyata memiliki ukuran cukup besar maka bisa dilakukan penambahan takarannya.

>>> Baca Juga, Benarkah AC Mobil Mati Dapat Buat Irit Bahan Bakar?

Gambar ini menunjukkan pengisian oli kompresor AC mobil

Pengisian dan penggantian perlu dilakukan untuk memastikan kinerja kompresor maksimal

Sedangkan pengisian oli kompresor AC mobil yang terakhir adalah dengan mengandalkan manifold gauge. Dimana hal pertama yang perlu dilakukan adalah proses vacuum harus dipastikan telah selesai. Setelah itu barulah kran manifold gauge dilakukan penutupan dan selangnya dibuka yang akan digunakan sebagai tempat masuk oli. Lakukan pengisian secukupnya saja dan jika sudah selesai tinggal tutup dengan rapat kembali.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Karena Pemilik Kurang Teliti
    Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Karena Pemilik Kurang Teliti Abdul Tips & trik mobil

    Mobil terbakar menjadi salah satu hal yang tidak diinginkan oleh pengendara. Dimana saat mengalaminya tentu bisa berbahaya karena nyawa taruhannya, tidak hanya bagi pengendara sendiri tapi penumpang dan orang0orang disekitar juga beresiko terkena dampaknya. Dalam hal ini mengetahui penyebab mobil terbakar itu diperlukan supaya dapat menghindarinya.

  • Ini Dia Beberapa Kondisi Tak Disukai Pengemudi Wanita Ketika DI Jalan
    Ini Dia Beberapa Kondisi Tak Disukai Pengemudi Wanita Ketika DI Jalan Abdul Tips & trik mobil

    Seperti yang telah diketahui bersama, bahwasanya saat ini tidak hanya pria saja yang mengendarai mobil. Para wanita juga banyak yang mengemudikan kendaraan dijalan. Meskipun terdapat anggapan terkait wanita yang kadang membuat kekacauan saat di jalan, akan tetapi tidak sedikit wanita yang mempunyai kemampuan mengendalikan mobil lebih mahir dari pria. Walaupun begitu, terdapat kondisi tak disukai wanita saat di jalan.

  • Beberapa Barang Tidak Boleh Ditinggal Di Mobil Dalam Waktu Lama
    Beberapa Barang Tidak Boleh Ditinggal Di Mobil Dalam Waktu Lama Abdul Tips & trik mobil

    Mempunyai sebuah mobil tentunya akan ada waktunya diparkirkan. Tidak mungkin seseorang akan mengemudi terus menerus tanpa istirahat. Nah terdapat beberapa barang tidak boleh ditinggal di mobil dalam waktu yang lama. Hal tersebut berhubungan dengan keamanan dan juga kesehatan.

International